PERAWATAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TANGGA

Instalasi listrik di setiap rumah yang dipakai setiap hari haruslah selalu mendapatkan perhatian yang serius karena berhubungan dengan keselamatan jiwa penghuninya. terjadinya kebakaran di rumah banyak yang diakibatkan oleh korsleting listrik, hal tersebut banyak diakibatkan oleh kelalaian pemasangan instalasi listrik yang tidak sesuai dengan prosedur pemasangan yang benar atau kurangnya kepedulian kita dalam hal perawatan instalasi listrik di rumah.
Dengan dilakukan perawatan yang baik dan berkala maka masalah-masalah yang timbul akibat listrikdapat dicegah sedini mungkin. berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan untuk perawatan instalasi rumah:

Stopkontak/lubang colokan
Stopkontak,perhatikan lubang pada stopkontak tempat masuknya jari steker, bagian ini sering terjadi percikan api kecil terutama pada stopkontak yang tidak dilengkapi dengan kabel grounding, akibatnya badan stopkontak meleleh seperti terbakar. Gantilah stopkontak bila lubangnya terlihat meleleh atau sudah tidak dapat dipasang steker.

Sakelar, akibat seringnya ditekan nyala dan hidup maka komponen di dalamnya menjadi lemah atau berkarat dan kotor ditutupi/terhalang oleh debu yang menempel yang mengakibatkan kurang terkoneksinya sakelar, hal ini ditandai dengan susahnya menyalakan lampu dan tidak  stabilnya nyala lampu sehingga nyala lampu seperti berkedip-kedip. ada juga sakelar rusak akibat dipakai sarang semut . maka dari itu cobalah sesekali membuka sakelar untuk membersihkannya agar menghindari hal-hal yang dijelaskan di atas.

Kabel penghubung listrik  alat elektronik, Rapikan letak kabel ini agar tidak rusak terhimpit beban berat atau terbentang tegang pada sudut yang tajam yang dapat mengakibatkan terkelupas dan terputusnya kabel yang mengakibatkan korsleting listrik.

Steker/colokan, periksalah posisi steker alat elektronik yang terpasang pada stopkontak secara  terus menerus dan jarang sekali dicabut seperti: kulkas dan pompa air listrik, steker ini mudah sekali longgar kedudukannya pada stopkontak akibat dari percikan api kecil antara jari steker dan lubang stopkontak.

Fitting lampu, pada fitting yang dipasang lampu dengan daya atau watt besar akan mudah sekali meleleh akibatnya lampu yang menempel akan susah untuk dilepas saat akan mengganti lampu dengan yang baru. Selain itu fitting lampu yang terpasang di langit-langit rumah akan rawan tergenang air akibat tetesan air hujan dari genting yang bocor, Pada waktun musim hujan cobalah sesekali memeriksa para rumah untuk melihat apakah ada fitting lampu yang tergenang air.
 
Kabel roll/terminal stopkontak, lubang stopkontak kabel roll bisa meleleh akibat membesarnya penjepit jari steker yang ada di dalamnya, perbaikilah penjepit tersebut dengan membuka kotak kabel roll kemudian jepit menggunakan tang setiap plat pada stopkontak yang berfungsi untuk menjepit jari steker yang masuk.

karat/korosi, jagalah setiap alat alektronik di rumah yang badan/bodinya terbuat dari logam yang mudah berkarat karena dapat merobek/mengupas kabel penghubung listrik ke stopkontak dan dapat mengakibatkan korsleting atau tersentuh kulit kita.

Jalur utama dan sambungan instalasi kabel listrik, periksalah kabel listrik dari mulai MCB menuju stopkontak, fitting lampu dan sakelar apakah terhubung dengan baik dan tidak ada kabel yang terbuka/tidak terisolasi? perhatikan juga kabel yang terbentang apakah paku klemnya masih kokoh? tutuplah kabel yang terkelupas akibat gigitan tikus dengan isolasi khusus kabel listrik.

Jalur kabel di luar rumah/outdoor, periksa kabel yang terhubung ke lampu luar rumah dan lampu taman, pastikan semua kabel dan sambungan terpasang baik. dikarenakan area ini jarang sekali terlihat cobalah untuk mengecek dengan menyalakan lampunya bila ada yang tidak berfungsi segera perbaiki.

Post a Comment for "PERAWATAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TANGGA"