07 January 2013

CARA MEMASANG, MERANGKAI, MENYAMBUNG KABEL UTAMA JALUR INSTALASI LISTRIK DI RUMAH

Perlu diktahui bahwa artikel ini hanya untuk pemasangan instalasi listrik di rumah tempat tinggal saja dan tempat pemasangannya di atas para/bawah atap.


Peralatan:
  • Tang kombinasi
  • Tespen
  • Obeng min
  • Obeng plus
  • Palu

Bahan-bahan:
  • Kabel NYM ukuran 3 X 2,5mm yang panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan
  • Isolasi khusus untuk kabel listrik yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan
  • Tedus  yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan
  • Paku klem nomor 10, jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan
Cara memasang:
  1. Saat listrik di rumah masih dalam keadaan menyala/on naiklah ke atas para(daerah di bawah atap)sambil membawa tespen dan carilah yang mana kabel positip,negarip dan ground, pakailah alas sepatu karet yang kering agar terhindar dari bahaya tersengat setrum.
  2. Setelah diketahui yang mana kabel positip,negarip dan ground matikanlah aliran listrik di rumah dengan memindahkan sakelar MCB dari posisi on(1) ke posisi off(0) kemudian bawalah semua perlatan dan bahan-bahan ke atas para rumah dan muailah merangkai.
  3. Pasanglah tedus pada kayu plapon yang dekat dengan pipa tempat keluarnya kabel positp/fasa/setru dari MCB, negatip/netral,arde/grounding dan stop kontak atau sakelar, intinya posisi tedus adalah tempat kita membuat sambungan kabel.
  4. Masukan kabel (positp/fasa/setru dari MCB, negatip/netral,arde/grounding) dan kabel NYM ke lubang tedus lalu kupas kult masng-masing kabel sampai terlihat kawat tembaganya dengan panjang kira-kira 2cm.
  5. sambungkan kabel NYM kita dengan kabel (positp/fasa/setru dari MCB, negatip/netral,arde/grounding) sesuai warnanya masing-masing, kemudian tutup semua sambungan dengan isolasi lalu masukkan ke dalam tedus lalu pasanglah pentup tedusya.
  6. Bentangkan dan urutkan kabel mengikuti jalur terpasangnya tedus dengan cara mengikuti jalur terpasangnya tedus kemudian pasanglah paku klem pada kabel dan ditancapkan ke kayu plapon dengan jarak antara klem 50cm.
  7. Masukkan kabel  ke lubang tedus, kabel yang ada di dalam/tengah tedus harus dilebihkan untuk memudahkan pengerjaan saat disambung dengan kabel stop kontak atau kabel sakelar.
  8. Teruslah mengurut kabel sampai semua tedus terlewati. Potonglah kabel pada tedus terakhir yang dilewati.
  9. Untuk memasang kabel percabangan silakan baca artkel lain di bawah ini:

Artikel terkait:

1 komentar:

  1. Jangan Lupa Kabel Memenuhi Standart...Bukan Gitu Om....

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Trending topic


Blog Statistic