Home » » CARA MENCARI PENYEBAB MCB ATAU LISTRIK MATI/OFF SENDIRI

CARA MENCARI PENYEBAB MCB ATAU LISTRIK MATI/OFF SENDIRI

MCB listrikSetiap rumah pasti pernah mengalami mati lampu/padamnya aliran listrik, tetapi hanya rumah kita saja yang padam sedangkan listrik rumah tetangga tetap menyala. Aliran listrik padam ditandai dengan berubahnya posisi sakelar MCB dari posisi "on" ke posisi "off". Kebanyakan orang pasti langsung menghidupkannya kembali MCB, tapi bagaimana bila sakelar MCB yang kita hidupkan kembali ke posisi "off"?


Penyebabnya antara lain:
  • Beban listrik yang terlampau besar melebihi batas kemampuan MCB, misalnya daya listrik yang diberi oleh PLN adalah 900w sedangkan pemakaian listrik di rumah melebihi 900w.
  • Adanya hubungan pendek atau konsleting, yaitu saling bersentuhannya dua jalur kabel positip dan negatip baik secara langsung ataupun secara tidak langsung, contoh konslet secara langsung adalah bersentuhannya dua kabel positip dan negatip yang terbuka, sedangkan contoh konslet secara tidak langsung adalah fitting lampu yang tergenang air yang diakibatkan oleh bocornya genting lalu airnya menetes pada langit-langit rumah tempat menempelnya fitting lampu.
  • Adanya alat elektronik yang rusak atau terbakar, misalnya mesin pompa air listrik yang lilitan/spullnya terbakar.
  • stopkontak yang terbakar

Langkah-langkah cara mengetahui penyebab listrik di rumah padam/mati:
  1. Bila listrik di rumah tiba-tiba mati yang ditandai dengan berubahnya posisi sakelar MCB(mini circuit broken) dari "on" ke "off" maka jangan panik, diamkanlah beberapa saat untuk memberi waktu komponen di dalam MCB menjadi dingin dulu kemudian cobalah untuk menyalakannya kembali.
  2. Bila MCB kembali ke posisi off maka mulailah melepaskan seluruh beban listrik di rumah anda seperti mematikan seluruh lampu yang menyala, mencabut seluruh steker dari stopkontak,dan lain-lain.
  3. Nyalakan kembali MCB ke possisi "on",
  4. Bila MCB tidak kembali ke "off" maka nyalakanlah lampu satu persatu diikuti memasang kembali steker yang tadi dicabut dari stopkontak. Penyebab listrik mati dapat diketahui saat kita menyalakan satu beban(alat listrik) listrik diikuti matinya MCB(kembali ke off) maka alat itulah penyebabnya.
  5. Bila MCB kembali ke "off"(tidak bisa dinyalakan) periksalah semua stopkontak mungkin ada yang terbakar sehingga terjadi konslet. bila semua stopkontak dalam keadaan baik kemungkinan ada yang konslet pada jalur utama instalasi listrik anda, periksalah instalasi listrik yang ada di para rumah anda mungkin ada kabel yang terkelupas oleh tikus atau rapuh karena usia sehingga terjadi hubungan pendek atau konsleting.
  6. penyebab lainnya adalah MCB nya sudah rusak dan harus diganti baru, untuk masalah seperti ini segeralah hubungi PLN agar diganti dengan MCB yang baru.
  7. Bila anda telah melakukan poin 1-4 kemudian listrik menyala normal hanya beberapa saat kemungkinan pemakaian listrik di rumah melebihi batas daya yang diberikan oleh PLN, cobalah mengurangi pemakaian listrik dengan mematikan peralatan listrik yang menyedot daya/watt besar. saran saya segeralah hubungi PLN untuk tambah daya/watt.
Bila rumah anda memiliki beberapa MCB tambahan untuk membagi jalur listrik menjadi beberapa bagian maka cara untuk mencari penyebab listrik padam adalah dengan cara:
  1. Matikan semua MCB.
  2. Nyalakan MCB pusat.
  3. Nyalakan MCB tambahan satu persatu
  4. Bila ada MCB cadangan yang kembali mati maka lakukanlah kegiatan seperti pada poin 2 dan 3.

