FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB CEPAT MELUASNYA KEBAKARAN DI SUATU WILAYAH

Posting Saya kali ini adalah sebagai lanjutan artikel Saya sebelumnya yang berjudul "Hal-hal yang menjadi penyebab kebakaran di rumah", dan untuk judul yang diambil untuk saat ini adalah "faktor-faktor penyebab cepat meluasnya kebakaran di suatu wilayah" . mungkin diantara pembaca sudah ada yang mengetetahuinya, namun demikian tidak ada salahnya bila Saya membagikannya untuk anda yang belum mengetahuinya, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini dapat menjadi bahan renungan bagi kita agar di kemudian hari kebakaran dapat dicegah sedini mungkin.

Semua yang saya ceritakan di sini adalah hasil evaluasis dari berbagai kasus kebakaran yang terjadi di Indonesia. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikelnya di bawah ini.

1. Kepadatan rumah
Semakin padat rumah-rumah di suatu wilayah maka akan mempercepat merambatnya api dari suatu bangunan ke bangunan lain, sering kita lihat di televisi berita tentang kebakaran, ada sebagian orang yang merubuhkan bangunan yang berdekatan dengan rumah lain yang yang sudah terbakar dengan maksud agar api tidak menyebar ke rumah yang lainnya, itu suatu bukti bahwa kepadatan rumah yang ditandai dengan letak antar rumah yang berdempetan/saling menempel adalah salah satu penyebab dapat meluasnya kebakaran dari satu rumah ke rumah lainnya.

2,Bahan bangunan
Kita semua tahu bahwa api sangat mudah sekali membakar bahan-bahan seperti: kayu, kertas, plastik, cairan yang mudah terbakar, dan bahan lainnya yang mudah sekali terbakar. bila di suatu wilayah yang terjadi kebakaran terdapat bahan-bahan seperti yang disebutkan di atas, maka dapat dipastikan api dengan cepat dapat merambat dan meluas.

3. Cuaca
Cuaca pada musim kemarau yang panas dan kering yang diikuti dengan hembusan angin adalah salah satu faktor penyebab cepat meluasnya wilayah yang terbakar, pada saat kemarau barang-barang yang mudah terbakar dalam keadaan kering, tentu saja hal ini semakin mempercepat  proses terbakarnya barang-barang tersebut. Angin yang bertiup kencang ke wilayah yang terjadi kebakaran akan membuat api semakin besar, hal tersebut terjadi karena salah satu faktor terjadinya api adalah oksigen/udara, tanpa adanya oksigen maka api tidak akan terjadi, oleh sebab itu semakin besar oksigen/udara yang bergerak menuju titik api maka semakin besar pula api tersebut. Meski demikian kebakaranpun dapat terjadi pada musim hujan  namun tidak secepat dan sebesar saat terjadi pada musim kemarau.

4. Akses jalan
Untuk memadamkan api di suatu wilayah tidak cukup menggunakan peralatan seadanya yang sederhana yang dimiliki oleh masyarakat sekitar tempat kejadian kebakaran tetapi harus dibantu dengan peralatan yang memadai yang dimiliki oleh petugas pemadam kebakaran, Tapi peralatan yang dimiliki oleh petugas damkar diangkut dengan kendaraan khusus yang berukuran besar yang tidak akan sampai ke tujuan bila akses jalan yang menuju titik kebakaran tidak memadaim meskipun pemadam memiliki selang pemadam yang panjang tapi tetap saja ada batasnya.

5. Jarak yang jauh antara pos pemadam kebakaran dengan tempat kejadian kebakaran
Api adalah suatu yang memiliki daya bakar luar biasa, dengan hitungan detik saja dapat melalap habis suatu bangunan, oleh karena itu waktu adalah segalanya. bila jarak antara pos pemadam kebakaran dengan tempat kejadian terpaut jauh maka apipun dengan cepat melebar sebelum petugas datang. oleh sebab itu mobil-mobil pemadam kebakaran yang melaju di jalan mendapat prioritas utama karena mereka mengejar waktu untuk dapat datang secepatnya ke tempat kejadian agar api tidak meluas ke wilayah lain dan banyaknya yawa yang tertolong.

6. Situasi lalu lintas
Meski mobil petugas pemadam kebakaran selau mendapat prioritas paling utama di jalan raya tetapi tetap saja kalau kondisi di jalanan macet maka mobil damkarpun kesulitan untuk untuk dapat sampai dengan cepat ke tempat terjadinya kebakaran, maka dapat dibayangkan bila petugas damkar telat datang ke lokasi kebakaran maka apipun dengan leluasa dapat meluas dan melebar.

Demikianlah ulasan dari Saya tentang beberapa faktor penyebab cepatnta meluasnya kebakaran di suatu wilayah, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua.

0 Response to "FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB CEPAT MELUASNYA KEBAKARAN DI SUATU WILAYAH"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.