SEJARAH MIXER

Mixer adalah sebuah alat dapur yang digunakan untuk mencampur, mengocok, dan menghancurkan bahan makanan. alat ini datang dalam dua variasi utama yaitu mixer tangan dan mixer berdiri.

Tahun 1908 seorang insinyur bernama Herbert Johnson yang bekerja di Perusahaan Manufaktur Hobart menciptakan sebuah mixer listrik yang dapat berdiri. Inspirasinya datang setelah dia mengamati sebuah adonan roti yang diaduk menggunakan sendok logam, lalu dia mulai mencoba membuat mixer dengan dibantu rekan mekaniknya. Tujuh tahun kemudian yanitu  tahun 1915 dia berhasil membuat mixer yang mampu mengaduk adona sebanyak 80-liter, dan pada waktu itu alat tersebut sudah menjadi alat standar untuk perusahaann pembuat roti berskala sedang.. Pada tahun 1919 Hobart Mixer diperkenalkan  The kitchenAid Food Preparer(stand mixer) untuk rumah.

Mixer berdiri ditemukan Pada tahun 1908 oleh insinyur Herbert Johnson,  dia mengamati adonan roti yang diaduk menggunakan sendok logam kemudian dia mulai melakukan percobaan dengan secara mekanik. Pada tahun 1915  Hobart mixer 80-liter adalah salah satu perlengkapan standar pada semua kapal Angkatan Laut Amerika Serikat, serta di banyak toko roti komersial.

Sebelum intervensi Perang Dunia I  Hobart telah terjun ke pasar perumahan, tetapi pada tahun 1918 perusahaan eksekutif yang sedang menguji model dalam rumah mereka mengatakan: "Saya tidak peduli Anda menyebutnya apa," memiliki salah satu legenda  dari pasangan eksekutif , "yang aku tahu adalah itu alat bantu dapur terbaik yang pernah kumiliki."

Pada tahun-tahun awal penjualan mixer KitchenAid mengalami penurunan. Untuk mengatasi hal tersebut Hobart membentuk tim penjualan langsung dengan memperkerjakan wanita-wanita yang datang dari pintu ke pintu untuk menawarkan dan mendemonstrasikan alat tersebut. Dengan dibuatnya juicer jeruk dan ditambah penggiling makanan pada tahun 1919, mixer KitchenAid berada di jalan dan menjadi alat serbaguna yang dinamakan "alat persiapan makanan".

KitchenAid mungkin telah terlebih dahulu ditemukan dan dipasarkan tetapi penerimaan yang meluas dari mixer listrik berdiri sebenarnya milik sebuah alat yang lebih populer yaitu Mixmaster Sunbeam yang diciptakan oleh Ivar itu Jepson. Dijual lebih murah dari harga KitchenAid ini (pada awal 1930-an, itu ritel untuk $ 18,25, sekitar $ 240 pada tahun 2002 dolar), Mixmaster dapat tenar selama enam tahun semenjak diperkenalkan tahun 1930 sampai pada puncak Depresi ekonomi dunia  perusahaan itu telah mampu menjual 300.000 MixMasters per tahun.



Tonggak sejarah: 

Th 1908 Ir. Herbert Johnson  menciptakan sebuah mixer berdiri untuk mencampur adonan roti
Th 1915 Perusahaan Hobart Mfg  dari Troy, Ohio menjual mixer profesional dengan kapasitas 80 liter
Th 1919 Hobart (sekarang disebut KitchenAid) menjual "preparer food" (mixer berdiri ) untuk rumah
Th 1930 Sunbeam Mixmaster memperkenalkan dan menjual KitchenAid dengan harga yang lebih murah
Th 1936 desainer Egmont Ahrens memperkecil ukuran  mixer KitchenAid menjadi lebih ringan
Th 1952 Sunbeam mengeluarkan Mixmaster genggam yang pertama.

Sunbeam mengeluarkan Mixmaster genggam pertama pada tahun 1952. Meskipun mixer KitchenAid berdiri adalah pemimpin pasar saat ini, Mixmaster Sunbeam tetap menjadi pesaing yang layak.

Telah diterjemahkan dan disunting pada tanggal 30/03/2013 dari ideafinder.com

0 Response to "SEJARAH MIXER"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.