Home » , , , » ARTI LABEL PADA PAKAIAN

ARTI LABEL PADA PAKAIAN

Mungkin di antara kita ada yang pernah mengalami rusaknya baju kesayangan setelah dicuci menggunakan mesin cuci, warna pakaian menjadi pudar setelah dicuci. Mungkin hal tersebut diakibatkan oleh kita sendiri yang tidak memperhatikan ketentuan yang harus dilakukan untuk baju kita ketika pertama kali mencucinya, padahal aturan mengenai hal tersebut sudah ada tertulis ataupun tergambar pada label baju.

Setiap jenis kain mempunyai bahan pembuat yang berbeda-beda oleh karena itu penanganannya harus sesuai dengan karakteristik bahan tersebut, hal ini berguna untuk menjaga agar kain tersebut selalu berada pada kondisi yang prima. Penanganan pada pakaian meliputi: cara mencuci, suhu air rendaman, pemerasan, cara menyetrika, cara mengeringkan, dan lain-lain. Hal tersebut harus kita patuhi agar pakaian kita awet dan terjaga kualitasnya sehingga kita dapat memakainya dalam jangka waktu yang lama. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannyadi bawah ini:

PAKAIAN BOLEH DICUCI DENGAN MESIN CUCI
Gambar dengan wadah yang berisi air, menunjukkan bahwa pakaian kita boleh dicuci menggunakan mesin cuci.



DICUCI DENGAN TANGAN
Gambar dengan wadah berisi air ditambah dengan tangan yang dicelupkan, menunjukkan bahwa pakaian kita sebaiknya dicuci dengan tangan.




PANAS YANG DIANJURKAN
Gambar dengan wadah berisi air dan ada angka 40derajat, artinya pakaian boleh dicuci pada mesin cuci dengan air bersuhu di bawah empat puluh derajat celsius.


TIDAK BOLEH DICUCI DENGAN AIR
Gambar wadah berisi air dengan tanda silang besar berwarna merah menandakan bahwa pakaian tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci

JANGAN DIDRYCLEANING
Gambar lingkaran dengan huruf "A" di tengah, menunjukkan bahwa pakain boleh didrycleaning.








DRYCLEANING DENGAN PERCHLORETYLENE
Lingkaran dengan huruf "P" di tengah menunjukkan kalau drycleaning dapat dilakukan dengan Perchloretylene Solven 113 dan Solven 111, white spirit.







BOLEH DIDRYCLEANING
Lingkaran dengan huruf "F" di tengah dan garis mendatar lurus di bawah lingkaran, berarti pakaian boleh didrycleaning atau Loundry.








TIDAK BOLEH DIDRYCLEANING
Lingkaran dengan tanda silang berwarna merah, artinya adalah pakaian tidak boleh didrycleaning sama sekali.







SUHU SETRIKA HANGAT
Gambar setrika dengan satu titik di tengah, berarti boleh dilakukan pengeringan dengan tingkat kehangatan minimum/dingin.




SUHU SETRIKA SEDANTG
Gambar setrika dengan dua titik di tengah, menunjukkan bahwa pakaian bisa disetrika dengan panas yang sedang.






SUHU SETRIKA PANAS
Gambar setrika dengan tiga titik di tengah, menunjukkan bahwa penyetrikaan dilakukan dengan suhu tunggi untuk mendapatkan hasil yang sempurna.



TIDAK BOLEH DISETRIKA
Gambar setrika dengan tanda silang berwarna merah, menunjukkan bahwa pakaian tidak perlu disetrika.

BOLEH MEMAKAI PEMUTIH
Lambang segitiga polos, dapat diartika bahwa baju boleh diputihkan dengan bahan kimia.









BOLEH DIPUTIHKAN DENGAN CHLOR
Lambang segitiga dengan tyulisan "Cl" ditengahnya, menunjukkan kalau pakaian boleh diputihkan dengan bahan pemutih yang mengandung Chlor.








TIDAK BOLEH MENGGUNAKAN PEMUTIH
Gambar segitiga dengan tanda silang berwarna merah, menunjukkan kalau pakaian tidak boleh menggunakan bahan pemutih.







BOLEH DIKERINGKAN DENGAN MESIN PENGERING
Gambar persegi empat dengan lingkaran di temgah, artinya adalah pakaian boleh dan bisa dikeringkan  dengan mesin pengering.








TIDAK BOLEH DIPERAS
Gambar persegi empat dengan garis melengkung di atas, berarti bahwa pakain tidak boleh diperas dan biarkan air sisa cucian yang ada pada pakaian menetes dengan sendirinya.

DIJEMUR MELINTANG
Gambar persegi empat dengan garis melintang berwarna merah di tengah, artinya pakaian dikeringkan pada tempat yang datar, misalnya  kayu, pipa logam, atau tali yang kedua ujungnya  diikat di kedua tempat sehingga terlihat mendatar.







DIKERINGKAN DENGAN CARA DIGANTUNG
Gambar persegi empat dengan tiga buah garis lurus di tengahnya artinya adalah bahwa keringkan pakaian dengan cara digantung.












Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.