TIPS MERAWAT PENDINGIN RUANGAN (AIR CONDITIONER/AC)

Ac luar ruangan
Penggunaan alat pendingin ruangan atau yang disebut dengan Air Conditioner (AC) sudah menjadi salah satu kebutuhan di sebagian masyarakat yang menginginkan ruangannya tetap dalam keadaan sejuk, terutama di kota-kota besar yang bersuhu tinggi.

Agar pendingin ruangan dapat bekerja dengan baik diperlukan suatu perawatan sederhana yang dapat dilakukan oleh pemliknya, perawatan tersebut berguna untuk memjaga agar AC panjang umur dan maksimal dalam mendinginkan ruangan.


Beberapa perawatan yang dapat dilakukan pada AC di rumah diantaranya yaitu:

1. Saat sedang menyalakan AC tutuplah semua pintu dan jendela agar proses pendinginan ruangan dapat berjalan dengan maksimal, selain itu bermanfaat juga untuk mengirit pemakaian listrik.

2. Janganlah menyalakan api atau asap di dalam ruangan yang AC-nya sedang dinyalakan karena selain membuat kerja AC semakin berat juga asap tersebut dapat diserap oleh AC kemudian disebarkan ke seluruh ruangan yang dapat meracuni seluruh penghuini rumah.

3. Bersihkanlah badan AC yang terletak di dalam ruangan dengan menggunakan kain lembut yang lembab minimal seminggu dua kali atau tergantung kondisi, apabila sudah terlihat kotor maka harus cepat-cepat dibersihkan, jangan dibersihkan dengan cairan yang berbau tajam seperti 4lk0h0l, spiritus, atau thiner, karena dapat merusak lapisan terluar badan AC.

4. Bersihkanlah secara berkala minimal satu bulan sekali saringan yang ada di dalam badan AC bagian depan dengan cara:

  • Untuk menghindari tersengant listrik sebaiknya matikan dulu  lisrtik di rumah.
  • Bukalah penutup yang berada di bagian depan dengan cara mencongkelnya menggunakan kedua ujung jari yang diletakkan di kedua sisi AC.
  • Setelah penutupnya terlepas maka akan terlihat saringan yang ada di dalamnya, umumnya terdapat dua buah saringan yang terletak di kiri dan kanan.
  • tariklah saringan tersebut ke arah bawah dengan hati-hati agar debu yang menempel pada saringan tidak bertebaran ke mana-mana.
  • Setelah saringan terlepas maka tahapan selanjutnya adalah membersihkan debu yang menempel pada saringan, caranya adalah dengan menyedotnya menggunakan Vacuum cleaner, namun bila tidak ada vacuum cleaner anda dapt membersihkan debu tersebut menggunakan kuas.
  • Apabila saringan sudah bersih maka dapat dipasang kembali ke tempat semula,
  • Sebelum penutupnya dipasang kembali bersihkanlah debu-debu yang menempel di sekitar tempat saringan.
5. Gantilah saringan yang yang terbuat dari baja nano titanium setiap setahun sekali, proses pengerjaan ini harus dilakukan oleh yang ahli karena bila kurang hati-hati maka nano titanium ini akan rusak.

6. Bagian  AC yang berada di luar ruangan memang dibuat untuk tahan berada di ruang terbuka, namun tetap saja sebagian komponennya yang terbuat dari besi akan karat dan patah dimakan waktu, oleh sebab itu maka sebaiknya bagian ini terlindungi oleh panas dan hujan, selain itu bagian ini harus bersih dari dedaunan yang menutupinya yang dapat menghambat kerja AC dalam mendinginkan ruangan.

7. Lihatlah sesekali saluran pembuangan air dari AC apakh alirannya lancar atau tidak.

8. Aturlah suhu AC agar sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai mengatur suhu ruangan dengan sangat dingin yang dapat mengganggu kesehatan penghuninya.

9. Janganlah menyalakan AC secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama tanpa mematikannya, matikanlah AC lalu bukalah seluruh pintu dan jendela agar terjadi pertukaran/sirkulasi udara sehingga udara di dalam menjadi segar kembali.

10. Matikan AC bila ada salah satu anggota keluarga sedang sakit karena AC dapat berperan dalam menyebarkan virus ataupun bakteri ke seluruh ruangan.

11. Bila terjadi sesuatu hal yang tidak biasa pada AC anda seperti tidak dingin, menetesnya air dari badan AC yang ada di dalam ruangan, maka cepatlah hubungi tukang servis AC untuk memperbaikinya dan jangan dulu menyalakan AC.

12. jagalah dengan baik-baik remote control AC jangan sampai rusak karena terjatuh atau terbanting, gantilah batu batre yang sudah habis strumnya dengan yang baru.

14. Matikanlah AC dengan mencabut kabel penghubung ke listrik di rumah apabila anda akan meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama.   

0 Response to "TIPS MERAWAT PENDINGIN RUANGAN (AIR CONDITIONER/AC) "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.