"Listrik mati sedangkan MCB on"

Peristiwa semacam ini mungkin saja terjadi pada listrik di rumah, penyebabnya bisa bermacam-macam tetapi yang umum terjadi adalah:
  • Terputusnya aliran listrik dari PLN, mungkin akibat longgarnya sambungan kabel twis (kabel hitam yang menghubungkan listrik dari tiang listrik PLN ke rumah), atau memang di sekitar wilayah rumah kita sedang ada pemadaman aliran listrik yang sebagian orang menyebutnya "mati lampu".
  • Adanya sambungan kabel yang terlepas atau putus antara KWH meter ke MCB. Cobalah untuk memeriksa kondisi kabel yang yang terpasang dari KWH meter ke MCB.
  • Adanya kabel yang putus dari keluaran MCB ke jalur instalasi di rumah. untuk mengujinya periksalah kabel yang terpasang dari MCB ke instalasi listrik di rumah karena mungkin saja ada sambungan yang terlepas atau terputus.
  • MCB sudah rusak, rangkaian mekanis yang terdapat dalam MCB bisa saja mengalami penutrunan kualitas akibat dari pemakaian yang sudah lama sekali sehingga komponen di dalam MCB mengalami kerusakan. Bila memang MCB adalah penyebab dari matinya listrik di rumah maka segeralah untuk menggantinya dengan mcb yang baru, laporlah ke PLN setempat untuk mendapatkan pelayanan penggantian MCB baru.


Artikel Terkait:

70 komentar:

  1. trimakasih mas.... sangat membantu, saya agak kurang paham elektro :D

    ReplyDelete
  2. bagaimana jika mcb off, ditunggu 30menit setelah dihidupkan, ternyata ada 1 lampu kamar yg saklarnya tidak bisa dimatikan sehingga lampu terus menyala. apa yg harus dilakukan untuk mengatasinya. mohon penjelasan. Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. apa kira2 penyebabnya jika MCB turun setelah dinyalakan sekitar 10-20 menitan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya beban listrik terlalu besar, atau MCB sudah lemah

      Delete
  4. Bagaiman klo mcb on.. listik rmh sendiri sering mati hidup mati hidup antara jam 18 sd 20 aja ,masalahnya dimana? Trima ksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan pada jam-jam itu pemakaian listrik di rumah sangat banyak/besar sehingga membuat MCB cepat panas sehingga bisa off dengan sendirinya. sebaiknya tambah daya atau ganti MCB dengan yang baru, karena kemungkinan MCBnya sudah lemah.

      Delete
  5. Knpa listrik di rumah tiba2 mati tegangangan turun tatw mati trus hdup sndri
    Mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rumah Saya juga pernah mengalami hal tersebut, setelah diperiksa ternyata kabel yang dari PLN yang terbentang dari tiang listrik ke rumah ada yang tidak sempurna pada bagian sambungannya. Saya sarankan Bu Eka untuk menghubungi PLN.

      Delete
  6. listrik drmh ku mati, setelah ku cek dengan tespen, kabel positif ada api, dan kabel negatif nya pun ada api, tetapi mcb nya gak turun, tapi lampu nya gk hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan yang putus kabel negatifnya. kedua kabel ada api itu hanyalah induksi saja. Kalo MCB ngk turun berbarti tidak terjadi konsleting/hubungan poendek.

      Delete
  7. bgmn kalau mcb didlm rmh tdk bisa naik padahal mcb di kilo pln nya sdh di off kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin MCB yang di dalam rumah masih dalam keadaan panas, tunggu saja beberapa saat hingga komnponen di dalam MCB dingin, lalu coba onkan lagi. Kalo tetap tidak bisa nyala berarti MCB yg ada di dlm rumah sudah rusak.

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misi mas mau nanya ni. Mcb nya itu turun sekitar jeda waktu 10 - 15 menitan. Sudah di ganti mcb masih saja turun seperti biasa dgn jeda waktu dan juga tidak ada beban.

      Delete
    2. coba periksa jalur kabel dari MCB ke dalam rumah. mungkin saja ada kabel yang konslet tanpa terlihat

      Delete
  9. Halo mas, saya punya problem gini. Colokan listrik, itu kalo dites pake tes pen di kedua bolongannya itu indikator lmpu di tes pennya nyala. Padahal kan seharusnya kalo ngetes, salah satu ada yang mati ya. Nah itu kenapa tuh?

