CARA MERAWAT KAOS BERGAMBAR/SABLONAN

Jenis pakaian yang satu ini sudah tak asing lagi bagi kita karena hampir seluiruh lapisan masyarakat menyukainya dari mulai anak-anak sampai orang dewasa, salah satu alasannya karena bahan yang dibuat untuk kaos adalah bahan yang nyaman dipakai, arti nyaman di sini adalah kebanyakan kaos dapat menyerap keringat dengan baik jadi sangat ccocok dengan iklim di Indonesia yang panas.

Selain kelebihan pada jenis bahan yang dapat menyerap keringat ada hal lain yang membuat orang tertarik yaitu banyaknya produsen kaos berinovasi untuk menambah variasi kaos yang berbeda, diantaranya yaitu dengan membuat warna warni yang indah di pandang mata dan ditambahkannya gambar yang disablon pada bagian luar kaos, dengan begitu akan menambah nilai jual untuk kaos tersebut, wajar saja bila sebuah kaos dapat dihargakan tinggi oleh penjualnya karena kelebihan tersebut.

Memiliki kaos kesayangan yang indah adalah suatu kebanggaan bagi pemiliknya tapi alangkah ruginya bila kaos tersebut tidak bertahan lama atau tidak awet karena kurangnya perawatan yang baik sehingga baru sebentar saja kaos kita sudah pudar warna serta rusaknya sablonan gambarnya. Untuk mencegah terjadinya hal-hal seperti itu maka di bawah ini saya rangkum beberapa cara merawat kaos agar awet sehingga dapat dipakai lebih lama.

1. Saat memiliki kaos baru usahakan jangan langsung dipakai tapi cucilah dahulu agar aroma zat kimia yang masih melekat pada serat kaos hilang, cara mencucinya berbeda dengan mencuci biasa, untuk kaos baru hanya direndam dengan sedikit deterjen lalu didiamkan sejenak kemudian dibilas tanpa disikat ataupun dikucek, hal ini dimaksudkan agar kaos masih dalam bentuknya.

2. Setelah kaos dicuci dan dibilas jemurlah kaos baru tersebut dengan posisi bagian luar tetap di luar(jangan dibalik), setelah kaos kering cepatlah diangkat dan disetrika sebentar dengan posisi dibalik, bagian yang disetrika adalah bagian dalam kaos, hal ini dimaksudkan untuk menghindari lengketnya setrika ke gambar yang disablon.

3. untuk selanjutnya setelah kaos mengalami beberapa kali pemakaian lakukanlah pencucian seperti biasa tetapi tetap harus memperhatikan hal-hal seperti di bawah ini:
  • Usahakan tidak mencuci kaos yang bersablon bersamaan dengan pakaian lain yang seratnya dapat terlepas karena dapat menempel pada kaos yang ikut dicuci bersamanya.
  • Saat mennyikat usahakan tidak menyikat bagian kaos yang bergambar(disablon) karena akan mengikis lapisan terluar sablon yang mengakibatkan rusaknya tekstur gambar tersebut.
  • saat menjemur janganlah membalikkan kaos, biarkan bagian luar kaos berada di luar dan bagian dalam tetap di dalam, hal ini dilakukan untuk mencegah sablonan lengket ke lapisan kaos yang lain karena saat kaos dijemur maka panas matahari akan membuat sablonan menjadi lengket. Bila anda takut warna kaos pudar karena tidak dibalik, janganlah terlalu lama menjemur kaos, bila kaos sudah kering angkatlah segera dansimpan di tempat teduh.
  • setrikalah kaos tapi jangan pada bagian gambar(yang disablon) dikhawatirkan setrika akan lengket pada ganbar tersebut. 
  • Janganlah menyetrika kaos yang belum kering benar karena akan mengeluarkan bau yang tidak sedap saat dipakai, 
Hal yang Saya jelaskan di atas adalah berdasarkan pengalaman saya di rumah yang sering terjadi sehari hari sehingga Saya membaginya untuk anda, mudah-mudahan ada manfaatnya.

1 Response to "CARA MERAWAT KAOS BERGAMBAR/SABLONAN"

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.