TIPS MERAWAT BAK PENCUCI PIRING

Sering kita jumpai beberapa masalah muncul yang berhubungan dengan bak pencuci piring, diantaranya yaitu:
  • kondisi bak yang kotor penuh dengan noda bekas sabun yang membandel sehingga sulit untuk dibersihkan.
  • Saluran pembuangan yang tersumbat.
  • bak pencuci piring yang mengeluarkan bau tidak sedap.
Hal-hal seperti di atas adalah diakibatkan oleh kurangnya perawatan kita terhadap bak pencuci piring tersebut, bagaimana hidup kita akan sehat bila peralatan makan kita dicuci menggunakan bak pencuci yang tidak terawat yang mungkin saja terdapat banyak bakteri atau jamur penyebab penyakit.

Untuk menjaga bak pencuci piring agar selalu bersih, sehat terhindar dari penyakit dan tidak tersumbat maka di bawah ini saya rangkum beberapa tips merawatnya, silahkan disimak...
  • Pasanglah saringan tambahan pada saluran pembuangan yang terletak di bak pencuci agar kotoran tidak lolos dan masuk ke saluran pembuangan, pasanglah saringan yang berlubang kecil, minimal benda seukuran butiran nasi tidak dapat melewatinya.
  • Saat akan mencuci piring atau perabotan rumah tangga lain, pastikan selurunh peralatan tersebut terbebas dari sampah sisa makanan, jadi sebelum dibawa ke tempat pencucian , sampah dan kotoran sudah dipisahkan dan dibuang ke tempat sampah. Dengan begitu kita hanya akan membersihkan peralatan yang kotor dengan kotoran yang melekat pada peralatan tersebut, sedangkan kotoran yang besar atau sampah sebaiknya dibuang ke keranjang sampah. Hal ini berguna untuk memudahkan proses pencucian dan mencegah tersumbatnya saluran pembuangan dari bak pencuci piring.
  • setelah selesai melakukan proses mencuci piring bersihkanlah bak pencuci piring dari sisa-sisa sabun atau sisa makanan, jangan lupa untuk membersihkan saringan bak dengan yang ada di bagian tengah dengan menggunakan sikat kecil, setelah tidak ada lagi sisa makanan atau kotoran yang menempel lalu siramlah bak dengan air bersih, hal ini berguna untuk mencegah bak kotor oleh noda sabun dan sisa-sisa makanan, selain itu untuk mencegah kotoran yang masuk ke saluran pembuangan yang akan mengakibatkan tersumbatnya saluran pembuangan tersebut.
  • Lakukanlah pembersihan bak pencuci piring minimal sekali seminggu untuk membersihkan kotoran yang membandel, untuk lengkapnya silahkan baca artikel Saya yang berjudul "Tips membersihkan bak pencuci piring".
  • Untuk membersihkan saluran pembuangan yang kotor buatlah cairan pembersih sendiri dengan bahan-bahan sebagai berikut: siapkan air panas dalam wadah, kemudian masukkan boraks lalu siramkan ke saluran pembuangan yang kotor.
  • Untuk mencegah masuknya kecoa atau semut ke saringan tutuplah saluran pembuangan yang ada pada bak pencuci piring bila sedang tidak digunakan.
  • Untuk memperlancar aliran air pada saluran pembuangan maka saat memasang saluran tersebut posisinya harus benar-benar miring agak tajam, gunanya untuk mencegah terjadinya endapan kotoran yang dapat menyumbat saluran pembuangan, bila saluran pembuangan tersumbat maka untuk memperbaikinya kita harus membongkar saluran tersebut,  dan merubah tingkat kemiringan saluran tersebut agar air dapat mengalir dengan lancar ke pembuangan akhir. kalau sudah begini akan repot karena kita perlu biaya dan waktu untuk memperbaiki saluran tersebut, Saya pernah melakukannya di rumah, dan itu adalah pekerjaan yangv sangat melelahkan dan menyita waktu, oleh karena itu rawatlah bak pencuci piring anda dengan baik dan benar.
  • Untuk menjaga agar bak pencuci piring tetap bagus maka hindari penggunaan sikat kawat atau spon kasar untuk membersihkan bak pencuci piring yang terbuat dari bahan logam atau stainles steel, karena bahan tersebut dapat menggores lapisan anti karatnya sehingga bila lapisan anti karat sudah terkikis maka bak pencuci piring akan berkarat sehingga akan rapuh, bocor, dan hancur sehingga akan memperpendek usia bak pencuci piring kita. Kalau sudah begitu maka kita harus menggantinya dengan yang baru.

0 Response to "TIPS MERAWAT BAK PENCUCI PIRING"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.