TIPS MERAWAT JEANS

Celana atau jaket berbahan jeans sudah menjadi bagian dari busana yang sering dipakai hampir oleh semua orang, bahan jeans memiliki karakter serat yang kuat untuk dipakai kegiatan sehari-hari yang syarat dengan aktifitas, selain itu jeans juga dapat dipakai pada cuaca apapun mau dingin ataupun panas, tetapi meskipun demikian tetaplah haruslah dirawat agar warnanya tidak cepat pudar dan dapat tahan lama.

hal-hal yang menyangkut perawatan jeans meliputi: cara mencuci, menjemur, menyetrika, dan cara menyimpan. untuk lebih jelasnya marilah kita bahas satu persatu:

Mencuci  
  • Saat pertama kali mimiliki jeans hal pertama yang harus dilakukan adalah mencucinya, proses pencucian awal akan menentukan awet tidaknya warna jeans kita selanjutnya atau dalam arti lain adalah dengan diawali mencuci dengan benar maka jeans kita akan terjaga kualitasnya lebih lama. Saat pertama memiliki jeans hendaknya janganlah langsung memakainya untuk beraktifitas tapi rendamlah dengan air panas yang telah dicampur garam kira-kira tiga sendok makan lalu diamkan selama satu jam, setelah itu jemurlah dengan posisi terbalik yaitu bagian luar berada di dalam, dengan cara ini maka warna jeanspun akan lebih tahan lama.
  • Selain menggunakan garam saat pertama kali mencuci jeans ada cara lain untuk menjawa warna agar lebih awet dan menguatkan serat jeans adalah dengan merendam jeans didalam air yang telah dicampur cuka atau air kelapa hijau, cuka dan air kelapa dipercaya dapat mengawetkan warna kain.  
  • Untuk selanjutnya apabila jeans jeans telah dipakai dan hendak dicuci maka cucilah seperti biasa bila kita mencuci pakaian lain, tetapi yang perlu diperhatikan adalah hindari mencuci jeans dengan mesin cuci karena kemungkinan besar kancing jeans yang terbuat dari bahan logam akan menggores dinding mesin cuci atau terkait dengan bagian dasar mesin cuci, selain itu hindari menyikat jeans, bila terpaksa menyikat jeans karena ada kotoran yang menempel agak kuat maka gunakanlah sikat yang berbulu halus atau kurangilah tekanan tangan saat menyikat untuk mencegah terkikisnya serat jeans. 
  • Sebaiknya tidak mencampur cairan pelembut pakaian pada proses pencucian karena bahan jeans tidak memerlukannya
Menjemur
Jemurlah jeans dengan dengan posisi terbalik yaitu posisi bagian dalam menjadi di luar, hal ini untuk memperlambat memudarnya warna jeans, waktu yang diperlukan untuk menjemurpun tidaklah terlalun lama, bila jeans sudah kering cepatlah diangkat dari jemuran, proses penjemuran yang terlalu lama akan mempercepat pudarnya warna jeans.

Menyetrika
Gunakanlah panas yang cukup untuk merapikan jeans, janganlah menekan terlalu kuat saat menyetrika bagian lipatan jeans karena bila terlalu kuat akan membuat cepat pudarnya warna,

Menyimpan
Setelah jeans disetrika sebaiknya taruhlah di dalam lemari yang terbebas dari jamur lemari, atau simpanlah pada lemari khusus dengan menggunakan gantungan (hanger) agar terjaga kerapihannya.

0 Response to "TIPS MERAWAT JEANS"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.