TIPS SEDERHANA MERAWAT SETRIKA OTOMATIS

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu alat rumah tangga ini apalagi para ibu yang hampir setiap hari menggunakannya untuk merapikan pakaian. setrika adalah sebuah alat yang sederhana, mengapa saya katakan sederhana? karena dari bentuk , cara mengoperasikan, bahkan cara perawatannyapun tergolong sederhana, coba kita simak baik-baik setrika ini:

  • Dari dulu sampai sekarang bentuk setrika otomatis seperti itu-itu juga yaitu terdiri dari pegangan, telapak setrika untuk merapikan kain, tombol pengatur suhu bersikut lampu indikatornya.
  • Cara mengoperasikannyapun mudah sekali yaitu tinggal menghubungkan kabel listrik ke stopkontak lalu putar tombol pengatur suhu..... dan tinggal menunggu sebentar maka setrikapunsudah dapat digunakan.
  • Untuk persawatannyapun sangantlah mudah yaitu kita tinggal menjaga kabel dan telapak setrika agar selalu dalam keadaan baik.
Tapi meskipun setrika adalah alat yang sederhana dan mudah untuk dirawat tapi kita perlu tahu juga bagaimana persawatan yang benar, di bawah ini Saya ulas beberapa tips sederhana merawat setrika otomatis agar setrika kita selalu dalam keadaan siap pakai, awet dan tahan lebih lama.



  1. Bila anda akan membersihkan telapak setrika yang kotor maka cabutlah steker dari stopkontak  lalu tunggu sampai setrika menjadi dingin, setelah itu silahkan untuk membersihkan bagian telapak setrika yang kotor atalengket.
  2. Untuk membersihkan noda gosong yang aada pada bagian telapak setrika maka Bersihkan dengan menggunakan air teh dengan menggunakan spon lembut, jangan menggunakan kain kasar atau ampelas karena akan mengikis lapisan terluar dari telapak setrika.
  3. Sedangkan untuk membersihkan badan setrika yang terbuat dari plastik gunakanlah kain lembut dan lembab, karena bagian ini hanya terdapat noda-noda ringan atau debu-debu tipis.
  4. Apabila telapak setrika lengket karena terlalu panas dan menempel pada kain yang disetrika maka untuk membersihkannya cobalah dulu dengan membrsihkan badan setrika yang terbuat dari logam dengan kain lembab, apabila tidak bersih juga maka gunakan cairan husus pembersih setrika (yang banyak dijual dipasaran) yang tidak bersifat mengikis untuk menghilangkan noda-noda yang lengket pada telapak setrika, dengan begitu maka setrika anda akan licin kembali.
  5. Saat menyetrika pakaian hindari bagian bawah setrika (telapak setrika) bersentuhan dengan logam lain misalnya dengan kancing atau releting yang terbuat dari logam karena akan menggores atau mengikis lapisan anti lengket yang terdapat pada telapak setrika, apabila lapisan anti lenget sudah banyak yang tergores maka setrika anda tidak akan licin lagi saat digunakan.
  6. Dalam keadaan dingin ataupun panas simpanlah setrika di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak, dikhawatirkan bila setrika diletakkan di mana saja dan ditemukandengan anak-anak maka setrika tersebut menjadi bahan mainannya, dan kemungkinan besar setrika kita akan rusak.
  7. Untuk menjaga agar kabel & setrika lebih tahan lama maka simpanlah setrika dengan posisi berdiri yaitu ujung yang lancip menghadap ke atas dan kabel tergulung lestrik rapi pada tumit setrika.

Post a Comment for "TIPS SEDERHANA MERAWAT SETRIKA OTOMATIS"