CARA MENYAMBUNG/MELILIT KABEL TUNGGAL

Cara penyambungan kabel ada bermacam-macam bentuk dan kegunaan, untuk posting kali ini saya hanya akan menjelaskan cara menyambung kabel khusus untuk kabel tunggal seperti kabel NGA atau NYM, karena kabel jenis inilah yang banyak digunakan pada instalasi listrik rumah tangga. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak cara-caranya di bawah ini:
simpul ekor babi
Simpul ekor babi

 1. Sambungan ekor babi, sambungan ekor babi adalah cara menyambung dua atau beberapa kabel tunggal biasanya terdapat pada sambungan kabel yang berada dalam tedus,keunggulan tekhnik ini adalah dapat digunakan lebih dari dua kabel, mudah saat dilakukan penambahan sambungan kabel lagi,dan memudahkan dalam proses pembukaan simpul bila suatu saat akan dibuka untuk sebuah perawatan. cara membuatnya adalah dengan:
dekatkan kedua ujung kabel yang telah dikupas isolatornya(pembungkus kabel) sampai berkedudukan sejajar.
jepit kedua ujung kabel menggunakan tang kumbinasi lalu putarlah tang dengan satu arah putaran sampai kedua ujung kabel saling melilit.

simpul kabel ekor babi
Simpul salaman

 2. Sambungan jabat tangan, adalah cara menyambung kabel hanya untuk dua buah kabel tunggal dalam satu garis lurus, sambungan ini dilakukan pada kabel yang akan diperpanjang sehingga butuh disambung untuk mencukupi kebutuhan pemasangan. cara menyambungnya adalah:
  • dekatkan kedua ujung kabel yang telah dikupas isolatornya(kulit kabel)sampai keduanya saling melewati
  • jepit kedua ujung kabel memakai tang kombinasi kemudian putar kedua tang secara bersamaan sampai kedua kabel saling melilit
  • lilitkan sisa ujung kabel yang belum melilit ke kabel pasangannya untuk memperkuat simpul

Post a Comment for "CARA MENYAMBUNG/MELILIT KABEL TUNGGAL"