CARA MEMPERBAIKI MIXER

Pada posting kali ini Saya akan mencoba berbagi tentang cara memperbaiki mixer, mixer yang Saya maksud di sini adalah alat untuk mencampur, mengaduk atau memixing adonan kue atau sejenisnya yang biasa digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga di dapur mereka dan pada penggunaannya hanyalah untuk keperluan sendiri, tapi tidak menutup kemungkinan digunakan untuk industri rumah tangga berskala kecil.

Prinsip kerja mixer hampir sama dengan cara kerja alat elektronik yang lainnya, misalnya blender atau kipas angin, yaitu mengubah energi listrik menjadi energi mekanis/gerak, arus listrik yang mengalir dari stopkontak ke kabel penghubung akan diteruskan ke sakelar pemilih kecepatan lalu lilitan motor penggerak. sebelum kita melangkah pada bahasan inti yaitu cara memperbaiki mixer alangkah lebih baiknya bila kita mengetahui dulu bagian-bagian dari mixer agar lebih mudah dalam proses perbaikan.


Bagian-bagian mixer(bagian luar):
  • Kabel penghubung ke stopkontak listrik
  • Tombol pengatur kecepatan motor listrik
  • Alat pengaduk , berupa dua buah batang besi yang ujungnya berbentuk spiral atau plat saling silang yang menguncup ke atas.
Bagian-bagian mixer (bagian dalam):
  • Motor penggerak
  • Kapasitor bank
  • Sakelar/swich pengatur kecepatan motor
Kerusakan yang umum terjadi pada mixer
  • Mati total
  • Putaran motor lambat atau
  • Putaran motor tersendat-sendat

Cara memperbaiki:

Mixer mati total,
Pada keluhan seperti ini terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya, diantaranya yaitu: Kabel penghubung putus dan Motor penggerak putus atau terbakar, Untuk mengetahui kerusakannya maka harus dilakukan pengecekan berurut yaitu:
  1. Kabel penghubung listrik ke stopkontak, lihatlah secara fisik apakah ada dari kabel tersebut yang putus? biasanya kabel penghubung ini putus karena gigitan tikus atau terhimpit benda dengan beban yang berat sehingga kabel menjadi hancur, maka saat tertarik akan putus.
  2. Apabila kabel dalam keadaan baik maka pemeriksaan dapat dilanjutkan dengan melihat komponen yang ada di dalam badan mixer, untuk dapat melihat isi yang ada di dalam mixer maka kita harus membuka semua skrup yang ada di luar badan menggunakan obeng plus. Kemudian setelah itu periksalah apakah ada kabel yang terputus atau tidak? selain putus mungkin saja ada kabel yang kurang kencang terpasang pada terminalnya
  3. Motor penggerak, lihatlah apakah kondisi lilitan pada motor penggerak terlihat wajar atau terlihat hitam hangus seperti bekas terbakar dan terc1um bau seperti tesudah terbakar? pada kondisi seperti itu biasanya lilitan pada motor terputus karena panas yang melebihi kekuatan kawat lilitan, tapi untuk lebih yakin maka diperlukan pemeriksaan/pengukuran menggunakan AVO meter, lepaskanlah kabel yang menempel pada motor penggerak kemudian ukurlah kedua ujung lilitan motor pemggerak menggunakan AVOmeter dengan memindahkan posisi swich pada R X 1 kilo ohm, tempelkan kedua ujung dari probe AVO ke kedua ujung lilitan motor, bila jarum penunjuk pada AVO meter bergerak ke arah kanan dan diam pada skala 0-3 maka kemungkinan motor masih bagus, tapi bila jarum penunjuk pada AVOmeter diam /tidak bergerak maka kemungkinan besar lilitan pada motor penggerak terputus maka dengan demikian harus harus dililit ulang atau diganti dengan motor yang baru.
Putaran motor lambat atau tersendat-sendat
Untuk mixer dengan putaran tersendat-sendat atau putarannya pelan maka kemungkinan penyebabnya adalah carbon brush sudah tipis (komponen penghubung listrik dari kabel penghubung ke putaran motor), dengan menipisnya carbon brush maka listrik yang mengalir ke lilitan motor berada pada keadaan terhubung dan tidak terhubung atau banyak yang menyebut keadaan tersebut dengan "ngefong", untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan mengganti carbon brush yang sudah tipis dengan yang baru 

Terdapat ukuran yang berbeda-beda karbon brush yang ada di pasaran karena itu pastikan anda membawa contoh carbon brush beserta dudukannya ke toko yang menjual alat-alat elektronik, apabila tidak menemukan ukuran yang sama maka belilah carbon brush yang ukurannya lebih besar sedikit dari ukuran yang asli, karena kita masih dapat mengatasinya yaitu dengan cara mengikir atau mengampelasnya sampai mendapatkan ukuran yang mirip dengan ukuran yang asli.

Apabila pada carbon brush tidak ada masalah kemungkinan yang lainnya adalah kapasitor bank yang sudah rusak, untuk mengatasinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru, dengan demikia maka putaran motor penggerak akan kembali normal.

2 Responses to "CARA MEMPERBAIKI MIXER"

  1. Saya baru beli mixer. Baru saya pakai untuk membuat kue sekali dan yg kedua kalinya rusak. Baru di tengah perjalanan sudah rusak. Mati. Ada bau tidak enak seperri terbakar di dalam dan keadaan mixer panas. Itu kenapa ya? Bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bau seperti terbakar kemungkinan bagian lilitan pada motor penggerak mixer terbakar. bawa saja ke tukang service yang biasa melilit ulang motor listrik.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.