Home » , » SELAMATKAN KITCHEN SET DARI JAMUR, SEMUT, DAN KECOA

SELAMATKAN KITCHEN SET DARI JAMUR, SEMUT, DAN KECOA

Memiliki dapur yang bersih, higienis, dan sehat adalah dambaan para Ibu rumah tangga yang senag atau memiliki hobi memasak di dapurnya sendiri, beberapa hal yang dapat membuat dapur seperti itu adalah terdapatnya kitchen set di dapur. Kitchen set ini berfungsi untuk menyimpan peralatan dapur, bumbu masakan, ataupun alat dapur lain agar tidak berserakan di mana saja, dengan menyiimpan peralatan tersebut di dalam kitchen set maka akan mengurangi ketidakteraturan penyimpanan yang kadang-kadang membuat dapur berantakan.

Tetapi alangkah sayangnya apabila kitchen set kita kotor atau bau yang disebabkan oleh jamur, kecoa, dan semut, maka keindahan dan kebersihannya akan terganggu sehingga fungsinya menjadi kurang baik.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merawat kitchen set kita agar terhindar dari hal-hal yang telah diterangkan di atas seperti serangan jamur, kecoa, dan semut.

Tips merawat kitchen set
  • Untuk kitchen set yang terbuat dari dari kayu atau papan pres (Particle board) sangat rentan terkena serangan jamur oleh karena itu lakukanlah hal-hal di bawah ini untuk mencegahnya:
  • Biasanya kitchen set dipasang menempel pada dinding tembok, padahal hal tersebut membuat tembok menjadi semakin lembab, tempat yang lembab adalah tempat berkembang biaknya jamur. Untuk mengatasinya sebelum kitchen set dipasang maka lapisilah dinding tembok dengan cat anti jamur atau lapisi permukaannya dengan keramik, dengan begitu jamur akan senggan untuk tinggal di sana.
  • Lapisi bagian kitchen set yang akan menempel  atau berdekatan dengan dinding tembok menggunakan cat melamin atau cat minyak lainnya.
  • Hindari menyimpan bahan makanan, bumbu, dalam jangka waktu lama yang dapat membuat aroma tidak sedap di dalam kitchen set.
  • Untuk mencegah semut dan kecoa yang masuk, berilah goresan kapur anti serangga di sekeliling tembok yang terletak di sekeliling kitchen set,.
  • Sering-seringlah membersihkan bagian dalam dan luar kitchen set menggunakan lap lembab kemudian keringkan dengan lap bersih dan kering.
  • Bukalah sesekali pintu kitchen set agar udara di dalamnya tidak lembab.
  • Tutuplah lubang sekecil apapun agar serangga atau binatatang lainnya tidak dapat masuk ke dalam kitchen set kita.
  • Bila kitchen set sudah terlanjur terkena jamur sehingga menyebabkan kotor dan bau di dalamnya maka hilangkanlah jamur tersebut dengan cairan 4lk0h0l 70% dengan menggunakan spon, hati-hati penggunaan 4lk0h0l pada pada beberapa merek particle board tertentu karena ada beberapa lapisan terluar dari particle board tidak tahan terhadap senyawa ini, jadi cobalah sedikit dulu bila tidak ada reaksi apa-apa maka lanjutkan proses pembersihan jamur sampai tuntas.
  • Bersihkanlah bagian luar dan dalam kitchen set menggunakan kain yang lembab dan diberi sedikit air dan sabun pencuci piring kemudian keringkan dengan lap kering, lakukan setiap seminggu sekali.
  • Bersihkan rak penyimpan gelas dan piring dari debu dan kotoran seperti di atas.
  • Segera keringkan dan bersihkan bila kitchen set terkena air, karena bahan particle board mudah hancur bila terkena air.
  • Untuk membersihkan jelaga, gunakanlah sabun colek atau sabun cuci yang dicampur dengan air kemudian gosokkan dengan spon lembut ke permukaan kitchen set yang terkena jelaga lalu keringkan dengan lap kering.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.