CARA MEMPERBAIKI FITTING LAMPU

Ada saatnya lampu yang terpasang pada fitting lampu mengalami beberapa masalah seperti: nyala lampu yamg tidak stabil(berkedip), lampu tiba-tiba mati padahal kondisi lampu masih baik bila dicoba pada fitting lampu yang lain,dan melelehnya fitting lampu.

Masalah-masalah seperti itu dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya: ulir lampu yamg tidak terpasang dengan baik pada ulir fitting yang mengakibatkan tidak terjadinya koneksi yang baik antara lampu dan fittingnya sehingga yang terjadi hanyalah ngefong 


Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara:
  1. Matikan MCB dan sakelar lampu.
  2. Lepaskan lampu dari fitting lampu.
  3. Gunakan obeng minus untuk mencongkel plat yang ada di bagian terdalam fitting lampu sampai plat itu agak renggang dari badan fitting.
  4. Pada saat mencongkel lakukanlah dengan hati-hati agar plat tidak patah saat dicongkel.
  5. pasang kembali lampu pada fittingnya lalu nyalakan MCB berikut sakelar lampu.
  6. Bila lampu menyala normal maka perbaikan fitting lampu berhasil tapi bila lampu tidak menyala ada kemungkinan kabel yang terpasang pada konektor fitting lampu putus, cobalah untuk melepaskan fitting lampu dari tempatnya kemudian periksa perkabelan yang ada di balik fitting lampu mungkin saja kabel tidak terpasang baik pada konektornya.

8 Responses to "CARA MEMPERBAIKI FITTING LAMPU"

  1. mau nanya nih mas.. klo lampu kadang2 terdengar suara kresek-kresek saat nyala.. itu kenapa ya.. apa krn kendor saat pemasangan kabel di fittingnya??

    ReplyDelete
  2. mungkin memang kabel pada fittingnya yang longgar atau ujung lampu yang menempel pada plat fitting kurang pas, dibuka aja pa fittingnya biar jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo plat sdh dicongkel, arus apinya ada tapi lampu hanya berkedip sekali sat saklar ditekan "ON" kenapa ya ?

      Delete
    2. coba diperiksa sakelarnya, mungkin kurang konek

      Delete
  3. Kalo lampunya nyala terus padahalsaklar udah dalam keadaan off itu gimana ya?

    ReplyDelete
  4. selamat pagi, saya punya lampu gantung yg baru aja konsleting,mcb turun dan fitting nya agak gosong akibat bohlamnya terbakar..setelah saya ganti bohlamnya kok tidak mau menyala lg ya,padahal fitting nya sudah saya otak-atik dan dibersihkan dari gosong yang menempel pada plat nya..mohon sarannya..trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bapa periksa kabel yang menempel pada fitting lampu dan kabel yang menempel pada sakelar untuk lampu tersebut. mungkin saja dari situ masalahnya.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.