CARA MENYAMBUNG/MELILIT KABEL SERABUT

Posting saya kali ini adalah kelanjutan dari postingan Saya sebelumnya yaitu tentang cara menyambung kabel listrik tunggal, dikarenakan banyaknya saya jumpai sambungan kabel serabut yang tidak memenuhi syarat keamanan, apalagi untuk sambungan kabel listrik pada alat-alat elektronik sangat beresiko konslet yang mengakibatkan kebakaran. Untuk menghindari akibat negatip dari kesalahan saat menyambung kabel serabut, di bawah ini saya rangkum beberapa pedoman untuk keamanan dan keselamatannya yaitu:
  • Kabel serabut yang disambung harus benar-benar kuat agar tidak mudah lepas saaat tertarik, untuk memperkuat sambungan kabel serabut sebaiknya setelah kabel disambung diikuti dengan menyoldernya dengan timah, bila tidak disolder dapat juga dengnan mmbuat simpul sambungan yang kuat.
  • Tutuplah kabel yang disambung menggunakan lasdop yang umum dijual di pasaran atau bisa menutupnya menggunakan isolasi khusus untuk kabel listrik yang tehan terhadap cuaca dan api.
  • Untuk sambungan dua kabel yang saling berdekatan diusahakan ada jarak di antara kedua sambungan tersebut agar terhindar dari hubungan pendek atau konsleting.

Cara menyambung kabel serabut yang aman:

Gambar
1. Kupaslah kedua ujung kabel yang akan disambung kemudian pilin serabut tembaga hingga menjadi satu.

2. Dekatkan kedua ujung kabel dengan posisi saling silang (gambar1)






Gambar
3. Pilin kedua kabel kira-kira dua atau tiga putaran(gambar 2).









Gambar 3
4. Lipat kedua ujung kabel ke arah bawah (gambar3).









Gambar 4
5. Pilin kedua ujung kabel yang telah terlipat ke bawah sebanyak dua atau tiga putaran(gambar 4).








Gambar 5
6. Lilitkan masing-masing sisa ujung kabel ke arah kiri dan kanan, usahakan tidak ada tontolan karena tonjolan kabel dapat merobek isolasi(gambar 5).







Gambar 6
7. Tutuplah sambungan dengan isolasi sampai tidak terlihat lagi sambungan kabel yang terbuka(gambar 6).








Gambar 7
8. Untuk sambungan kabel yang berdekatan maka letak sambungan kabelnya diusahakan saling berjauhan(gambar 7)

1 Response to "CARA MENYAMBUNG/MELILIT KABEL SERABUT"

  1. terima kasih banyak atas postingan nya , sangat membantu

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.