BROSTEL(CARBON BRUSH) DAN NGEFONG

BROSTEL(CARBON BRUSH) 

Adalah suatu benda yang bersifat konduktor(penghantar listrik) yang secara fisik mirip arang yang berwarna hitam, benda ini umumnya berukuran kecil digunakan sebagai penghubung aliran listrik dari sumber ke motor listrik, semua motor listrik menggunakan benda ini sebagai penghubung listrik ke lilitan/spull yang ada pada rotor agar dapat berputar.

Pada suatu saat brostel ini dapat habis akibat seringnya bergesekan dengan rotor yang bergerak yang ditandai dengan tersendat-sendatnya laju perputaran motor listrik yang umumnya disebut ngefong, bahkan sampai tidak berfungsinya motor listrik.


NGEFONG

Adalah peristiwa percikan bunga api listrik yang terjadi akibat dua buah konduktor penghantar arus listrik  tidak berkontak dengan baik akibat:
  • Kedua konduktor yang kotor tertutup debu atau karat, 
  • Adanya spasi diantara kedua konduktor atau kabel
  • komponen pendukung konduktor seperti kabel dan baud yang kendor
Sehingga berada pada kondisi antara terhubung dan tidak terhubung, Jika ada arus listrik yang mengalir maka akan terjadi loncatan medan listrik yang besarnya tergantung dari besar aliran arus listrik tersebut, semakin besar arus listrik yang mengalir maka semakin besarlah loncatan medan listrik, yang akan terlihat seperti parabola api yang mirip dengan kejadian loncatnya api pada busi motor atau mobil.

0 Response to "BROSTEL(CARBON BRUSH) DAN NGEFONG"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.