11 March 2013

SEJARAH LEMARI PENDINGIN, KULKAS, DAN LEMARI ES

KULKAS
Kulkas adalah bagian dari peralatan rumah tangga yang berfungsi untuk mengawetkan bahan makanan dan membekukan cairan, selain itu lemari pendingin dapat juga dipakai di pasar swalayan, farmasi, rumah sakit, apotik, pabrik susu, mentega, fotografi, industri sutra, kedokteran dengan fungsi dan guna yang berbeda-beda.

Sudah sejak lama manusia berfikir untuk dapat membuat bahan makanannya menjadi awet, berbagai cara dilakukan untuk memenuhi hal tersebut seperti:

  • Pengasapan, cara ini dilakukan dengan cara menyimpan bahan makanan di dalam suatu tempat tertutup untuk kemudian akan dihembuskan asap ke dalamnya.
  • Pengasinan, makanan yang akan diawetkan akan direndam dalam air garam dan dikeringkan/dijemur di bawah sinar matahari.
  • Pengeringan, cara ini dilakukan dengan cara mengurangi kadar air yang terkandung di dalam bahan makanan sampai batas maksimal.
Namun semua cara-cara di atas masih terdapat banyak kekurangannya yaitu: berubahnya rasa, berubahnya tekstur makanan, dan menghilangnya  bau/aroma. sehingga membuat bahan makanan menjadi tidak segar lagi. 

Suatu saat manusia mengetahui bahwa suhu yang dingin dapat membuat bahan makanan menjadi lebih awet, maka dari situlah muncul ide-ide  untuk membuat tempat pendinginan makanan. diantara cara-cara yang telah dilakukan manusia adalah: membuat bangunan untuk bahan makanan yang di luarnya dikelilingi oleh es/salju alami atau membuat gudang makanan yang terletak di dalam tanah dengan maksud di dalam ruang bawah tanah tersebut akan terjadi suhu yang dingin secara alami.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka ditemukanlah listrik yang membuat revolusi industri secara besar-besaran di dunia termasuk pembuatan tempat mendinginkan bahan makanan menggunakan tenaga listrik.

Wiliam Cullen
Wiliam Cullen
Dari penemuan yang sederhana tentang pengawetan makanan dengan pendinginanmaka ditemukanlah suatu alat pendingin oleh beberapa ahli, tekhnik terbaik dalam hal penemuan lemari es ini dibuat oleh Wiliam Cullen pada tahun 1755, kemudian karyanya tersebut disempurnakan lagi oleh ahli-ahli yang lain pada waktu-waktu selanjutnya.

Pada tahun 1845 di daerah Orleans, Lusiana ditemukanlah mesin pendingin ruangan pertama yang dapat beroperasi dengan waktu yang cukup lama, penemuan tersebut akhirnya diujicobakan pada sebuah kapal pengangkut daging yang akan berangkat dari Australia ke Inggris dan hasil dari ujicoba itu memuaskan.

Begitulah sekilas tentang sejarah kulkas, sampai   sekarang telah banyak perubahan pada kulkas agar tampil lebih baik, di antaranya yaitu;
  • Penggunaan daya listrik yang minimal, dan menjadikan kulkas lebih irit dalam mengkonsumsi listrik.
  • Terdapatnya bagian-bagian yang berbeda fungsi, bagian atas khusus untuk membekukan(freezer) cairan menjadi es, bagian di bawah freezer khusus untuk menyimpan daging atau ikan. sedangkan bagian paling bawah untuk menyimpan sayuran dan buah-buahan, selain itu bagian dalam pintu dapat menjadi tempat minuman kaleng atau botol minuman.
Prinsip kerja lemari pendingin atau kulkas: "Udara yang ada di dalam lemari es akan dialirkan ke mesin pendingin yang di dalamnya terdapat gas freon, dengan gas freon tersebut udara akan didinginkan kemudian akan dikembalikan lagi ke ruangan kulkas atau freezer."

Macam-macam lemari pendingin:
  • kulkas rumah tangga
  • pendingin obat-obatan
  • kotak es krim
  • kamar/gudang makanan, minuman,daging atau sayuran.
Mungkin di dalam hati kecil kita bertanya bagaimana bisa suhu dingin dapat mengawetkan makanan? jawabannya adalah karena hawa dingin akan memperlambat proses pematangan sel pada bahan makanan dan dengan dinginnya suhu dapat menahan laju pertumbuhan bakteri penyebab pembusukan pada bahan makanan.

Terlepas dari isu yang menyudutkan lemari pendingin sebagai perusak ozon, andil dalam pemanasan global (global warming) dan penyumbang efek gas rumah kaca ternyata lemari pendingin sudah dapat membantu kehidupan manusia agar lebih baik.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.

 

Blog Statistic