RUMAH BERSIH, NYAMAN, SEHAT

Setiap keluarga pasti menginginkan rumah mereka selalu dalam keadaan bersih, karena dengan begitu akan membuat nyaman penghuni ataupun siapapun yang datang ke rumah kita. selain itu rumah yang bersih dapat membuat rumah kiita semakin sehat jauh dari penyakit .

Di bawah ini Saya coba uraikan beberapa tempat yang biasanya menjadi sarang penyakit berikut cara mengatasinya.


Ruang tamu dan ruang keluarga
Ruang tamu dan ruang keluarga adalah salah satu tempat yang sering digunakan untuk berbagai aktifitaas keluarga, beberapa barang yang terletak di sana adalah tempat berkembang biaknya sumber penyakit baik itu berupa tungau, jamur, ataupun debu. barang-barang apa saja yang dimaksud? mari kita bahas satu persatu:

Karpet
Meski di rumah kita terdapat kursi atau sofa yang empuk tetapi karpet selalu menjadi tempat yang nyaman untuk duduk-duduk, selonjoran, ataupun dipakai tempat bermain anak, namun ternyata tempat favorit ini menyimpan bahaya yang tersembunyi yang jarang kita sadari.

Karpet baru ataupun lama tetap dapat menyebabkan gangguan kesehatan, karpet yang baru dibeli biasanya mengeluarkan bau menyengat yang dikeluarkan oleh bahan pembuat karpet sehingga dapat mengganggu kesehatan pernapasan kita. Sedangkan karpet lama yang sudah sering dipakai akan menjadi sarang debu, tungau, ataupun jamur yang dapat memicu alergi.

Sebaiknya pilihlah karpet yang tipis untuk meminimalisir debu yang dapat terserap oleh karpet. Untuk mengurangi dampak negatip dari karpet maka ada beberapa hal yang oerlu diperhatikan , di antaranya yaitu:
  • Saat membeli karpet baru hendaknya jengan langsung diletakkan di lantai tapi letakanlah karpet tersebut di tempat lain yang jarang terjadi aktifitas, kemudian jemurlah dipanas matahari beberapa saat agar bau zat kimia pada karpet dapat berkurang. 
  • Bersihkanlah karpet sesering mungkin dengan penyedot debu terutama setelah dilakukan aktivitas di atas karpet
  • Cucilah karpet minimal sebulan sekali.
  • Gunakanlah penyedot debu berkualitas tinggi yang memiliki filter Hight Efficiency Particulate Air (HEPA) yang mampu menyerap 99,97% partikel berukuran 0,3mikron.
  • Apabial anda tidak ingin repot silahkan serahkan urusan pembersihan karpet ke jasa pembersih karpet profesional.
Sofa
Sofa atau kursi yang berbahan kain sangat rentan menjadi tempat berkembang biaknya tungau yang dapat menyebabkan alergi, untuk itu diperlukan beberapa cara agar kursi atau sofa kita terbebas dari tungau atau kutu tersebut seperti penjelasan di bawah ini:
  • Bersihkan sofa dari debu yang menempel minimal seminggu sekali dengan vacuum cleaner, lalu jemur diterik matahari agar tungau dan kutu mati tersengat panasnya sinar matahari.
  • Untuk anda yang sibuk, serahkan saja urusan pembersihan kursi dan sofa ke tangan profesional.
Untuk keterangan lebih lengkap silahkan baca juga: "Cara Membersihkan Noda Pada Sofa"
Tirai
Tirai yang dipasang pada jendela dan pintu sangat mudah terkena debu dan bahan lain yang melekat, hal tersebut dapat menjadi sumber pemicu alergi, cucilah tirai tersebut minimal satu bulan sekali atau cucilah bila tirai sudah terlihat kotor. sebaiknya pilihlah tirai yang terbuiat dari bahan yang mudah dibersihkan tetpi sulit untuk ditempeli debu.

