PERALATAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL

Stopkontak
stopkontak tembokAdalah terminal penghubung listrik antara steker alat elektronik dengan instalasi listrik, ada juga yang menyebut alat ini dengan nama "lubang colokan". ada dua jenis stopkontak yaitu: inbow dan outbow, inbow adalah jenis stopkontak yang dipasang  atau ditanam di dalam dinding sedangkan stopkontak outbow adalah jenis stopkontak yang dipasang di luar tembok.

Sakelar
Adalah alat pemutus atau penyambung arus listrik dari sumber listrik ke beban misalnya lampu atau alat elektronik.
sakelar

Steker
Adalah alat penghubung listrik dari stopkontak ke kabel penghubung alat elektronik.

Tedus
Adalah wadah yang terbuat dari plastik, umumnya berbentuk bulat, berfungsi untuk melindungi sambungan kabel, biasanya dipasng pada tembok atau kayu plapon.
gambar steker


Kabel
Adalah penghantar/konduktor listrik yang berfungsi sebagai media untuk mengalirkan lsitrik, berbentuk kawat yang panjang, dibungkus dengan plastik PVC.

Isolasi listrik
Adalah plastik pembungkus yang memiliki perekat di salah satu sisinya yang digunakan untuk menutup sambungan kabel untuk mencegah terjadinya konslet atau tersentuh kulit manusia yang dapat mengakibatkan tersetrum.


Fitting 
Adalah tempat untuk menempatkan lampu, kedua lonektornya tersambung dengan kabel listrik bermuatan positip dan negatip.

Kabel roll listrik
Adalah beberapa stopkontak yang diparalelkan dengan kabel panjang yang digulung di dalam kotak plastik yang bersatu dengan beberapa stopkontak di atasnya.


Pipa listrik
Adalah pipa yang digunakan untuk pemasangan instalasi listrik di dalam dinding tembok, biasanya terbuat dari logam atau PVC.

MCB
Adalah alat pemutus dan penyambung arus listrik di rumah, fungsinya adalah: 
  • pemutus kelebihan pemakaian listrik di rumah yang melebihi kemampuan MCB.

  • mencegah kebakaran yang diakibatkan oleh konsleting listrik, MCB akan secara otomatis memutus listrik dari PLN ke rumah bila terjadi konsleting.    

KWH (kilo watt hour)Adalah alat pencatat pemakaian listrik, ada dua jenis KWH, yaitu:
  • KWH analog, adalah jenis KWH yang generasi pertama yang mencatat pemakaian listrik , pada KWH ini terdapat angka-angka yang dapat berputar sesuai dengan banyaknya pemakain listrik, dengan jenis ini konsumenakan membayar tagihan listriknya setiap bulanhnya sesuai data uang tercatat pada kwh.
  • KWH digital, adalah kawh yang keluar setelah KWH analog, KWH ini akan menunjukkan angka-angka token listrik yang terpakai setelah diidi oleh pulsa listrik sebelumnya, jenis ini disebut juga KWH pra bayar, yaitu setiap konsumen yang menggunakan jenis KWH ini harus mengisi pulsa listriknya agar listrik dapat terus mengalir ke dalam rumah.

Klem kabel
Adalah Penjepit kabel yangberbentuk setengah lingkaran berfungsi untuk merapikan jalur kabel dengan memakunya ke kayu plapon. Ukuran klem ada bermacam-macam disesuaikan dengan ukuran kabel yang terpasang.

Lastdop
Adalah alat berbentuk kerucut yang terbuat dari plastik atau keramik, dipakai untuk menutup sambungan kabel jenis ekor babi agar terhindar dari hubungan pendek/konslet

Sikring/Fuse
Adalah alat pemutus atau penyambung listrik, berguna u8ntuk menghindari terjadinya hubungan pendek, sikring ini akan putus bila terjadi hubungan pendek/konsleting antara kabel bermuatan listrik positip dengan kabel yang bermuatan listrik negatip, Ada dua jenis sikring yamng biasa dipakai pada insttalasi listrik di rumah yaitu:
  • Sikring otomatis, adalah jenis sikring yang bekerja dengan dua buah plat (bimetal), bimetal ini akan memanas bila terjadi konslet kemudian kedua bimetal tersebut akan saling menjauh sehingga memutus arus listrik yang mengalir pada kedua plat tersebut, sikring ini dapat bekerja kembali mengalirkan arus listrik bila kabel yang konslet sudah diperbaiki.
  • Sikring manual, adalah sikring yang terbuat dari seutas kawat yang disimoan di dalam kermik, saat terjadi hubungan pendek maka kawat ini akan memanas dan terbakar sampai putus maka terputuslah aliran listrik, jenis sikring ini hanya dapat digunakan sekali pakai, jadi bila putus harus diganti dengan yang baru
Kabel tunggal
Adalah  jenis kabel yang di dalamnya terdapat satu buah kabel yang agak kaku dengan ukuran diameter yang bermacam-macam, Umumnya dipasang untuk instalasi lintrik pada jalur utama instalasi listrik dan percabangannya seperti kabel ke stopkontak, saqkelar, dan lampu.

Kabel serabut
Adalah jenis kabel yang di dalamnya terdiri dari beberapa kawat, terasa lentur/fleksibel, Biasanya digunakan untuk kabel-kabel penghubung dari alat elektronik ke stopkontak.
  

0 Response to "PERALATAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.