Home » , » INSTALASI LISTRIK KWH METER DAN MCB

INSTALASI LISTRIK KWH METER DAN MCB

Aliran listrik yang masuk ke rumah kita berasal dari kabel PLN yang masuk melewati KWH meter dan MCB dengan urutan-urutan sebagai berikut:
  1. Pertama-tama dua buah kabel hitam(kabel twis) dari tiang listrik disekitar rumah akan dibentangkan ke rumah kita, dua kabel itu terdiri dari kabel fasa/positip/setrum dan kabel netral/negatip
  2. Kabel fasa akan disambungkan ke input KWH meter kemudian akan disambungkan ke input MCB, dari MCB kabel fasa akan masuk ke dalam rumah berupa kabel NYM berwarna hitam(umumnya) ukuran 2,5mm untuk selanjutnya dapat digunakan oleh kita/konsumen.
  3. Kabel netral atau negatip dari PLN akan tersambung ke terminal KWH meter kemudian akan masuk ke rumah untuk dapat digunakan.
  4. Selain dua buah kabel yang datang dari PLN ada juga kabel yang khusus dipasang sebagai grounding/arde, kabel ini terhubung langsung ke tanah/bumi dengan cara menanamkan pipa besi ke dalam tanah dengan kedalaman tertentu untuk kemudian akan dihubungkan dengan kabel NYM yang berwarna kuning, kabel ini akan dihubungkan pada setiap terminal stopkontak.
  5. fungsi kabel grounding/arde adalah untuk menghilangkan strum kecil yang biasanya terdapat pada badan alat elektronik seperti kulkas,komputer dll. Selain itu grounding berfungsi untuk membuang arus liar yang dapat menimbulkan percikan api pada stopkontak. 


Artikel Terkait:

4 komentar:

  1. Ketika fasa sumber dilepas atau tidak dipasang pada kwh meter, apa kwh meter tetap berputar atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya tidak berputar karena tidak ada listrik yang masuk ke KWH meter.

      Delete
  2. pak mau tanya, misalkan saya mau pasang mcb (kabel positif)di pintu kamar , nanti kalau ada konsleting listrik di kamar saya ....apakah mcb yang saya pasang tadi ikut mati (off)....saya tunggu jawabannya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja asalkan ukuran (ampere) MCB yang ada di kamartersebut lebih kecil dari MCB utama.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.