CARA MEMBERSIHKAN NODA KERAMIK, TOILET, LOGAM TEMBAGA

Cara membersihkan noda pada dinding keramik dan toilet kamar mandi

Kadang-kadang kita sering kesal bila tolilet dan keramik kamar mandi kotor oleh noda dari air sisa cucian dan sisa bekas sabun mandi  yang susah dibersihkan walaupun dengan bahan dan cara apapun namun tetap saja noda atau kotoran tersebut tidak dapat hilang. Mungkin noda yang membandel tersebut adalah akibat dari kita juga yang jarang membersihkan kamar mandi, padahal kalau kita merawatnya dengan rajin dan benar maka tidak akan ada noda membandel yang menempel (untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel Saya yang berjudul: "tips merawat kamar mandi").

Sisa kotoran yang menempel pada dinding keramik ataupun toilet yang tidak segera dibersihkan akan menempel kuat pada permukaan keramik dan toilet. ada cara mudah untuk membersihkan noda tersebut yaitu dengan membuat bahan pembersih buatan sendiri di rumah yang bahan-bahannya ada si sekitar rumah, yaitu:

Bahan-bahan: 
  • Abu gosok (abu sisa pembakaran jerami batang padi)
  • sabun cuci piring
  • air 
Cara membuat:
Siapkan wadah berukuran sedang kemudian diisi dengan segenggam abu gosok, cairan pencuci piring, dan sedikit air lalu diaduk hingga semuanya bercamnpur dengan sempurna. Perlu diingat bahwa air yang ditambahkan sedikit saja jangan sampai terlalu banyak karena akan membuat encer bahan pembersih buatan.

Cara membersihkan:
  1. Ambillah sedikit bahan pembersih buatan memakai spon kasar lalu gosokkan ke permukaan tolilet atau kramik yang kotor dengan noda membandel.
  2. Bila bahan pembersih buatan pada spon telah habis tetapi noda belum hilang semua maka dapat ditambahkan lagi bahan pembersih buatan ke spon kasar untuk digosokkan lagi ke permukaan yang kotor.
  3. Untuk membersihkan noda yang membandel harus dilakukan penggosokkan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Cara membersihkan alat masak yang terbuat dari tembaga
Alat masak yang dimaksud di sini adalah alat masak tradisional yang yang biasa dimasak di atas tungku api yang berbahan bakar kayu bakar, contoh alat masak tersebut adalah dandang tradisional yang terbuat dari tembaga, tips ini Saya dapatkan dari Ibu Saya di kampung yang kebetulan masih suka memasak dengan alat masak tersebut, biasanya alat tersebut dipakai pada saat diadakannya perayaan hari-hari besar atau pada saat persediaan gas habis. Sebelum dilakukan pembersihan maka harus disiapkan dulu bahan pembersihnya yang akan Saya paparkan di bawah ini.

Bahan-bahan:
  • Tiga sampai lima buah Asam jawa  
  • Beberapa helai daun bambu yang masih hijau    
  • air
Cara membuat:
Campurkan daun bambu, asam jawa, dan sedikit air lalu diremas-remas dengan tangan sampai semuanya bercampur.

Cara membersihkan:
Gosokkan ketiga bahan tersebut pada bagian terluar dandang terutama yang sering terkena api, dengan begitu maka dandang akan bersih seperti baru.

Perpaduan asam jawa, air, dan daun bambu hijau bermanfaat untuk membersihkan dandang yang terbuat dari tembaga tetapi untuk logam lain belum tentu bisa.

Post a Comment for "CARA MEMBERSIHKAN NODA KERAMIK, TOILET, LOGAM TEMBAGA"