Home » , » JENIS dan FUNGSI KABEL LISTRIK DI RUMAH

JENIS dan FUNGSI KABEL LISTRIK DI RUMAH

Sebelum kita memasang listrik di rumah sebaiknya mengetahui jenis dan fungsinya, Jenis Kabel yang umun dipakai pada instalasi listrik di rumah adalah: NYA, NYM, NYY.


Kabel NYA,
gambar kabel NYAAdalah jenis kabel tunggal yang dilapisi plastik PVC, kabel ini biasa digunakan  untuk pemakaian instalasi listrik dalam rumah (indoor), lapisan terluar kabel ini mudah terkelupas maka dari itu saat pemasangan  sebaiknya  dimasukkan ke dalam pipa besi/plastik agar terlindung dari kerusakan.

Kabel NYM,
Gambar kabel NYMAdalah jenis kabel tunggal yang terdiri dari dua atau tiga kabel NYA yang bagian terluarnya dibungkus dengan plastik PVC berwarna putih lentur tapi kuat dan dilanjutkan dengan lapisan kedua yaitu PVC yang berwarna  hitam dan masing-masing kabelnya terlindung dengan bahan isolator yang kuat. Jenis kabel ini cukup kuat karena dilapis oleh beberapa bahan isolator, pemasangannya cukup dengan paku klem yang ditancapkan ke kayu plapon dengan jarak antar klem 50cm, pemakaiannya untuk di bagian dalam rumah (indoor) biasanya dipasang pada jalur utama dan percabangan instalasi listrik.

Kabel NYY,
Gambar kabel NYYAdalah jenis kabel yang mirip dengan kabel NYM tapi lebih kuat, berwarna hitam dan isinya terdiri dari tiga buah kabel yaitu: hitam, biru, dan kuning. Karena kekuatannya ini maka biasa dipakai untuk instalasi listrik  di luar rumah seperti pada lampu taman atau lampu penerangan jalan


Jenis kabel listrik yang dipakai selain di rumah 
  • Kabel NYAF, Kabel ini terdiri dari kabel serabut yang fleksibel, terbungkus oleh isolator berbahan PVC, digunakan untuk instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibilitas yang tinggi.
  • Kabel NYFGBY, adalah salah satu jenis kabel yang sangat kuat, umumnya dipasang pada instalasi bawah tanah, di dalam ruangan, di dalam pipa-pipa dan permukaan tanah, karena kekuatannya maka kabel ini digunakan sebagai perlindungan dari gangguan secara langsung  atau untuk beban yang sangat tinggi selama disambung dan dijalankan.
  • Kabel ACSR, yaitu kawat penghantar yang terdiri alumunium beremail kawat baja dan digunakan pada saluran transmisi SUTET, dipasang pada tiang-tiang yang jaraknya saling berjauhan.
  • Kabel AAAC, Terbuat dari bahan campuran logam yang terdiri dari: alumunium, magnesium, dan silikon oleh karena itu jenis kabel ini mempunyai daya isolator/hantar listrik yang sangat baik, kuat, dan tahan karat.  
  • Kabel ACAR, adalah kawat penghantar dari jenis alumunium yang dicampur dengan logam lain sehingga lebih kuat.

Tips memilih kabel listrik
  • Pilihlah kabel sesuai kebutuhan yanitu dari segi ukuran panjang dan ukuran diameter kabel.
  • Pilihlah kabel yang lapisan isolatornya( PVC) sangat kuat, minimal lapisan PVC tidak dapat dikupas menggunakan kuku jari dan diharapkan tahan oleh gigitan gigi tikus.
  • utamakan kabel yang bagian kawat dalamnya berwarna cerah mengkilat dan tidak kotor atau tertutup oleh jamur (ciri kabel berjamur adalah terdapatnya bintik-bintik hijau  dan biru pada kawat di dalamnya) karena kabel yang berjamur atau kotor akan sulit untuk terkoneksi baik dengan sesama kabel atau dengan konektor kabel.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.