CARA MEMAKAI DAN MERAWAT MESIN PENCUCI PIRING (DISHWASHER)

Alat yang satu ini kurang populer penggunaannya oleh masyarakat Indonesia keculai oleh kalangan tertentu saja, masyarakat kita lebih menyukai cara mencuci piring dengan cara-cara lama yaitu dengan menggunakan tangan secara langsung, padahal dengan menggunakan mesin pencuci piring otomatis maka banyak keuntungan yang didapat, diantaranya yaitu:
  • Hemat waktu, dengan menggunakan mesin cuci piring ini maka waktu yang diperlukan untuk membersihkan peralatan yang kotor lebih cepat bila dibandingkan dengan mencuci piring dengan menggunakan tangan secara langsung, saat semua peralatan sedang disuci dengan mesin maka kita dapat melakukan pekerjaan lain sambil menunggu mesin tersebut menyelesaikan tugasnya.
  • Hemat air, air yang diperlukan untuk mencuci peralatan  lebih sedikit karena air yang dialirkan menggunakan sistem semprot bertekanan, jadi tentu saja air yang digunakanpun menjadi lebih sedikit.
  • lebih higienis, karena tanpa campur tangan kita, dan saat peralatan dibersihkan tidak ada celah atau ruang yang terhubung ke luar jadi tidak terjadi kontaminasi dari udara luar.
  • Lebih bersih, air yang telah bercampur sabun pencuci piring akan disemprotkan dengan sebuah tekanan sehingga mengakibatkan terlepasnya kotoran yang melekat pada peralatan yang kotor.
  • Kotoran akan langsung dibuang/dialirkan ke saluran pembuangan.

Cara memakai mesin pencuci piring
  1. Buka tutup mesin pencuci piring, lalu letakkan semua peralatan pada rak yang tersedia sesuai dengan tempatnya masing-masing.
  2. Masukkan sabun cair khusus pencuci piring ke tempat yang tersedia.
  3. Masukkan rak ke dalam mesin pencuci piring.lalu tutuplah mesin cuci anda 
  4. Setelah mesin dinyalakan maka air akan disemprotkan di dalam mesin, dengan bantuan sebuah baling-baling maka air tersebut akan disemprotkan ke segala arah.
  5. Setelah proses mencuci selesai keluarkanlah semua peralatan dari dalam alat pencuci piring lalu simpanlah di tempat yang telah anda sediakan, misalnya di dalam kitchen set.

Tips merawat mesin pencuci piring:
  • Periksa bagian rak rak pencuci kalau-kalau ada kotoran yang melekat, apabila lada bersihkan dengan spon lalu bilas.
  • Hindari mencuci peralatan atau benda-benda yang mengandung minyak, asam, karat, cat.
  • Janganlah membuka tutup mesin cuci piring saat mesin sedang bekerja/digunakan.
  • Untuk peralatan yang tajam dan panjang seperti pisau, sebaiknya didiletakkan secara mendatar, dan bagian yang tajam menghadap ke atas atau kle bawah, hal ini berguna agar alat tersebut dapat bersih secara menyeluruh ke setiap bagiannya.

Tips memilih mesin pencuci piring

1. Cari tau jenis-jenis mesin cuci piring yang beredar di pasaran, 
  • Portable dishwasher, jenis ini mudah untuk dipindahkan  sesuai dengan keinginan karena alat ini dapat dipindah tempatkan.
  • Countertop dishwasher jenis ini memiliki ukuran kecil, cocok untuk dapur yang berukuran mungil. 
  • Built-in dishwasher, alat pencuci piring ini dipasang dengan cara permanen sehingga tidak dapat pindah tempat.
2. Sesuaikan jenis mesin cuci piring dengan kebutuhan kondisi keuangan anda, misalnya anda memilih jenis Counter Top Dishwasher yang berukuran kecil sehingga cocok untuk ditempatkan di dapur yang mungil seperti dapur anda.

3. Perhatikan bahan pembuat Mesin pencuci piring, misalnya  yang dibuat dengan bahan stainless dapat tahan terhadap air yang kadar alkalinya tinggi, hal tersebut mungkin saja sesuai dengan sumber air di rumah anda.

4. Bila anda memilih bahan plastik maka anda akan dengan mudah membersihkannya tetapi jenis ini tidak tahan terhadap kondisi air yang buruk.

5. Pilihlah ukuiran mesin cuci piring yang sesuai dengan ukuran dapur anda, misalnya untuk dapur yang berukuran kecil anda dapat memilih ukuran 14" atau untuk yang lebih luas dapat menggunakan ukuran 18".   

0 Response to "CARA MEMAKAI DAN MERAWAT MESIN PENCUCI PIRING (DISHWASHER)"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.