CARA MEMBUAT KABEL ARDE (GROUNDING) SENDIRI

lambang grounding / arde
Tulisan ini saya buat karena banyaknya pemasangan kabel arde(grounding) di hampir setiap rumah menyatu dengan jalur kabel listrik negatip/netral dari listrik PLN. Sebelum kita menuju pokok bahasan ada baiknya kita mengetahui dulu manfaat dari kabel ini, diantaranya yaitu:
  • Menetralisir setrum yang ada pada badan alat elektronik seperti pada komputer, lemari es, strika listrik, dan lain-lain, bila badan semuaa lat tersebut terhubung ke kabel grounding maka badan alat elektronik tersebut tidak akan nyetrum lagi bila bersentuhan dengan kulit kita.
  • Membuang percikan api listrik yang biasanya muncul pada stop kontak yang dipasang steker dari alat elektronik yang berdaya listrik besar.
"Untuk alat elektronik seperti komputer, badannya tidak boleh terhubung dengan listrik negatip(netral) karena dikhawatirkan akan merusak komponen yang ada di dalamnya" Dengan salah satu alasan ini(mungkin ada alasan lainnya) maka sebaiknya kabel arde benar-benar terpisah atau tidak digabung dengan kabel negatip/netral.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jalur kabel arde
  • Tang kombinasi
  • Palu
  • linggis
Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Kabel NYM  ukuran 2,5mm, usahakan yang berwarna kuning agar mudah untuk membedakan dengan kabel yang lain sehingga memudahkan dalam pemasangan.
  • Pipa besi.. untuk listrik dengan daya 900 watt panjangnya minimal 150cm atau lebih panjang lebih baik.
  • paku klem secukupnya
 Cara memasang:

pipa ARDE (GROUNDING)
Klik gambar
untuk memperbesar
  1. Pilih lokasi untuk menanam pipa besi ke tanah, usahakan daerah di seleliling dekat rumah yang permukaan tanahnya terlihat, bila disekliling fumah tanahnya tertutup tembok atau keramik maka harus dibobok dulu agar pipa dapat leluasa masuk ke dalam tanah.
  2. tancapkan pipa pada tmpat yang sudah dipilih, tanamlah pipa memakai palu agar masuk ke dalam tanah sampai kedalaman yang kita inginkan. 
  3. Sambungkan kabel NYM yang telah dikupas kulitnya ke ujung pipa besi yang telah tertanam ke dalam tanah.
  4. Hubungkan  kabel NYM yang sudah disambungkan dengan ujung pipa besi ke setiap terminal grounding stop kontak.

7 comments for "CARA MEMBUAT KABEL ARDE (GROUNDING) SENDIRI"

  1. Apa benar bahwa salah satu fungsi kabel arde adalah menangkal terjadinya kerusakan alat elektronik akibat petir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu Saya fungsi kabel arde adalah seperti yang telah dijelaskan di atas, sedangkan untuk menangkal terjadinya kerusakan alat elektronik akibat petir adalah dengan mencabut steker alat elektronik dari stopkontak. banyak kejadian pada alat elektronik yang rusak akibat petir padahal pada instalasi rumahnya memasang kabel arde.

      Delete
  2. artikel bermanfaat,,bisa buat nambah ilmu bagi yang belum tahu..trimsss..

    ReplyDelete
  3. Apakah kabel grounding itu cukup di pasang di dekat mcb saja atau di masing-masing stop kontak ya?

    ReplyDelete
  4. ciri2 listrik rumah kurang grounding

    ReplyDelete
  5. gabung langsung di terminal ya dgn kbel hitam

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.