Home » » CARA MENYAMBUNG KABEL LISTRIK KE STOPKONTAK

CARA MENYAMBUNG KABEL LISTRIK KE STOPKONTAK

stopkontak dinding
gambar stop kontak
Untuk anda yang awam cara memasang, merangkai, merakit kabel listrik ke stopkontak/lubang colokan di rumah dan ingin belajar memasang sendiri di rumah tidak usah khawatir karena caranya sangat mudah sekali.


Bahan-bahan:
  • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm yang panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Stopkontak/lubang colokan, satu buah.
  • Isolasi khusus untuk kabel listrik, satu buah.
  • klem kabel no.10, satu bungkus.

 Peralatan:
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • Tang buaya/tang monyong(yang dapat memotong kabel)
  • Tespen
  • Pisau cutter
rangkaian kabel listrik ke stopkontak

Cara menyambung:
  1. Matikan listrik di rumah dengan memindahkan posisi saklar MCB dari ON (1) ke OFF (0).
  2. Kupaslah kulit kabel NYM yang berwarna putih lalu yang berwarna hitam sampai terlihat pembungkus kabel yang berwarna hitam dan biru.
  3. Kupaslah pembungkus kabel yang berwarna hitam dan biru sampai terlihat tembaganya kira-kira 2cm.
  4. sambungkan kabel biru dan kabel hitam ke masing-masing terminal stopkontak.Ada dua macam cara memasang kabel ke terminal stopkontak yaitu: sistem baud> kabel akan dikencangkan dengan memutar baud/sekrup ke arah kanan memakai obeng. sitem jepit:> kabel langsung masuk ke lubang terminal stopkontak dengan menekan tombol merah atau putih, kemudian setelah kabel masuk lepaskan tombolnya, maka dengan otomatis kabel yang telah masuk akan terkunci/terjepit dari dalam."
  5. Lakukan poin3 lalu sambungkan masing-masing ujung kabel yang telah terpasang pada poin4 dengan kabel positip dan negatip jalur utama instalasi listrik.
  6. jangan lupa untuk mengisolasi setiap sambungan kabel dan memasang klem kabel dengan jarak antar klem 50cm agar kabel menjadi kokoh dan rapi. 

"Pemasangan kabel untuk stopkontak boleh pake warna apa saja dan pemasangannya boleh dibolak balik. yang penting masing-masing kabelnya tersambung ke kabel positip dan negatip kabel utama instalasi listrik di rumah anda." 

"bila dianggap perlu, pasanglah kabel grounding pada stopkontak" 


Cara memasang kabel listrik untuk stopkontak 3(tiga) lubang

Stop kontak yang mempunyai tiga lubang jarang sekali ditemukan di indonesia karena steker pasangannya yaitu steker berjari tiga jarang ada di pasaran Indonesia. tetapi ada beberapa produsen alat elektronik dari luar negri  yang memproduksi steker berjari tiga sebagai penghubung listrik alat elektronik dan memasarkannya ke Indonesia.

Stop kontak yang mempunyai 3(tiga) lubang colokan mempunyai fungsi yang sama dengan stop kontak yang hanya mempunyai dua lubang, persamaannya adalah: keduanya terhubung dengan kabel positp, negatip, dan grounding/arde.sedangkan perbedannya adalah:
  • Stop kontak dua lubang: terdapat dua buah lubang yang terhubung dengan jalur listrik positip dan negatip, kabel grounding terhubung dengan dua plat kecil yang terletak pada sisi bagian luar badan stop kontak.
  • Stop kontak tiga lubang:  Terdapat tiga buah lubang yang terdiri dari dua lubang yang terhubung dengan jalur kabel listrik positip dan negatip, sedangkan satu lubang yang lain terhubung ke jalur kabel grounding/arde.

Cara memasang:
  • Sambungkan kabel positip dan negatip dari jalur instalasi listrik utama ke kedua terminal kabel stop kontak yang sejajar.
  • sambungkan kabel grounding/arde ke terminal kabel yang terpisah sendiri.



Artikel Terkait:

4 komentar:

  1. kan ada kabel 2 tuh dikamar, untuk lampu doang.
    mau saya pasang stopkontak kabal groundnya/negatif nya gak ada cuma ada kabel nol sama kabel masa. gimana tuh boss solusinya? mau pasang colokan nih. listrik bayarnya mahal kalau semuanya pake masa alias non on ground

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasang aja kedua kabel itu ke stopkontak, terus untuk grundnya bikin aja pake pipa besi yang ditanam ke tanah 1 atau 2 meteran, kemudian sambungkan pake kabel antara pipa itu ke stopkontak yang khusus untuk kabel ground, sebenarbya dari PLN sudah ditanam ground seperti itu tapi kebanyakan disatukan dengan kabel negatip(nol) jadinya gk bisa dipasang untuk stopkontak.

      Delete
  2. kalau kabel positif dan negatif terbalik apa masih bisa.maaf saya baru kelas 6 SD

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.