    Akibatnya, setiap saya mau nyolok entah mau ngecharge atau nyalain tv jadi ga mau nyala..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo diperhatikan bahwa, kedua kabel menyala saaat ditespen dan tidak bisa digunakan maka dapat dipastikan salah satu kabelnya terputus yakni kabel negatifnya saja. Mengapa keduanya bisa menyala saat ditespen? karena masih ada aliran setrum pada kabel positifnya(setrum) sehingga kabel yahng negatif terkena dampak induksi listrik.

      Delete
  10. Kalo mcb di dalem rumah basah lalu mengalami konsleting sehingha mengeluarkan asap, terus saya mematikan arus listrik utama. Apakah kemudian bissa dinyalakan kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya dilaporkan ke PLN. Jangan dulu meng-on-kan MCB yang basah, mungkin saja MCBnya konslet.

      Delete
  11. Halo mas mau tanya mcb on tp di di meteran nya ga bisa on...mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kabel Tiang PLN tidak tersambung ke Meteran, biasanya sambungan yang dekat tang listrik longgar atau sambungan yang dekat meteran lepas. sebaiknya lapor PLN saja.

      Delete
  12. Mas sya mau tanya.. klo mcb trip/turun pda saat konsleting terjadi, apa ada pengaruh ny dgn elektronik sprti lampu atau yg lain yg berdampak elektronik tsb mnjadi rusak.? Trma ksh sblm ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seringnya listrik mati secara tiba-tiba bisa saja dapat merusak peralatan elektronika, namun tidak semua. biasanya yang sering rusak adalah komputer karena komputer harus melalui tahap-tahan Shutdown sebelum dimatikan.

      Delete
  13. Mas mau tanya, di rumah terjadi consleting (mungkin koslet atau gimana) . Karena MCB jalur pembagian di dlm rumah itu trip setelah 1-2jaM. SETELAH di nyalakan lg MCB yg trip tadi, tetap normal nyala kembali,akan tetapi setelah 1-2 jam trip lagi. Kira2 knp ya mas. Terimakasih

    ReplyDelete
  14. Mas mau nanya,listrik ditempt saya sering nyala mati sendiri ttp mcbnya ngga off,itu gmn?saranya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah ngalamin kayak gitu, maslahnya ada pad sambungan kabel dari tiang listrik menuju MCB. ternyata sambungan kabel bikinan PLN yang pake mur dan baut yang deket tiang listriknya longgar yang kadang-kadang nyambung dan ngk. Coba lapor PLN saja PAk.

      Delete
  15. Kalo mcb trip setiap malam kisaran jam 10 sampai jam 6 bisa turun hingga 6x di salah satu mcb pembagian jalur dalam rumah dan mcb meteran padahal jam malam itu yang tersambung hanya kulkas dan beberapa kipas yang jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan pemakaian siang hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja kulkasnya ada masalah, coba cabut kulkas atau kipas anginnya

      Delete
  16. Mas saya mau tanya , litrik dirumahku on tetapi hanya lampunua saja yang mati serumah itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  17. Kalo listrik di rumah saya begini gan,kalo tengah malam MCB selalu trip padahal lampu ga dinyalakan semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalau malam hari beban/penggunaan listrk lebih besar, jadi melewati batas kekuatan MCB, apalagi kalau MCBnya sudah tua jadinya gampang trip. Alternatifnya kurangi penggunaaan listrik pada malam hari atau bila masih trip MCB perlu diganti, lapor saja PLN.

      Delete
  18. Mau tanya mas, tadi siang mcb saya trip setelah saya cek ternyata ada 1 lampu yg konslet..nah sorenya saya tidak sengaja meng on kan lampu yg konslet, dan mcb trip lagi..saya coba matikan semua dan on kan mcb lagi tetapi tetap ngga mau nyala?kenapa ya?apa mgkn 1 rangkaian listrik rumah sudah short semua?trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti saja kap lampu yang sumber terjadinya KONSLET, kalo masih trip lagi periksa jalur kabel lampu tersebut, mungkin ada yang terhubung pendek/konslet

      Delete
  19. Hallo Mas Nurdin.. sharingnya bermanfaat sekali. Sy menghadapi masalah yg agak berbeda. Akhir2 ini mcb di rmh sy sering turun sendiri setelah bbrp jam listrik nyala. Tidak jelas ada konsleting dmn krn ketika semua perangkat elektronik dinyalakan mcb tidak turun, tapi mcb sering tiba2 turun sendiri setelah bbrp jam listrik menyala (sekitar 6 - 12 jam).

