Home » , , » TIPS MENGHILANGKAN JAMUR & BAU DI LEMARI PAKAIAN

TIPS MENGHILANGKAN JAMUR & BAU DI LEMARI PAKAIAN

Gambar lemari particle board
Bahan lemari yang terbuat dari kayu dan papan pres atau particle board sangat mudah sekali ditumbuhi oleh jamur apalagi penempatannya di ruangan yang lembab dan jarang terkena sinar matahari langsung, hal utama  yang harus dilakukan saat memiliki lemari baru adalah tindakan pencegahan agar lemari kita terhindar dari tumbuhnya jamur yang mengakibatkan bau yang tidak sedap dan berubahnya warna lemari kita, pertumbuhan jamur bukan hanya pada dinding lemari bagian dalam ataupun luar tetapi dapat meluas pada pakaian yang ada di dalamnya, dapat dibayangkan bila semua pakaian kita terkena jamur maka pakaian kita akan rusak, bernoda, dan berbau tidak sedap, sebelum saya menjelaskan tips menghilangkan jamur dan bau di lemari pakaian maka akan dijelaskan dahulu cara mencegahnya.


Cara mencegah tumbuhnya jamur pada lemari kain:
  • Sebelum lemari diletakkan pada suatu ruangan lapisilah permukaan lemari yang terbuat dari bahan kayu dengan pernis transparan, plitur atau cat kayu pada bagian dalam dan luar, untuk lemari yang berbahan serbuk kayu yang dipres pelapisnya adalah cat melamin yang yang banyak terdapat di pasaran.
  • Lemari berbahan serbuk gergaji yang dipress (particle board) paling mudah terkena jamur apalagi kalau lemarinya nempel ke tembok yang lembab, untuk mencegahnya maka jauhkan lemari dari tembok kira-kira 5-10cm. 
  • Letakkanlah pewangi lemari yang serbaguna yaitu selain mengharumkan ruangan lemari tetapi dapat juga mencegah jamur dan hewan kecil seperti ngengat agar tidak dapat masuk ke dalam lemari.(pewangi pakaian yang mengandung bahan anti jamur dan dapat mengusir ngengat atau serangga).
  • Sering-seringlah membuka jendela atau pintu agar ruangan tempat menyimpan lemari menjadi hangat yang berguna untuk mencegah lembab pada ruangan tersebut.
  • buatlah jadwal bulanan untuk mengontrol keadaan lemari baik itu bagian dalam ataupun luar permukaaan lemari.

Cara menghilangkan jamur di lemari kayu:
  1. Sebenarnya terdapat banyak merek untuk cairan khusus penghilang jamur pada lemari kayu yang ada di toko-toko yang menjual bahan bangunan, caranyapun tidaklah begitu sulit tinggal disemprotkan saja maka jamurpun akan hilang, tapi di sini Saya hanya akan memberikan contoh cairan lain yang umumnya ada di sekitar rumah. Bersihkanlah bagian lemari yang terkena jamur dengan 4lk0h0l 70% atau cairan pembersih kaca yang mengandung bahan anti jamur, caranya adalah dengan mengolesi bagian yang terkena jamur dengan 4lk0h0l lalu diamkan sejenak agar cairan 4lk0h0l menyerap, kemudian gosoklah dengan spon atau kain lap, bila perlu lakukanlah pengulangan sampai semua jamur terangkat dari lapisan kayu.
  2. Setelah semua jamur terkikis habis kemudian lemari dapat dijemur sampai kering di terik matahari.



Artikel Terkait:

8 komentar:

  1. Terima kasih. Infonya sangat bermanfaat :)
    Lemari di rumah sedang diserbu jamur soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terimakasih atas kunjungannya, semoga jamur di lemarinya dapat cepat teratasi

      Delete
  2. Oke infonya. Udah bingung nih bersihin jamur nongol lagi. Ada triknya rupanya. Thx banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama terimakasih sudah mampir. mudah-mudahan jamurnya ngak nongol lagi ya.

      Delete
  3. Assalamu'alaikum....bro cara menghilangkan jamur pada jaket kulit gmn ya....udh dcoba berbagai cra tetap aja nongol lagi....makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam,

      di postingan Saya yang berjudul "cara merawat dan menccuci jaket kulit" sudah ada tipsnya, di bawah ini saya ambil beberapa hal yang pentingnya saja diantaranya yaitu:

      Untuk menjaga kelenturan jaket maka olesilah jaket menggunakan lotion khusus untuk jaket kulit tapi bila tidak ada dapat menggunakan hand & body lotion, caranya adalah dengan mengusapkan lotion ke permukaan jaket menggunakan spon lembut atau kapas lembut, setelah itu diamkan beberapa menit agar lotion meresap kemudian ulangi mengusapkan lotion ke permukaan jaket kulit untuk mendapatkan hasil yang sempurna, lakukanlah pemakaian lotion minimal dua minggu sekali, hal ini dapat digunakan untuk membersihkan dan mencegah jamur yang melekat pada jaket kuklit.

      Hindari menyemprotkan parfum ke permukaan jaket kulit karena akan menyebabkan lembab sehingga akan mengundang jamur untuk tumbuh, bila anda seorang yang senang memakai parfum maka semprotkanlah hanya pada bagian dalam jaket yang bukan terbuat dari bahan kulit asli.

      Simpanlah jaket kulit di tempat yang mempunyai suhu kamar yaitu tidak lembab/kering tapi pertukaran udara cukup

      Saat menyimpan gunakanlah gantungan/hanger agar bentuk jaket tetap pada pada posisinya, janganlah menyimpan jaket kulit dengan cara melipatnya karena dapat mengakibatkan kerutan, akibatnya lama kelamaan kerutan tersebut akan menjadi keretakan pada kulit jaket.

      Janganlah menyimpan jaket di dalam lemari pakaian, karena suhu di dalam lemari terlalu lembab untuk jaket kulit sehingga apabila terdapat jamur di lemar akan menyebar ke jaket kulit.

      Delete
  4. Mantap informasinya. masih terkendala dengan jamur dan bau, coba saja dessicants. salah satuya yang bermerek Xdry. semoga bermanfaat. Salam sehat dan bersih =)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.