SEJARAH, ASAL-USUL OVEN MICROWAVE

Percy Lebaron Spencer
Anda tentu tidak asing lagi dengan alat rumah tangga yang satu ini, yang berguna untuk memasak atau menghangatkan makanan secara cepat. Tahukah anda cara kerja/prinsip kerja dan sejarah dari alat ini? untuk anda yang belum tahu atau ingin menambah ilmu silahkan disimak artikel di bawah ini.


Sejarah ditemukannya oven  microwave

Oven microwave ditemukan secara tidak sengaja oleh penemunya yaitu Percy LebaronSpenser, yaitu seorang penemu besar Amerika yang sudah memiliki 120 hak paten atas penemuannya. 

Penemuannya ini dimulai saat dia masih bekerja di sebuah lembaga pertahanan Raytheon pada tahun 1945, pada waktu dia sedang meneliti kemampuan sebuah radar dan melewati sebuah radiator/Magnetron yang sedang bekerja tiba-tiba dia mendapati coklat yang ada di dalam saku celananya meleleh, dari situlah dia mulai melakukan penelitian tentang pemanfaatan gelombang mikro untuk memanaskan bahan makanan.

Generasi pertama oven microwave memiliki berat kira-kira  400kg yaitu seukuran kulkas, dengan berat seperti itu tidaklah mungkin untuk digunakan dalam kebutuhan rumah tangga, maka pemanfaatan oven microwave pada saat itu hanya untuk pemakaian di dalam pesawat dan kapal yang berguna untuk menghangatkan bahan makanan dengan lebih cepat.

Perusahaan yang pertama kali memproduksi oven microwave adalah Tappan Company yang mengenalkan dan memasarkannya ke Amerika serikat pada tahun 1952.

Oven microwave adalah alat elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi sangat tinggi SHF (super high frequency) yaitu di atas 3X109Hz.

Tabung yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik sudah ada sejak tahun 1940 oleh John Randall dan Dr. H. A. Boot dari Inggris. Pada saat itu tabung tersebut digunakan sebagai komponen  radar yang berfungsi mencari dan menemukan jejak suatu benda dengan menggunakan gelombang mikro dengan frekuensi sekitar 1010Hz.


Prinsip kerja oven microwave

Oven Microwave adalah salah satu peralatan rumah tangga yang berguna untuk memasak atau menghangatkan bahan makanan atau minuman, alat ini bekerja dengan memanfatkan gelombang mikro yang dihasilkan oleh sebuah tabung hampa yang bernama Magnetron yang terletak di dalam oven microwave.

Gelombang micro yang dihasilkan oleh magnetron akan dipantulkan oleh dinding bagian dalam oven yang terbuat dari logam baja atau besi sehingga gelombang tersebut terperangkap di dalam oven microwave.

Gelombang mikro hanya dapat dipantulkan oleh logam tetapi dapat menembus bahan non logam tanpa memanaskan bahan non logam tersebut.

Bula kita memanaskan air memakai oven microwave maka yang terjadi adalah gelombang mikro akan membuat molekul-molekul air bergerak secara acak dengan kecepatan yang sangat tinggi, akibatnya terjadilah gesekan antar molekul yang menghasilkan panas, peristiwa tersebut mirip dengan kejadian pada kedua telapak tangan kita yang digesek-gesekkan yang lama kelamaan kulit tangan kita akan terasa panas akibat gesekan tersebut.

0 Response to "SEJARAH, ASAL-USUL OVEN MICROWAVE"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.