    Mohon masukannya, ada apa dg listrik di rmh sy??

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga mas Dadang Purwanto,
      kejadian seperti itu sering terjadi pada MCB yang sudah lemah, jadi saran saya segera ganti dengan yang baru, hubungi saja PLN untuk minta diganti.

      Delete
  20. Assalamu'alaikum mas Nurdin. Klo seandainya mcb proteksi di on kan dan mengakibatkan mcb kwh dr pln turun/off dan ini sdh d cek/lakukan berkali2, apa sudah dpt d pastikan ada masalah konsleting listrik?

    ReplyDelete
  21. Wa 'alaikum salam WR. WB.

    kalo seperti itu, kemungkinan ada yang konslet. coba periksa perkabelan, stopkontak, dan fitting lampu.

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum listrik rumah saya dan 1 tetangga mati berbarengan. Sebelum listrik magi..lampu berkedip berbarengan. Itu kenapa mas. Mau lapor pln sudah malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam. sepertinya jaliur kabel dari PLNnya ada yang putus.

      Delete
  23. Mas kenapa angka masih nyala MCB saya nyalain tapi tiba tiba ada suara "tik" dan saya lihat MCB masih on tapi lampu saya mati sedangakn saya nyalain cuman satu lampu

    ReplyDelete
    Replies
    1. suara "tik" dari mana? kalo dari MCB berarti MCBnya ada masalah.

      Delete
  24. Gan tlg sarannya... swktu listrik d rmh saya mati pdhal mcb on.... ktika saya off kn smntara stlh beberapa menit saya on kn kmbali... listrik hidup dengan situasi kurang arus... stlah beberapa saat padam lagi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya bukan dari MCBnya. ada jalur utama yang sambungannya ngak pas.

      Delete
  25. Salam,
    bebera hari yg lalu listrik rumah tiba2 padam, pdhal listrik tetangga tidak. Lalu sy memanggil jasa instalatir, disarankan untuk mengganti sikring model lama dg mcb. Setelah diganti listrik nyala lg. Namun setelah beberapa hari listrik mati lg dg keadaan mcb baru dan mcb pln 'on' semua dan hidup lg dg sendirinya. Setelah kejadian itu, beberapa kali saat menyalakan/mematikan lampu tiba2 listrik mati dan mcb masih on. Ada solusi? Terimakasih sbelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus seperti ini biasanya ada masalah pada sambungan kabel, seperti sambungan yang terletak antara MCB ke jalur listrik yang masuk ke rumah, longgar jadinya kadang-kadang-nyambung kadang terlepas. hal ini terlihat dari pengaruh saat mengoperasaikan saklar lampu.

      Delete
  26. Gan, stopkontak sy ada yg kebakar, listrik tetap idup tp meteran mati, gimana tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu meterannya mati akibat ada yang terbakar. nyalaian lagi saja.

      Delete
  27. Permisi pak nurdin, kwh meter dirumah saya bacaannya hanya 'tunggu'saja sudah hampir 2 jam tidak bisa di otak-atik. Padahal sebelumnya Tokennya masih ada. Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ada kerusakan pada sistim elektroniknya. laporkan saja ke PLN

      Delete
  28. Saya mau nanya kondisi di rmh yang berbeda, 1. Mcb posisi on saklar di tekan tanpa beban lampu listrik rmh trip.
    2. Mcb posisi on saklar di tekan dengan beban lampu listrik rmh trip.
    Apa perbedaannya??mohonnpencerahannya thx

    ReplyDelete
  29. Pertanyaan: 1. Mcb posisi on saklar di tekan tanpa beban lampu listrik rmh trip.
    2. Mcb posisi on saklar di tekan dengan beban lampu listrik rmh trip.
    Apa perbedaannya?

