CARA MEMPERBAIKI HAIR DRYER

HAIR DRYERHairdryer adalah alat untuk mengeringkan rambut sehabis mandi ataupun keramas. alat ini umumnya digunakan secara pribadi oleh kaum hawa, selain itu banyak pula digunakan di salon-salon kecantikan, perusahaan sablon, percetakan foto, dan lain-lain.

Seiring dengan waktu alat ini akan mengalami penurunan kualitas yaitu mengalami kerusakan pada komponennya, selain itu kerusakan dapat terjadi karena usia yang sudah lanjut atau pemakaian yang terlalu sering. sebelum membahas cara memperbaiki Hair dryer alangkah baiknya kita mengetahui bagian-bagian dari alat ini beserta cara kerjanya.


Bagian-bagian Hair dryer
  • Kabel penghubung alat ke stopkontak listrik
  • Badan alat
  • motor pengatur kecepatan kipas
  • filamen/lilitan pemanas

Cara kerja Hair dryer
  1. Pada saat kabel penghubung terhubung ke stopkontak listrik maka listrik akan masuk ke saklar pengatur kecepatan.
  2. Bila kita menekan tombol pengatur kecepatan maka listrik akan mengalir dari kabel penghubung ke saklar lalu diteruskan ke motor penggerak kipas dan filamen(lilitan pemanas) maka dengan serta merta berputarlah motor untuk menggerakan/memutar kipas, bersamaan dengan itu maka filamen akan menjadi panas akibat dialiri listrik.
  3. Dengan berputarnya kipas dan memanasnya filamen maka udara dari luar akan dihembuskan atau didorong oleh kipas untuk melewati lorong yang dindingnya dikelilingi oleh filamen panas, dengan begitu udara yang dihembuskan oleh kipas akan terdorong keluar dalam keadaan panas karena dipanaskan oleh filamen.
  4. Saat tombol pengatur kecepatan berada pada posisi low maka putaran motor penggerak kipas sedang pada posisi putaran lambat sehingga udara yang dihembuskan lebih sedikit.
  5. Bila saklar pengatuir kecepatan motor berada pada posisi hight maka putaran kipas akan lebih cepat sehingga udara panas yang dihembuskan akan lebih banyak. begitulah seterusnya  kipas dan filamen akan bekerja bersamaan bila tombol pengatur kecepatan motor pada posisi on.

Gejala kerusakan yang sering terjadi pada Hair dryer:
  1. Mati total
  2. Kipas tidak berputar tapi badan alat terasa panas
  3. kipas berputar tetapi Hair dryer tidak panas
  4. Kipas berputar tapi udara uang keluar tidak panas
  5. Putaran Hair dryer tidak normal, seeprti tersendat-sendat tau lambat.
Cara menguji Hair dryer menggunakan AVO meter

1. Mati total

Hal ini terjadi kemungkinan disebabkan oleh kabel penghubung listrik terputus atau kabel yang masuk ke sakelar pengatur kecepatan terlepas. Periksalah secara pisik kabel penghubung mungkin ada yang putus akibat digigit tikus. Atau periksalah menggunakan AVO meter RX1Kohm, bila anda tidak memiliki AVO meter di rumah maka anda dapat menggunakan tespen sebagai gantinya, dengan cara membuka badan Hair dryer sampai terlihat seluruh bagiannya kemudian masukkan kabel penghubung ke stopkontak. Tempelkanlah ujung tespen ke setiap konektor di dalamnuya, tandai bagian yang tidak dapat menyalakan tespen, bial sudah ketemu yang rusaknya segeralah perbaiki dengan komponen yang sesuai.


2. Kipas tidak berputar tapi badan alat terasa panas

Hal ini dapat terjadi karena pada motor penggerak kipas terjadi kerusakan, mungkin saja karbon brush yang sudah  habis atau lilitan pada motor terbakar.Karbon brush adalah konektor yang menghubungkan kabel dengan motor agar dapat berputar. Carbon brush dapat habis akibat bergesekan dengan motor yang selalu bergerak.


3. Kipas berputar tetapi Hair dryer tidak panas

Hal ini diakibatkan filamen/lilitan pemanas putus, bila lilitan putus segeralah ganti dengan yang baru.


4. Putaran Hair dryer tidak normal, seperti tersendat-sendat atau lambat

Ada dua kemungkinan bila hal itu terjadi, yaitu:
  • carbon brush yang sudah tipis 
  • Untuk carbon brush yang sudah tipis dapat menggantinya dengan yang sesuai.

Demikianlah ulasan singkat Saya mengenai cara memperbaiki Hair dryer, semoga bermanfaat untuk anda.

8 comments for "CARA MEMPERBAIKI HAIR DRYER"

  1. Kalo rusaknya gara2 hairdryernya kemasukan rmbut gmn? :D abis wktu itu ga sengaja rambutnya ketarik sedikit jd masuk ke hairdryernya.. trus klo dipake itu gpp kan ya? Takutnya jdi gapanas / bau gt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya hairdryer dibuka terus bersigin rambut yang ada di dalamnya. kalo rambut yang masuk cuma sedikit gk pp, kalo banyak sebaiknya dibersihin aja. selama ngk ganggu putaran hairdryer dan bisa panas pake aja.

      Delete
  2. Kalau rusaknya mati total gara gara ga sengaja nyedot plastik didaerah kipas.. apa yang harus dilakukan.. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bongkar saja Hairdryernya, bila ada plastik yang menyumbat bersihkan saja. Mudah-mudahan lilitannya tdk terbakar. kalo terbakar harus diganti

      Delete
  3. Jika hairdryer hidup sebentar lalu mati bagaimana ?

    ReplyDelete
  4. Kalau hair dryernya mati total karena habis kemasukan rambut itu gimana?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.