TIPS MERAWAT PERLENGKAPAN IBADAH SHALAT

Bagi kaum muslimin dan muslimat tentu tidak asing lagi dengan peralatan shalat karena peralatan tersebut selalu dipakai untuk beribadah minimal lima kali dalam sehari, kadang-kadang peralatan tersebut jarang terawat dengan baik padahal kalau kita merawatnya dengan baik maka perlengkapam sholat akan terjaga kebersihannya, dengan demikian kegiatan beribadahpun menjadi lebih khusyu. Bagaimakna kita dapat beribadah dengan tengang bila peralatan shalat yang dipakai bau dan kotor.

Perlengkapan ibadah menjadi kotor dan bau diakibatkan oleh keringat dan debu yang menempel selama berhari-hari akibatnya tumbuhlah jamur, selain mengeluarkan bau yang tidak sedap ternyata jamur dapat pula menjadi noda pada kain terutama kain yang berwarna putih polos seperti mukena dan baju koko.

Untuk lebih jelasnya mengenai tips merawat perlengkapan ibadah shalat silahkan baca penjelasannya di bawah ini:


Mukena,

Mukena adalah perlengkapan untuk ibadah shalat yang digunakan oleh wanita muslim  yang dapat menutupi seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan, kebanyakan mukena terdiri dari dua bagian yaitu bagian atas yang menutupi kepala , tangan dan pinggang sedangkan bagian yang lainnya menutupi perut sampai ujung kaki.

Perlengkapan shalat yang satu ini sangat mudah sekali terlihat kotor karena warnanya yang kebanyakan berwarna putih, bagian yang sering terlihat kotor adalah tutup kepala bagian dalam terutama yang bersentuhan dengan bagian wajah dan ubun-ubun. cara merewatnya adalah :
  • Cucilah segera bila sudah terlihat kotor minimal seminggu dua kali bila perlu tambahkan pewangi pakaian pada bilasan terakhir agar mukena selalu wangi saat dipakai. Bila noda pada mukena tidak hilang dengan cara dicuci biasa cobalah pakai pemutih agar mukena putih bersih seperti baru.
  • Saat proses perendaman oleh air yang bercampur deterjen janganlah dicampurkan dengan jenis pakaian lain karena dikhawatirkan akan mengkontaminasi warna mukena. Jadi sebelum mencuci pisahkanlah mukena dengan pakaian lain.
  • Rapihkan dengan cara melipat  agar pada saat akan dipakai mukena terlihat rapih dan tidak terlihat kusut.
  • Setelah digunakan simpanlah pada tempat yang terlindung dari debu dan kelembaban agar terhindar dari pertumbuhan jamur. 

Sejadah 

Sejadah adalah alat shalat yang dipakai untuk alas shalat  baik bagi perempuan ataupun laki-laki, alat yang satu ini digunakan agar terhindar dari nazis, bagian sejadah yang sering terkena kotor adalah bagian yang sering bersentuhan dengan bagian tubuh seperti: wajah, telapak tangan, dengkul, dan telapak kaki, maka dari itu bagian tersebut harus mendapat perhatian lebih saat proses pencucian.

Khusus untuk sejadah proses pencucian akan memakan waktu yang agak lama karena biasanya kotoran dan debu yang menempel lebih banyak sehingga perlu melewati beberapa kali proses pembilasan sampai air bilasan terakhir benar-benar bersih dari kotoran dan selanjutnya sejadahpund apat dijemur di terik sinar matahari.


Peci/kopiah

Alat shalat yang satu ini bentuknya mirip dengan topi tapi tidak memiliki tudung kepala, ada yang terbuat dari bahan beludru berwarna hitan dan kaku sedangkan peci yang lain terbuat dari kain biasa yang fleksibel.

Untuk peci yang terbuat dari bahan Beludru cara merawatnya sangatlah mudah yaitu:
  • Jemurlah di bawah sinar matahari dengan posisi terbalik yaitu bagian dalam menghadap ke atas, bagian inilah yang sering terkena keringat dan tempat tumbuhnya jamur, diharapkan dengan cara dijemur maka peci tidak lagi lembab dan dapat mengeringgkan bagian-bagian yang lembab sehingga dapat mencegah tumbuhnya jamur.
  • Bau yang terdapat pada peci adalah akibat dari menempelnya keringat pada dinding bagian dalam peci sehingga jamur dapat tumbuh subur di sana, untuk menghilangkan bau tersebut berilah pewangi non 4lk0h0l ke dalam peci atau gunakan kapur barus untuk menghilangkan bau pada peci.
  • Janganlah sekalipun mencuci peci dengan air atau pemutih pakaian karena akan menyebabkan karton yang berfungsi membuat kaku peci hancur karena terendam air yang akibatnya peci tidak dapt berdiri tegak saat dipakain sedangkan pemutih pakaian akan melepaskan beludru pada lapisan terluar peci.

Kain Sarung

Kain sarung adalah perlengkapan ibadah untuk kaum adam, berfungsi untuk menutupi bagian atas badan sampai mata kaki. perawatan kain sarung sangatlah mudah yaitu sama dengan cara mencuci kain biasa yaitu dengan cara direndam dalam air yang bercampur deterjen untuk kemudian disuci dan dibilas. setelah dicuci Lipatlah sarung dengan rapi dan letakkan di tempat yang kering/tidak lembab.

2 Responses to "TIPS MERAWAT PERLENGKAPAN IBADAH SHALAT"

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.