Kamar tidur
Kamar tidur adalah salah satu tempat yang sangat berhubungan erat dengan pemiliknya, maka dari itu tata letak dan kebersihan kamar akan membuat nyaman penghuninya. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat nyaman kamar tidur, diantaranya yaitu:
  • Biasakan menggunakan sandal yang khusus dipakai di dalam kamar tidur, hal ini berguna untuk menjaga kebersihan kaki dan lantai.
  • untuk membuat ruangan terasa segar dan tidak lembab, maka dari itu sering-seringlah membuka jendela kamar beserta tirainya agar terjadi pertukaran udara segar dari luar ke dalam ruangan.
  • Bersihkan debu dan kotoran menggunakan vacuum cleaner atau lap basah.
  • Bersihkan juga tempat-tempat tersembunyi yang biasanya luput dari pembersihan harian seperti pada kolong tempat tidur, sudt-sudut ruangan, dan bagian batas lemari.
  • Gantilah seprei dan sarung bantal dan guling minimal seminggu sekali, dan jemurlah kasur atau bantal guling di terik matahari.

Dapur
Dapur adalah tempat dibuatnya makanan untuk seluruh anggota keluarga maka selayaknyalah tempat ini bersih higienis, tetapi tetap saja masih ada bagian dapur yang berpotensi memiliki bahaya bagi kesehatan penghuninya.
  • Hewan-hewan seperti kecoa, tikus, dan kutu banyak yang bersarang di dapur, maka dari itu rajin-rajinlah membersihkan dapur terutama sehabis masak, karena hewan-hewan ini hadir karena adanya makanan di dapur.
  • Bersihkanlah setiap sudut ruang dapur dengan pembersih yang mengandung bahan anti hama.
  • Tutuplah setiap lubang sekecil apapun yang berpotensi menjadi tempat keluar masuknya hewan-hewan seperti tikus, kecoa, dan semut dari luar rumah ke dalam ruangan.
  • Untuk membersihkan dapur gunakan air dan deterjen atau desinfektan untuk mencegah timbulnya bakteri dan jamur.
  • Bersihkan kulaks dengan teratur, untuk menghilangkan bau di dalam kulkas letakkanlah sekotak baking soda ke dalam lemari es atau freezer dan gantilah setiap dua bulan sekali. Lakukan pencucian kulkas minimal sekali sebulan dengan mengeluarkan seluruh isi kulkas berikut rak lalu bersihkan bagian dalam kulkas dengan campuran bahan-bahan seperti; 4liter air panas, 60ml baking soda, dan 15ml sabun cair. Lalu bilas menggunakan kain lap yang telah dicelupkan ke dalam air panas yang mengandung  cuka lalu dibilas dengan air biasa, bersihkan tray atau rak penampungan air dari tetesan freezer dengan menggunakan 60ml borax yang telah dicampur dengan air satu liter.

Kamar mandi
Kamar mandi adalah tempat untuk dilakukannya bersih-bersis seperti mencuci dan mandi. tetapi meski demikian tetap saja terdapat tempat-tempat tersembunyi yang menyimpan bahaya penyakit, diantaranya yaitu: tirai kamar mandi, dinding dan lantai.

Tirai kamar mandi
Tirai kamar mandi adalah salah satu yang sering menjadi tempat tumbuhnya jamur dan lumut karena bagian ini paling sering terkena air dan lembab. Untuk merawatnya adalah dengan cara mengeringkan tirai dengan cara melebarkannya agar sisa-sisa cipratan air dapat menetes dengan sendirinya.

Lantai dan dinding tembok
Hindari gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh spora jamur yang sering tumbuh pada lantai atau dinding kamar mandi,
  • Bersihkan lantai dan dinding kamar mandi dengan bahan desinfektan secara berkala.
  • lapisi tembok dengan cat yang mengandung bahan anti jamur, atau lapisi dinding kamar mandi dengan keramik.
  • Keringkan dinding kamar mandi setiap sehabis mandi atau mencuci, ini berguna untuk mencegah tumbuhnya jamur yang sering tumbuh di tempat-tempat lembab dan basah. 

0 Response to "RUMAH BERSIH, NYAMAN, SEHAT"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.