TIPS MEMBERSIHKAN RAK PIRING

gambar rak piring bentuk lemariRak piring yang Saya bahas di sini adalah jenis rak piring yang sedang banyak dipakai di kalangan masyarakat, rak ini selalu hadir di hampir setiap toko yang menjual perabotan rumah tangga ataupun toko mebel.

Sebelum adanya jenis rak piring ini telah ada jenis rak piring yang berbentuk rangka yang terbuka, semua peralatan dapur yang diletakkan di rak tersebut dapat langsung terlihat, kelemahan dari jenis rak piring ini adalah mudahnya kotoran atau debu menempel pada peralatan dapur yang kita simpan di sana sehingga peralatan tersebut tidak higienis agi.

Jenis rak piring yang saya jelaskan di sini adalah termasuk jenis yang lebih aman dan higienis karena bentuknya yang hampir mirip dengan lemari karena seluruh barang-barang yang kita simpan di dalamnya tertutup.

Bagian-bagian rak piring dan fungsinya:
    bagian yang berbentuk meja
  • Rangka terbuat dari alumunium sehingga rak terlihat lebih kokoh.
  • Penutup dan dinding terbuat dari kaca sehingga mudah untuk dibersihkan.
  • Bagian atas terdapat tempat yang memiliki tutup yang mirip dengan jendela, tempat ini dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar terlindung dari debu atau serangga.
  • Di bagian tengah terdapat tempat yang berbentuk meja yang dilapisi dengan keramik yang membuat rak ini terlihat lebih indah dan menarik.
  • Pada bagian bawah terdapat tempat yang agak luas, bagian ini dibagi menjadi tiga tingkat, tingkat atas dan tengah adalah tempat menyimpan piring, sendok, dan gelas, sedangkan tingkat bawah adalah tempat untuk menyimpan peralatan dapur, tingkat yang bawah ini bagian dasarnya dilapisi oleh sejenis ram kawat tipis.

Tips merawat rak piring
  • Untuk mencegah kecoa, semut. atau hewan kecil lainnya agar tidak dapat masuk ke lemari rak piring kita letakanlah wadah kecil di bawah kaki rak kemudian berilah campuran kapur barus dan kapur anti serangga dan semut.
  • Hindari menyimpan barang-barang berat di atas lemari rak piring ini, karena bagian ini hanya dilapisi oleh kayu triplek yang tipis yang tidak tahan terhadap beban berat.
  • Letakan perabotan yang ringan saja pada bagian rak yang paling bawah, karena bagian bawah hanya dihalangi oleh ram kawat tipis yang tidak akan kuat menahan beban terlalu berat.
  • Di bagian sudut kanan terdapat stopkontak yang sudah terpasang dengan kabel dan terminal stopkontak yang berguna untuk alat penanak nasi listrik, saran Saya gantilah kabelnya dengan yang lebih kuat karena kebanyakan kabel yang digunakan adalah jenis yang mudah putus dan kurang pas bila dipakai untuk beban listrik yang besar seperti alat pemasak nasi.
  • Bersihkanlah seluruh bagian seperti kaca dan rak yang terbuat dari alumunium dengan spon lembab yang diberi sedikit air dan cairan cuka.
  • Jauhkanlah lemari piring dari tembok untuk menghindari tumbuhnya jamur, berilah jarak antara lemari dan tembok dengan jarak minimal 5cm.
  • Sering-seringlah membersihkan tempat penyimpanan makanan, karena dinding kaca dan alasnya rentan terkena noda atau uap dari makanan.
  • Bersihkan kaca pada kedua sisinya, karena bila hanya satu sisi saja yang dibersihkan maka kotoran atau noda dari sisi yang satu akan terlihat dari sisi yang lain.
  • bila akan memindahkan lemari piring ke tempat lain maka keluarkanlah dahulu semua barang yang ada di dalam untuk mempermudah proses pemindahan.
  • Hati-hatilah saat membuka dan menutup pintu lemari piring ini karena sekrup pada engselnya mudah sekali terlepas. Bila sekrup pada engsel terlepas gantilah sekrup yang lama dengan yang baru dengan ukuran yang lebih besar sedikit.
  • Sudut/ujung pada penutup yang berbentuk jendela yang terbuat dari alumuniun bentuknya sangat tajam sehingga rentan untuk menggores kulit kita, maka untuk mencegah hal tersebut kikirlah bagian yang tajam tersebut  agar menjadi tumpul.
  • Biasanya tikus dapat masuk lewat kawat ram yang terletak di bagian paling bawah dari lemari rak ini, bila memungkinkan tutuplah bagian ini dengan triplek yang agak tebal, selain mencegah tikus masuk juda dapat menahan beban berat benda yang ada di dalamnya.
  • Jangajn biarkan sisa-sisa makanan tercecer di lemari atau lantai sekitar lemari rak ini karena akan mengundang tikus, kecoa, atau semut.

0 Response to "TIPS MEMBERSIHKAN RAK PIRING"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.