MEMBERSIHKAN dan MENGHILANGKAN NODA DI DAPUR

Dapur dalah salah satu tempat yang paling sering terkena noda, bagaimana tidak? hampir setiap waktu daerah tersebut diserbu dengan bahan pembuat noda yang beraneka ragam, diantaranya adalah berasal dari asap kompor, percikan minyak, dan noda dari sisa-sisa bahan makanan lain.

Semua noda tersebut haruslah kita bersihkan sesering mungkin, minimal setelah kita selesai mengerjakan pekerjaan di dapur langsung kita lakukan pembersihan noda-noda yang mengotori dapur kita, karena noda baru akan mudah untuk dibersihkan dibanding dengan noda yang telah berusia lama.

Tetapi anda jangan risau bila di dapur anda terdapat noda yang telah berusia lanjut dan sulit untuk dibersihkan, di bawah ini akan Saya jelaskan beberapa tips membersihkan dan menghilangkan noda di dapur, berikut penjelasannya:


Noda kompor

Jenis noda pada kompor biasaanya terdiri dari percikan minyak dan percikan sisa-sisa makanan dari kegiatan memasak, untuk membersihkannya adalah:
  • Untuk noda/kotoran yang tebal keriklah dulu dengan batang kayu atau plastik agar tidak menggores lapisan terluar kompor, lalu setelah itu bersihkan noda-noda minyak dengan kain lap yang kering lalu untuk tahap terakhir adalah membersihkan dengan menggunakan spon lembut yang telah dicelupkan ke dalam air yang telah dicampur cairan pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon, setelah itu keringkan dengan lap kering dan lembut sampai tidak ada lagi sisa air atau kotoran yang melekat pada kompor, dengan demikian maka kompor anda akan terlihat bersih kembali seperti baru.
  • Cara lainnya adalah dengan menggunakan baking soda, caranya dengan mencampurkan baking soda dengan air sedikit saja lalu oleskan pada badan kompor yang bernoda lalu bersihkan memakai kain lap kering sampai noda benar-benar hilang. 
  • Untuk noda yang menahun dan susah untuk dibersihkan diamkan baking soda yang sudah dioleskan selama beberapa menit/agak lama agar benar-benar menyerap ke dalam noda tersebut  lalu dilap pakai kain kering sampai bersih. 

Noda pada bak pencuci piring
Berihkanlah noda pada bak pencuci piring dengan menggunakan cairan cuka, caranya adalah dengan meneteskan cuka pada seluruh bagian bak yang kotor lalu diamkan beberapa saat lalu bersihkan noda dengan spon sampai bersih,

Noda pada kaca
Semprotkan cairan khusus pembersih kaca, bila tidak ada maka dapat menggunakan air yang telah dicampur dengan sedikit sabun deterjen, lalu bersihkan noda pada kaca dengan spon kasar setelah itu bilas dengan air bersih lalu lap menggunakan kain yang dapat menyerap air dengan baik tetapi yang tidak meninggalkan serat kain yang umumnya terjadi pada setiap kain, anda dapat menggukanan kain lap khusus mobil atau motor. Hindari membersihkan kaca dengan menggunakan serpihan kertas koran karena bila anda kurang hati-hati dalam membersihkan noda maka kaca kita akan tetap kotor bukan menjadi bersih.

Post a Comment for "MEMBERSIHKAN dan MENGHILANGKAN NODA DI DAPUR"