21 December 2012

MCB (miniature circuit breaker)

MCB
MCB(miniature circuit breaker) Adalah alat pemutus aliran listrik Dari PLN Ke Konsumen yang dipasang setelah KWH meter bila terjadi hubungan pendek(konsleting) atau pemakaian berlebih dari kemapuan MCB.

Saat terjadi hubungan pendek atau pemakaian beban listrik melebihi kemampuan MCB maka keping bimetal yang berada dalam Kotak MCB akan memanas melewati batas toleransi maka kedua kepingnya akan saling menjauh mengakibatkan terputusnya aliran listrik yang melewatinya, pada saaat itu keping yang saling menjauh akan menekan tuas sakelar MCB ke posisi Off, Oleh karena itu bila MCB mati sendiri karena pemakaian listrik berlebih maka tidak akan bisa langsung dihidupkan harus menunggu beberapa saat sampai kedua kepingnya dingin kemudian barulah Tuas MCB dapat diatur kembali ke posisi on.

Arti kelebihan beban listrik adalah pemakain listrik di rumah melebihi daya yang diberikan oleh PLN atas permohonan konsumen.Misalnya bila listrik kita dibatasi hanya 900watt tetapi pemakaian listrik lebih dari itu.


Tiga fungsi atau manfaat MCB :

1. Sebagai sakelar, Kita dapat menghidupkan atau mematikan aliran listrik di rumah dengan merubah posisi tombol MCB "On" atau "Off".

2. Sebagai pengaman, Bila terjadi hubungan pendek(konskleting) maka secara otomatis MCB akan memutus aliran listrik ke rumah kita agar terhindar adari bahaya kebakaran.

3. Sebagai pembatas, membatasi pemakaian daya listrik sesuai pengajuan kunsumen yang disetujui oleh PLN.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.