15 March 2013

TIPS MERAWAT KAMAR MANDI

Kamar mandi adalah tempat segala aktifitas yang berhubungan dengan cuci mencuci atau membersihkan noda atau kotoran baik itu badan kita atau peralatan rumah tangga sampai pakaian meskipun ada sebagian orang yang mengkhususkan fungsi kamar mandi sebagai tempat mandi saja, sedangkan untuk urusan cuci mencuci dibuatkan tempat khusus. Terlepas dari itu kamar mandi sebagai tempat yang selalu berhubungan dengan air, sabun, dan noda haruslah selalu mendapat perhatian dalam hal kebersihannya, karena kamar mandi yang bersih dan higienis akan membuat kita terbebas dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri atau bibit penyakit yang biasanya ada di lingkungan yang kotor.

Untuk menjaga agar kamar mandi selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya maka diperlukan suatu perawatan yang benar, di bawah ini saya rangkum beberapa tipsnya untuk anda, semoga bermanfaat.

Beberapa bagian kamar mandi yang perlu mendapat perhatian diantaranya yaitu; dinding, pintu, lantai, toilet, tempat sabun, bak mandi, tempat air plastik(gayung, ember, jolang).

Dinding, dan pintu
Bagian inilah yang selalu terkena noda sabun akibat kegiatan mandi atau cuci, untuk dinding yang dilapis dengan keramik sebaiknya setiap hari dibersihkan dengan cara: cobalah bersihkan dinding dengan menggunakan sabun cuci tapi bila noda sulit dibersihkan cobalah menggunakan air cuka atau baking soda kemudian bersihkan menggunakan spon sampai semua noda pada keramik hilang.

Bak mandi
Untuk bak mandi bersihkanlah minimal seminggu sekali dengan cara menyikatnya, bila bak mandi hasil buatan sendiri yang dilapis keramik maka hati-hatilah saat menyikat, jangan sampai mengikis sela antar keramik, karena sela diantara keramik adalah semen yang berfungsi menahan rembesan air, bila semennya terkikis maka bak mandi anda akan bocor.

Toilet
Bila anda tidak mempunyai cairan khusus untuk membersihkan toilet gunakanlah cairan yang dipakai untuk membersihkan dinding tetapi untuk toilet dan lantai alat untuk membersihkannya adalah sikat, kalau ada gunakanlah sikat khusus yang memiliki gagang panjang untuk membersihkan toilet  agar mempermudah dalam membersihkan bagian yang tidak terjangkau oleh sikat biasa.

Lantai
Umumnya lantai dibuat dengan dilapisi keramik yang bertekstur kasar sehingga untuk membersihkannya harus menggunakan sikat yang besar agar noda atau koturan yang melekat pada tekstur yang kasar dapat terangkat, gunakanlah sabun cuci biasa dengan ditambah sedikit air.

Tempat sabun 
Bersihkanlah sisa sabun yang melekat menggunakan cairan cuka atau baking soda, gunakanlah spon kasar untuk membersihkannya bila tempat sabun anda terbuat dari plastik, tapi bila tempat sabun anda terbuat dari besi atau stainles maka gunakanlah spon lembut untuk membersihkannya.

Peralatan mandi
Selain tempat sabun peralatan mandi yang ada di dalam tempat sabun juga harus dibersihkan, seperti: sikat gigi, odol, botol shampo, dan barang lainnya. Bersihkanlah semua peralatan tersebut menggunakan spon yang telah diberi sabun pencuci  piring, cuka, atau baking soda.

Gayung, ember, jolang.
Untuk membersihkan barang-barang tersebut cukup di bersihkan menggunakan spon atau sukat, tanpa menggunakan pembersih moderpun barang-barang tersebut dapat bersih dan terbebas dari kotoran.

Kaca atau cermin
Bersihkanlah dengan menggunakan sabun pencuci piring yang digosok menggunakan spon lalu dibilas dengan air bersih.

Untuk membersihkan lantai, dinding, dan toilet kamar mandi sebaiknya dibersihkan setiap hari pada waktu sore hari, karena bila noda yang melekat tidak segera dibersihkan maka akan sulit untuk dibersihkan. Untuk bagian lainnya dapat dilakukan minimal seminggu sekali.

Untuk membuat kamar mandi harum letakkanlah pewangi yang khusus untuk kamar mandi dengan aroma yang sesuai dengan selera anda. Khusus lantai harus sesering mungkin dibersihkan karena bila tidak maka lantai akan menjadi licin yang akan membuat kita terpeleset dan jatuh, banyak kejadian kecelakaan yang merenggut jiwa akibat terjatuh dari kamar mandi yang licin, maka dari itu rajin-rajinlah membersihkan lantai kamar mandi agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Semoga dengan bersihnya kamar mandi akan menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit". 

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.

 

Blog Statistic