SEJARAH PERKEMBANGAN SETRIKA DARI MASA KE MASA

Setrika adalah suatu alat yang diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia dalam hal merapikan pakaian, selain itu setrika juga berguna untuk menghilangkan segala bibit penyakit yang menempel di serat kain. Berikit ini adalah sejarah perkembangan setrika dari masa ke masa:

Setrika sudah dikenal sejak 400SM di Yunani, pada saat itu setrika digunakan untuk merapikan lipatan-lipatan vertikal pada pakaian kebesaran. Selain di Yunani setrika juga  telah digunakan di Romawi dengan nama preleum, tekhnik yang digunakan pada masa itu adalah "pressing" yaitu suatu tekhnik penekanan yang mirip dengan mekanisme alat pemeras buas anggur.  Setrika juga sudah dikenal   di wilayah asia terutama di negara China pada abad ke-1SM, setrika tersebut mirip dengan bentuk setrika pada zaman sekarang yaitu berupa pot yang terbuat dari logam yang dapat diisi dengan bara api atau arang kayu.

Pada awal abad ke-17 di daerah Inggris ditemukan setrika dengan nama"Sadiron" yang berasal dari bahasa Inggris kono "sald" yang artinya "solid". Setrika ini berbentuk potongan logam tebal dengan permukaan bawah yang rata dan pada bagian atas diberi pegangan. Dari bentuk yang sederhana maka ditemukanlah jenis setrika yang berbentuk kotak logam bergagang yang di dalamnya dapat diisi dengan bara api.

Setrika kUno
Di tahun 1870 seorang ibu rumah tangga yang bernama Mary florence potts memodivikasi setrika sadiron menjadi berbentuk runcing,pada kedua ujungnya, kemudian dia memperbaharui lagi dengan menambahkan pegangan yang dapat dilepas, jadi saat setrika dipanaskan maka panasnya tidak akanmerambat ke pegangan tersebut.

Pada tahun 1882 setrika listrik generasi pertama ditemukan dan dipatenkan, namun pada saat itu kurang populer karena aliran listrik belum tersebar begitu luas. Dan pada awal abad ke-20 mulailah setrika listrik dikenal ke seluruh dunia, pada tahun 1920 setrika listrik mulai dilengkapi dengan komponan thermostat yaitu komponen yang berfungsi untuk mengintrol suhu setrika.

Selanjutnya mulailah dikembangkan berbagai bentuk dan fitur setrika yang sekarang banyak dipakai di seluruh dunia.


Setrika yang pernah ada di Indonesia:

1.  Setrika kuno, setrika ini terbuat dari logam tebal dengan gagang/pegangan yang terbuat dari kayu. Sumber panasnya didapat dari bara arang kayu yang dimasukkan ke dalam badan setrika. Bila kita akan menyetrika pakaian maka harus membuat bara dari arang kayu dulu setelah itu baru setrika dapat digunakan, yang perlu diperhatikan saat menggunakan jenis setrika ini adalah abu sisa arang atau percikan arang kecil yang kadang-kadang keluar dari celah yang ada pada sisi setrika yang dapat merusak pakaian yang sedang disetrika, selain itu hindari menyetrika pakaian yang berbahan tipis atau tidak 
tahan panas karena panas dari bara api sangat tinggi sekali maka dikhawatirkan akan merusak kain tipis tersebut.

2. Setrika listrik, Setelah ditemukannya listrik maka manusiapun berfikir untuk dapat membuat setrika listrikyang dipanaskan oleh listrik, jenis setrika ini dibuat dengan sebuah lilitan kawat yang dialiri arus listrik, penggunaannya cukup praktis hanya tinggal memasukkan kabel penghubung ke stopkontak listrik selanjutnya tinggal menunggu beberapa menit maka sertikapun panas dan sudah dapat digunakan, tidak seperti setrika kuno yang harus membuat arang dulu baru dapat digunakan. kekurangan dari setrika ini adalah tidak dapat mengontrol suhu sehingga hanya memiliki panas pada derajat tertentu saja.

3. Setrika listrik otomatis, Setrika ini adalah perkembangan dari   pendahulunya yang masih sederhana, kelebihan dari setrika ini adalah mempunyai alat pengontrol suhu yaitu thermostat, thermostat ini berfungsi mengatur kesetabilan suhu setrika yang tingkat derajat suhunya dapat diatur menurut keinginan kita.Selain itu pada lapisan bawah setrika sudah dilapisi dengan bahan anti lengket yang akan menambah kenyamanan saat digunakan. 

4. Setrika uap, jenis setrika ini sama dengan jenis setrika generasi sebelumnya tetapi ada sedikit tambahan fitur yaitu selain dapat dipakai untuk menyetrika seperti biasa, setrika jenis ini juga dapat menyetrika dengan menggunakan uap panas yang disemprotkan dari bagian atas atau bawah setrika, jadi setrika tidak perlu menyentuh pakaian yang kita setrika. uap yang dihasilkan adalah berasal dari air yang ditambahkan pada bagian teeertentu pada setrika.

Untuk perkembangan selanjutnya setrika yang diproduksi tidak jauh berbeda dengan jenis-jenis sebelumnya hanya saja kenyamanan dan kualitas dari anti lengket yang banyak ditambahkan pada setrika.

(referensi: pinterdw.blogspot.com, berbagai sumber)

Post a Comment for "SEJARAH PERKEMBANGAN SETRIKA DARI MASA KE MASA"