CARA MEMPERBAIKI BLENDER

Blender yang terawat
Gambar blender
Beberapa kerusakan yang umum dijumpai pada blender:
  • Motor tidak berputar
  • Putaran motor lambat
  • Putaran motor tersendat-sendat

Cara memperbaiki:
  1. Periksa kabel penghubung listrik apakah tersambung dengan baik atau putus? bila tidak ada masalah lanjutkan ke poin 2.
  2. Pisahkan gelas blender dari badan kemudian putar balik badan blender sehingga terlihat bagian bawahnya. Lepaskan penutup bagian bawah dengan membuka sekrupnya.

  3. Setelah penutup bagian bawah terlepas maka di dalamnya akan terlihat koponen seperti: motor penggerak, kapasitor, perkabelan. Periksalah setiap kabelnya apakah terpasang dengan baik atau ada yang terlepas?
  4. Untuk putaran motor yang tersendat-sendat kemungkinan carbon brush atau brostel sudah tipis dan yang terjadi adalah ngefong,untuk memperbaikinya gantilah komponen ini dengan yang baru dan yang berkualitas nomor satu karena bila anda memakai carbon brush atau brostel yang biasa-biasa saja maka usianya tidak akan lama. Perlu diketahui bahwa ukuran komponen dipasaran berbeda-beda maka bawalah contoh potongan sisa carbon brush beserta dudukannya saat anda akan membeli penggantinya, bila tidak ada ukuran yang pas maka anda dapat mengampelasnya agar dapat masuk pada dudukannya.
  5. Periksa lilitan atau spul pada motor penggerak apakah dalam keadaan yang wajar atau hitam seperti terbakar? kalau berwarna
    hitam dan terc1um bau seperti terbakar kemungkinan lilitan terbakar, 
  6. untuk memastikannya dapat diukur dengan AVO meter caranya: Atur posisi sakelar pemilih pada RX1 kilo ohm kemudian tempelkan masing-masing pena pengukur AVO ke kedua ujung jari steker, bila jarum AVO diam maka lilitan motor rusak tapi bila jarum AVO bergerak ke arah kanan dan diam maka kemungkinan motor masih dalam keadaan baik.
  7. Bila lilitan atau spul pada motor penggerak dalam keadan baik
    tapi putaran motor lambat atau tidak berputar kemungkinan kapasitorya yang rusak dan harus diganti baru.
  8. Untuk putaran motor yang lambat biasanya akibat kapasitor yang sudah rusak, maka gantilah kapasitor dengan yang baru.
"Cara memperbaiki lilitan atau spul motor yang rusak adalah dengan cara dililit ulang, untuk pengerjaannya serahkan saja kepada jasa lilit yang biasanya bersatu dengan jasa serpis dinamo." 

15 comments for "CARA MEMPERBAIKI BLENDER"

  1. Ok lengkap terima kasih jangan lupa kungjungan baliknya..

    Alymudin.yu.tl (alymudin's mobileblog)

    ReplyDelete
  2. boleh nanya saya ada alat elektronik kecil tapi akhir2 ini putaran dinamonya tidak selancar sebelumnya. kelistrikan oke tapi setelah saya buka, dan saat diputar manual keras sekali seperti ada yang nyangkut gitu...apa solusinya bro. boleh diberikan oli atau ngak ya??

    kunjungi juga bila sempat di http://wilbinaul.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh saja, lebih baik lagi diperiksa bagian laher pada as. sudah dikunjungi...blognya keren.

      Delete
  3. Saya doni, saya bingung dengan blender philips saya, motor blender tidak bergerak, krna ada air masuk ke dalam mesin. Apa solussi utk memperbaikinya??? Trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba saja dibuka blendernya, terus keringkan air yang ada di dalam dalamnya, bisa dilap atau pake hairdryer. bila setelah dikeringkan masih tidak jalan sebaiknya periksa bagian motor pemutar menggunakan avo meter. kalau memang motornya yang rusak segera gamni.

      Delete
  4. mas , kemarin habis sehabis servis blender karena terbakar motornya, setelah diperbaiki teman dengan mengganti motor , sepintas terlihat normal...tetapi setelah diperhatikan koq sepertinya lebih susah halus hasil blendernya. Setelah saya amati lebih dekat ternyata putaran motornya tidak sesuai dengan arah mata pisau blender, alias bagian blade yg mengiris ketika berputar koq malah bagian yang tumpul. Apakah bisa dibalik putaran motornya mas?

    ReplyDelete
  5. Mas saya liat di blender Philips lilitan atau spul motornya terlihat berwarna hitam dan keluar asap, gimana cara memperbaikinya? Tks sebelumnya..

    ReplyDelete
  6. Mas saya mau nanya, motor penggerak berputar tapi mata pisau tidak ikut berputar. Itu kerusakannya ada dimana ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya penghubung motor penggerak dan mata pisau selek (roda gigi gundul)

      Delete
  7. Mas mo nanya nih saya baru beli blender philip..kebetulan ngantiin punya tetangga,lom di pake sama sekali,tp kok wktu saya coba mo pake kok pisau di blendernya ga mo muter ya...n yg bwt bumbu jg gtu ga mo muter, apa yg rusak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinannya bisa banyak, kabel colokan (steker) punya blender putus. atau tombol pemutar kecepatan tidak bekerja dengan baik. Selagi masih baru bawa saja ke tokonya... mudah mudahan masih garansi

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.