CARA MENGGANTI FITTING LAMPU

Alasan orang mengganti fitting lampu dikarenakan fitting lampu yang lama sudah rusak akibat pecah atau meleleh oleh panasnya lampu atau hanya ingin mengganti model fitting lama dengan model yang baru yang tentunya sesuai dengan selera kita. artikel ini membahas cara mengganti fitting lampu fitting lampu yang terpasang pada langit-langit rumah dan hanya sebagai contoh saja,mungkin ada juga fitting lampu yang terpasang pada tempat lain selain pada langit-langit rumah tetapi pada prinsipnya sama, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

pada saat penggantian fitting lampu disarankan untuk mematikan sakelar MCB terlebih dahulu agar terhindar dari bahaya tersengat listrik saaat kulit menyentuh kabel dan terminal pada fitting lampu yang kita ganti.


Cara melepaskan fitting lampu lama dari langit-langit rumah:
  1. Lepaskan lampu dari fitting dan simpanlah di tempat yang aman, kemudian bukalah sekrup yang terdapat pada fitting lampu menggunakan obeng plus atau minus yang sesuai dengan bentuk kepala sekrupnya.
  2. Setelah sekrup terlepas tariklah fitting lampu dengan pelan-pelan dan hati-hati dari dudukannya agar kabel yang masih terhubung tidak putus, maka setelah itu akan terlihat kabel yang menjuntai dan masih terhubung ke terminal fitting lampu. mungkin di sebagian fitting ada yang tidak menggunakan dudukan untuk fitting lampu tetapi langsung menempel ke langit-langit rumah.
  3. Lepaskan kabel yang terhubung ke fitting lampu dengan memutar sekrup berlawanan dengan arah jarum jam yang terdapat pada terminal yang terletak di belakang fitting lampu.

Cara memasang fitting lampu baru
  1. Sambungkan dua kabel bekas fitting lampu lama yang terletak di langit-langit rumah ke terminal fitting lampu baru dengan cara memasukkkan kedua kabel tersebut ke terminal fitting lampu baru, kemudian putar sekrupnya searah jarum jam memakai obeng sampai terasa kencang.
  2. Tempelkan fitting baru ke langit-langit rumah kemudian masukkan sekrup lalu kencangkan menggunakan obeng.

Kabel yang terpasang pada fitting lampu terdiri dari:

1 Response to "CARA MENGGANTI FITTING LAMPU"

  1. Terima kasih. Tipsnya sangat bermanfaat bagi orang awam yang tidak mengerti listrik seperti saya.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.