TIPS MERAWAT KAMAR/RUANG TIDUR

Tidur adalah suatu kegiatan istirahat tubuh setelah beraktivitas, apabila tidur kita baik, dalam artian tidur nyenyak dengan waktu yang cukup dan nyaman saat tidur maka dapat dipastikan ketika terbangun badan dan fikiran kita menjadi segar, maka dengan demikian akan mempengaruhi kualitas hidup
kita, kerja jadi semangat, di kantor tidak mengantuk dan daya ingat kita semakin kuat.

Segala manfaat dari tidur dapat kita peroleh apabila lamanya tidur terpenuhi dan tidak terganggu oleh hal-hal yang membuat kita terjaga dari tidur.Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas tidur kita adalah kondisi kamar tidur, seperti kehadiran nyamuk, terc1umnya bau yang tidak sedap dari peralatan tidur (kasur, bantal, guling, dan seprei), nyala lampu yang terlalu terang.

Agar tidur kita tidak terganggu oleh hal-hal seperti di atas maka sebaiknya dilakukan perawatan yang berkala pada kamar tidur kita seperti yang saya jelaskan di bawah ini:
  1. Ganti dan cucilah sprei beserta sarung bantal dan guling minimal seminggu sekali, cara mencucinya sama seperti mencuci pakaian pada umumnya.
  2. Jemurlah bantal, guiling, dan kasurminimal sebulan dua kali, apabila hari cerah(ada sinar matahari) penjemuran sebaiknya dilakukan sesering mungkin, hal ini bertujuan agar menjaga volume peralatan tersebut tetap mengembang dan kering karena kalau lembab akan menyebabkan tumbuhnya jamur selain itu agar terbebas dari bakteri dan tungau yang dapat menyebabkan penyakit pada tubuh kita.
  3. Janganlah menggantung/meletakkan  pakaian bekas di dalam kamar tidur karena keringat yang menempel pada pakaian akan mengundang nyamuk masuk ke dalam kamar selain itu bau yang menempel pada pakaian bekas pakai akan tercium saat kita di dalam kamar. Lebih baik menyimpan pakaian kotor pada wadah yang tertutup rapat.
  4. Untuk anda yang beragama Islam dan sering melakukan ibadah shalat di kamar tidur maka rawatlahrawatlah perlengkapan ibadah shalat anda agar tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap akibat lembab karena sering terkena tetesan air wudu dan keringat. Jadi sering-seringlah menjemur atau mencuci perlengkapan shalat agar kondisinya selalu dalam keadaan kering/tidak lembab, karena kain yang lembab memungkinkan untuk tumbuhnya jamur yang dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap.
  5. Mengantisipasi bau di kamar tidur dengan menggunakan pewangi ruangan tidak akan membantu mengusir bau secara terus menerus karena suatu saat pewangi tersebut  akan habis, bila pewangi sudah habis maka 
  6. baupun akan datang kembali, sebaiknya hilangkanlah bau dari sumbernya dulu, setelah itu baru dapat dipasang pewangi ruangan tersebut, misalnya yang menjadi sumber bau adalah sprei, maka maka cucilah sprei tersebut.
  7. Perlengkapan tidur lain yang tak kalah pentingnya dalam menciptakan bau yang tidak sedap adalah selimut, selimut sangat dekat sekali dengan tubuh kita pada saat digunakan untuk tidur sehingga sangant mudah ditempeli keringat yang dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap, oleh karena itu cucilah selimut menimal sebulan dua kali atau cucilah selimut bila sudah terc1um bau yang tidak sedap, cara mencuci selimut hampir sama dengan cara mencuci pakaian seperti umumnya, hanya saja saat dilakukan proses pembilasan perlu dilakukan berulang-ulang karena banyaknya buih yang terserap ke serat selimut. 
  8. Agar tidur kita nyenyak tidak terganggu oleh nyala lampu yang terlalu terang maka gunakanlah lampu yang redup saat tidur sehingga dapat membuat proses tidur dari terjaga sampai tidur pulas menjadi lebih cepat.
  9. Hal terakhir yang patut mendapat perhatian adalah sering-seringlah membuka jendela dan pintu kamar  tidur beserta membuka tirainya  terutama di pagi hari agar udara segar dapat masuk menggantikan udara kamar, dengan demikian udara di kamar akan selalu segar setiap hari.

Demikianlah posting Saya kali ini mengenai tips merawat kamar /ruang tidur semoga bermanfaat bagi kita semua.  

1 Response to "TIPS MERAWAT KAMAR/RUANG TIDUR"

  1. dengan kamar tidur yang bersih dan rapi tidur jadi lebih nyenyak
    terimakasih informasinya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.