TIPS MENGATASI SEPATU YANG TIDAK NYAMAN DIPAKAI

Sepatu adalah salah satu pelengkap asesoris yang digunakan pada kaki yang berfungsi memperindah penampilan dan melindungi kaki dari benda asing yang beresiko melukai kaki. Terdapat berbagai macam dan bentuk sepatu yang indah yang belum tentu baik dan nyaman saat dipakai, padahal kenyamanan saat memakai sepatu adalah yang diharapkan oleh kita. karena akan berpengaruh pada kesehatan kulit, tulang, dan anggota tubuh yang lainnya.


Sepatu tanpa hak (rata)

Akibat pada kesehatan: jenis sepatu ini tidak dilengkapi bantalan yang memadai atau tanpa adanya pendukung telapak kaki, dengan memakai sepatu rata akan menyebabkan sakit pada tumit yang disebut 'plantar fasciitis' dan dapat menyebabkan kaku pada otot (achilles).

Cara mengatasi:
  • Hindari berjalan dengan jarak yang jauh saat memakai sepatu jenis ini.
  • Tambahkan bantalan pada kaki sesuai bentuk telapak kaki.
  • Pilih sepatu yang bertumit rata dengan tinggi tidak lebih dari satu inci agar tekanan pada punggung kaki berkurang.

Sepatu sandal

 Akibat pada kesehatan: meskipun sepatu sandal membuat kaki bergerak bebas secara alami tetapi otot pada kaki yang dipakai untuk mencengkram sepatu menimbulkan kekakuan pada telapak kaki.

Cara mengatasi: 
  • Pilihlah jenis sepatu sandal yang nyaman saat dipakai, yaitu sepatu sandal yang memiliki tali pengikat yang sesuai dengan jari telunjuk kaki anda.
  • Aturlah kekencangan tali pengikat dengan benar untuk menghindari rasa sakit atau lecet saat dipakai.

Sepatu dengan tumit tinggi(ber hak tinggi)

 Akibat pada kesehatan: saat memakai sepatu berhak tinggi maka tumit akan mengangkat berat badan ke depan sehingga lutut dipaksa untuk bekerja ekstra. Hal tersebut dapat menimbulkan kelelahan pada tulang rawan yang merupakan faktor pendukung penyakit osteoarthritis. Selain lutut dan tulang rawan ternyata ujung jari mendapat tekanan yang paling berat sehingga lambat laun akan menimbulkan rasa sakit.

Cara mengatasi:
  • Pilihlah sepatu yang bertumit rendah.
  • Bila anda terlanjur suka dengan sepatu bertumit tinggi maka usahakkanlah tidak memakainya selama berjam-jam, tapi bila anda seseorang yang sangat terpaksa untuk memakainya maka tambahkanlah bantalan pada telapat kaki.

Sepatu dengan ujung runcing

Akibat pada kesehatan: Model sepatu ini memaksa jari-jari kaki saling berdempetan dan hal tersebut mengakibatkan masing-masing kuku jari kaki tertekan ke dalam yang disebut dengan 'hammertoe'. dengan seringnya pemakaian sepatu berujung runcing maka akan menimbulkan pembengkakan pada ibu jari dan penebalan pada kulit jari kaki yang disebut 'kapalan.'.

Cara mengatasi:
  • Pilihlah sepatu yang ujungnya lebar untuk memberi ruang bagi jari-jari kaki.
  • Saat membeli sepatu carilah waktu pada sore hari karena saat itu kaki sedang dalam ukuran maksimal(mengembang) sehingga kita yakin membeli sepatu yang ukurannya tepat dengan ukuran kaki kita.

Sepatu pantofel

Akibat pada kesehatan: Sepatu pantofel bertumit tinggi beresiko memberi tekanan pada lutut, jari kaki dan tulang rawan, sama halnya dengan sepatu bertumit tinggi.

Cara mengatasi: Pilihlah jenis sepatu yang memiliki telapak yang padat dan bertumit rendah untuk menyelaraskan gerakan kaki yang akan berpengaruh pada berat badan.

0 Response to "TIPS MENGATASI SEPATU YANG TIDAK NYAMAN DIPAKAI"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.