    Jawab: untuk kasus no.1 kemungkinan terjadi hubungan pendek/konslet pada jalur kabel lampu atau pada kap lampunya.
    Dan untuk Kasus 2 kemungkinannuya lampunya yang terjadi hubungan pendek.

    ReplyDelete
  30. Mau tanya, mcb dlm rumah mati setelah beberapa jam, pas saya pegang mcb nya panas trs saya dengerin ada bunyi geretan kecil.apakah mcb nya bermasalah.tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. panas itu reaksi plat yang ada di dalam MCB yang otomatis memutuskan arus. kemungkinan suara itu berasal dari keping/plat yang panas

      Delete
  31. assalamualaikum mas, mau nanya boleh ya mas?
    listrik saya dirumah tiba2 njeglek dan waktu saya ngecek, tidak ada yang arus pendek. kemudian saya coba nyalakan lagi, tidak berapa lama njeglek lagi. saya coba mematikan semua saklar dan cabut stopkontak. listriknya saya nyalakan lagi, bisa nyala. saya kemudian menyalakan 1 lampu, kipas dan charger2, listriknya tidak apa2. kemudian saya coba kulkas, tidak apa2. tapi ketika saya nyalakan lampu, tidak lama kemudian listriknya mati lagi. kira-kira apa yang terjadi ya mas? menurut mas, apa penyebabnya dan bagaimana menyelesaikannya?

    terimakasih banyak atas perhatiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa 'alaikum salam pa Rifqi Alwafi,

      Saat terjadi njeglek maka beberapa saat komponen yang ada di dalam MCB masih panas jadi akan mati lagi kalau kita langsung menyalakannya kembali. Jadi sebaiknya tunggu beberapa saaat dulu baru dinyalakan kembali.

      kalau listrik mati lagi setelah bapak menyalakan lampu, maka kemungkinan besar ada masalah dengan lampu tersebut, coba bapak ganti lampunya. beberapa lampu, seperti lampu hemat energi bila mati maka akan terjadi konslet/hubungan pendek di dalam rangkaiannya.

      Delete
  32. terimakash banyak atas jawabannya pak nurdin
    Blognya jujur saja banyak sekali membantu saya yang benar-benar tidak tahu-menahu mengenai masalah kelistrikan dalam rumah. Alhamdulillahnya lagi, bapak juga responsif dalam menjawab sehingga memudahkan kita yang awam dalam belajar

    Saya ingin menambahkan sedikit boleh ya pak? Mengenai kejadian yang baru terjadi dirumah saya.
    Menurut saya ada 1 lagi penyebab jeglek (MCB off), yaitu korsleting yang tertunda. Dalam kasus yang terjadi pada saya, korsleting terjadi tidak terjadi secara langsung, melainkan beberapa saat setelah listrik menyala (kurang lebih 20 menit - 2 jam). Mengapa bisa terjadi demikian?

    Berdasarkan pelajaran jaman sma dahulu, ketika listrik mengalir melalui kabel yang mengalir tidak hanya listrik, melainkan juga panas. Panas yang ikut mengalir ini perlahan-lahan akan membuat komponen kabel yang terbuat dari logam memuai. Pemuaian ini membuat material logam mengembang sedikit, sangat sedikit malah (hanya beberapa mili mungkin). Namun, karena posisi kabel positif dan negatif sudah sangat mepet, sehingga pemuaian ini membuat kabel positif dan negatif bersentuhan dan terjadilah korsleting. Korsleting tidak terjadi seketika karena kabel membutuhkan waktu untuk memuai.

    Solusi yang dapat dilakukan adalah menemukan dimana sumber masalah utamanya dan memutus aliran listriknya. Hal ini sedikit tricky karena bisa saja ketika anda mengira sudah menemukan masalahnya, ternyata tidak lama kemudian listrik njeglek lagi.

    Demikianlah pak Nurdin tambahan berdasarkan kasus yang terjadi di tempat saya. Semoga sharing saya dapat membantu teman-teman yang awam mengenai listrik menemukan jawaban. Saran saya, apabila anda tidak dapat menangani masalah kelistrikan, jangan ragu untuk meminta bantuan orang atau memanggil jasa perbaikan listrik. Dari sana, sedikit-sedikit anda dapat mempelajari mengenai kelistrikan dirumah anda sendiri.

