SATU SAKLAR UNTUK TIGA LAMPU

Kali ini Saya akan membahas mengenai salah satu  rangkaian instalasi listrik sederhana yaitu "satu saklar untuk tiga lampu", rangkaian ini adalah sebagai pelengkap dari artikel Saya sebelumnya yang ada di label "instalasi listrik", semoga rangkaian ini dapat membantu anda yang ingin belajar tentang instalasi listrik atau ingin memasang sendiri saklar dan lampu di rumah, untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Menggunakan satu saklar untuk menyalakan dan mematikan beberapa lampu sekaligus adalah salah satu cara yang praktis dalam sebuah rangkaian, rangkaian ini berguna untuk dipakai pada sebuah ruangan yang luas seperti aula, rumah ibadat, atau gedung pertemuan, tetapi tidak menutup kemungkinan dipasang juga pada ruang keluarga. Prinsip dari rangkaian ini adalah untuk mematikan semua lampu oleh sati saklar saja.

Pada posting kali ini Saya hanya akan memberikan contoh cara membuat rangkaian instalasi listrik satu saklar untuk tiga buah lampu saja, bila anda ingin menggunakan lebih dari tiga lampu maka tinggal menyambungnya saja dari salah satu lampu yang sudah disaklar. Untuk keterangan yang lebih lengkap silahkan dipelajari gambar rangkaian beserta keterangannya.

Peralatan:
  • tang kombinasi
  • obeng plus
  • tang monyong / tang buaya
Bahan-bahan:
  • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm dengan panjang disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Isolasi khusus untuk kabel listrik
  • Tiga buah fitting lampu
  • Saklar tunggal
gambar rangkaian instalasi listrik satu saklar tiga lampu

Keterangan gambar:
  • + : kabel positif dari jalur utama instalasi listrik
  • - : Kabel negatif dari jalur utama instalasi listrik
  • G : Kabel grounding 
  • S : Saklar tunggal
  • L1,L2,L3 : Lampu

Cara merangkai
  1. Untuk menghindari bahaya terkena setrum sebaiknya MCB dimatikan dahulu.
  2. Hubungkan kabel positif dari jalur utama instalasi listrik dengan salah satu konektor saklar menggunakn kabel berwarna hitam,
  3. Gabungkan salah satu konektor dari masing-masing fitting lampu menggunakan kabel berwarna hitam kemudian sambungkan dengan konektor saklar yang belum disambung ke mana-mana.
  4. Sambungkan ketiga konektor fitting lampu (yang belum disambung kemana-mana ke kabel negatis jalur utama instalasi listrik).
  5. Tutup semua sambungan menggunakan isolasi agar terhindar dari hubungan pendek atau konsleting.
Apabila rangkaian sudah terpasang maka cek ulang kembali apakah semua sambungan sudah benar, bila sudah benar maka saatnya mencoba, pasang lampu pada ketiga fittinglalu nyalakan MCB, cobalah memainkan saklar apakah ketiga lampu sudah dapat dikontrol dengan satu saklar? bila sudah maka pembuatan rangkaian berhasil.

(*Pada gambar rangkaian di atas terdapat kabel grounding yang tidak terpakai karena kabel tersebut umumnya dipasang pada stopkontak, Saya hanya melengkapi saja agar para pembaca tahu bahwa selain kabel negatif dan positif ada juga kabel grounding/arde)

3 Responses to "SATU SAKLAR UNTUK TIGA LAMPU"

  1. Selamat sore...mau tanya Pak. Kebetulan lampu di rumah saya mau saya tambah jumlah lampunya. Kondisi yg sekarang adalah 1 lampu dlm satu saklar. Kalo saya tambah lampunya menjadi 3 lampu dlm satu saklar..apakah boleh langsung disambung pada ujung kabel (setelah lampu lama dilepas) dipasang dgn tedus dulu, lalu dari tedus disambungkan kabel dari masing2 lampu yg 3 buah tadi. Tks. Mhn penjelsan Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sore,
      ya boleh, itu sambungannya paralel. seperti gambar di atas saja.

      Delete
  2. pak kalo rangkaian saklar seri bisa 3 lampu gk ?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.