UKURAN DIAMETER KABEL LISTRIK INSTALASI RUMAH

gambar kabel NYM
Update: Kata "DIAMETER" pada Judul artikel ini maksudnya adalah luas penampang.

Apabila kita akan memasang instalasi listrik di rumah maka kita akan menyiapkan beberapa bahan untuk dipasang, diantaranya adalah kabel listrik, terdapat berbagai macam ukuran dan warna kabel listrik yang ada di pasaran dan mungkin diantara kita masih belum faham apa ari dari semua itu. Untuk postingan kali ini, Saya akan sedikit berbagi mengenai keterangan yang tertulis di setiap kabel listrik yang digunakan oleh kebanyakan instalatir untuk listrik di rumah, rumus atau kode yang sering kita jumpai adalah seperti tertera di bawah ini:
  • 1 X 1,5mm; 
  • 1 X 2,5mm; 
  • 2 X 1,5mm; 
  • 2 X 2,5mm; 
  • 3 X 2,5mm. 

 Arti dari rumus di atas adalah:
  • Angka sebelum kali menunjukkan jumlah kabel yang ada di dalam pembungkus kabelnya (isolator yang terbuat dari bahan PVC), jadi apabila angka tersebut menunjukkan angka "1" artinya di dalam pembungkus kabel tersebut berisi satu buah kawat, angka "1" biasanya terdapat pada jenis kabel NGA. Sedangkan untuk angka "2" dan "3" terdapat pada jenis kabel NYM, NYA, atau NYY.
  • Untuk angka di angka di belakang kali (X) adalah luas penampang kabelnya, misalnya "2,5mm" artinya di dalam pembungkus kabel tersebut terdapat kabel dengan luas penampang masing-masing kabel berukuran 2,5 mili meter.  
  • Jadi bila anda menemukan kabel yang bertuliskan 2 X 2,5mm artinya adalah: terdapat dua buah kabel tunggal masing-masing kabel tersebut mempunyai luas penampang 2,5 milimeter.
Secara fisik Jika dibandingkan maka ukuran 2,5mm lebih besar dari 1,5mm. Kabel dengan ukuran diameter 2,5mm biasa dipakai untuk jalur utama instalasi listrik di rumah sedangkan kabel dengan ukuran diameter 1,5mm biasa dipakai pada jalur percabangan dari jalur utama ke fitting lampu dan sakelar.

Khusus untuk stopkontak boleh menggunakan kabel yang berdiameter 1,5mm atau 2,5mm disesuaikan dengan kebutuhan, bila stop kontak tersebut dipakai untuk alat elektronik yang berdaya (watt) besar maka dianjurkan menggunakan kabel dengan ukuran diameter 2,5mm, tetapi bila dipakai untuk alat elektronik dengan daya (watt) kecil maka boleh menggunakan kabel dengan ukuran diameter 1,5mm. Tetapi bila ke depannya memungkinkan dipasang alat elektronik berdaya wat besar maka alangkah baiknya disiapkan dengan kabel yang berukuran 2,5mm.

Demikianlah bahasan tentang ukuran luas penampang kabel listrik di rumah, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "UKURAN DIAMETER KABEL LISTRIK INSTALASI RUMAH"