    Untuk pak Nurdin, sekali lagi saya sampaikan terimakasih atas jawabannya.
    Wassalamualaikum wr. wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa 'alamualaikum wr. wb.

      Terimakasih sudah memberikan pengalaman yang berguna dan yang menjadi ilmu yang bermanfaat untuk Saya dan pembaca blog ini.

      Kejadian seperti itu jarang terungkap dalam proses pengecekan dalam kasus konsleting listrik. Sayapun baru menyedarinya setelah membaca tulisan dari Pa Rifqi Alwafi.

      Delete
  33. Assalamu'alaikum mas nurdin
    Saat ini listrik d rmh mati gara² ibu saya lg gosok pdhl udh setengah jam gosok baru terjadi koslet.
    Saya nyalain mcb d dlm rmh ga nyala, trs saya nyalain mcb utama/ luar g nyala, saya coba turunin mcb 22 nya nunggu 15 menit an, saya nyalain lg ttp ga nyala pdhl smua colokan udh d cabut.
    Pas saya liat mcb utama kan ada 4 lampu nya, 2 wrn oren nyala t1 t2 tp yg wrn ijo n merah g nyala, itu berarti kan g ada power nya ya gan? Penyebab nya apa dan masalah nya dr mana nya?? Sdngakn mcb utama baru 2 thn an ganti dr model lama k model yg baru
    Sebelum nya makasih saran nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikum salaam

      sepertinya ada masalah dengan kabel yang datang dari tiang listrik ke panel listrik yang ada lampunya. lapor PLN saja pak

      Delete
  34. Slmt malam Pak.. Sy mau tyk,, listrik sy hr ini sdh 4x mati,, sy kurang paham di mana mslhny, di MCB off tp di kilometer MSh oN,, pdhal sy sdh mencoba melepas Cok lampu ato TV yg kemungkinan gara" itu listrik mati.. Tlng di bantu Pak.. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau MCB sudah off tapi kilometer masih on maka penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa saja meterannya yang sudah rusak, ada alat elektronik yang tersambung atau jalur kabel positif bocor sehingga tersambung ke ground, atau tembok rumah.

      Untuk MCB yang sering mati seperti itu mungkin saja MCB harus diganti

      Delete
  35. Saya mau tanya rumah saya masihpke mcb model lama /sakring. Tiba2 putus dan saya gantilah dengan mcb baru setelah itu saya nyalakan ac dan 5 menit kemudian ampernya kembali mati /turun off. Padahal selama ini tidak ada masalah amper listrik turun. Yang saya mau tanyakan kenapa bisa seperti itu? Dan bagai mana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab MCB mati /turun off bisa bermacam-macam seperti yang telah diuraikan di atas. Bila melihat kasus yang bapa terangkan, maka kemungkinan MCBnya masih panas atau ada beban listrik yang tersambung seperti kulkas, tv atau alat elektronik lainnya. jadi bila terjadi seperti itu lagi maka lepaskan dulu colokan listrik alat elektronik di rumah lalu tunggu 15 menitan baru MCBnya dinyalakan lagi,

      Delete
  36. Saya mau tanya. Di rumah saya masih pakai model lama sikring. Tapi makai sikring otomatis. Namun tadi pagi mati. Saya sudah matikan semua lampu dan tak ada yg menempel di stop kontak. Namun lintrik engga mau nyala. Kembali ke off lagi. Padahal sikring oto baru. Saya kira di sikring nya. Apa penyebab nya. Mohon bantuan nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saja ada hubungan pendek/konslet. periksa kabel dari sekering ke perlampuan atau stopkontak

      Delete
  37. selamat sore, saya mau tanya kenapa mcb saya suka off tiba2 hanya pada jam 08:00 sampai jam 20:00, sementara jam 20:00 sampai jam 08:00 normal, padahal pemakaian alat electronik sama aja, kapasitas listrik saya 1300 dan hanya menggunakan 1 ac saja, mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya MCB sudah lemah sehingga dipakai lebih dari 12 jam menjadi cepat panas dan menyebabkan mati. untuk sementara bila trerjadi mati lagi, tunggu agak lama sampain komponen yang ada dalam MCB menjadi dingin, baru dinyalkan kembali.

      Sebaiknya Lapor PLN untuk segera diganti MCB baru

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.