TIPS MERAWAT MESIN CUCI

Mesin cuci sudah menjadi peralatan rumah tangga yang umum digunakan oleh masyarakat karena kegunaannya yang dapat meringankan pekerjaan, Mesin cuci di setiap rumah hampir setiap hari digunakan oleh karena itu selayaknyalah mendapat perhatian dalam hal perawatannya agar selalu dalam keadaan siap pakai dan berumur panjan yang tentu saja keadaaan tersebut harus dipertahankan karena bila peralatan elektronik mengalami kerusakan maka akan dibutuhkan biaya yang cukup besar bahkan bila kerusakannya serius harus diganti secara keseluruhan.

Untuk menjada mesin cuci agar awaet dan tahan lama Maka diperlukan suatu penanganan atau pencegahan kerusakan saat kita pertama kali memilikinya. Maka dari itulah pada postingan kali ini Saya akan berbagi pengalaman dalam hal merawat mesin cuci ini.
  • letakkan mesin cuci lebih tinggi kira-kira 10cm dari lantai untuk melancarkan aliran air dari selang pembuangan.
  • dekatkan mesin cuci dengan saluran pembuangan air atau dekatkan dengan pintu kamar mandi untuk memudahkan saat membuang air bekas mencuci dan proses pengeringan.
  • Pasanglah keran air dekat dengan mesin cuci untuk memudahkan penyaluran air bersih ke dalam tabung pencucian.
  • Pasanglah stopkontak berarde/grounding dekat mesin cuci tapi tertindar dari aktifitas mencuci dan air.
  • Pastikan kabel penghubung ke stopkontak terlepas dari stopkontak saat mesin cuci sedang tidak digunakan.
  • Letakkan ujung selang pembuangan air ke pengait yang ada di pinggir kiri atau kanan badan mesin cuci saat mesin cuci tidak sedang digunakan.
  • bersihkan dan keringkan badan mesin cuci dan bagian dalam tabung  setelah anda selesai menggunakan mesin cuci.
  • Mencuci tidak melebihi batas kemampuan mesin, jangan memaksa mesin untuk mencuci sejumlah pakaian yang sangat banyak dan berat dalam sekali cuci karena akan mengurangi daya kerja motor penggerak yang bisa mengakibatkan rusaknya mesin (lebih baik dicicil sedikit demi sedikit)
  • Amankan kabel penghubung listrik agar tidak terjepit badan mesin cuci yang akan mengakibatkan putusnya kabel penghubung.
  • Usahakan agar tikus tidak bebas berkeliaran di dekat mesin cuci karena tikus hewan yang paling rajin mengasah giginya pada benda apapun termasuk kabel penghubung dan kabel yang ada di dalam mesin cuci.
  • Meskipun mesin cuci diproduksi untuk mencuci dengan air tapi janganlah menyimpan mesin cuci di dalam kamar mandi, ruangan kamar mandi adalah lembab dan sering kali terjadi percikan air yang akan membuat komponen logam yang ada di dalam mesin cuci akan mengalami karat selain itu air adalah salah satu jenis penghantar listrik(konduktor) maka apabila air mengenai listrik yang ada di dalam mesin akan mengalir ke seluruh tempat di kamar mandi yang membahayakan saat kita berada di dalam kamar mandi.

Post a Comment for "TIPS MERAWAT MESIN CUCI"