TIPS MERAWAT SIKAT GIGI

Gigi adalah salah satu anggota tubuh kita yang penting keberadaannya seperti: gigi membantu kita dalam hal mengunyah makanan yang masuk ke keronggongan agar mudah dicerna oleh lambung dan usus, oleh karena itu untuk dapat berfungsi dengan baik maka perlu perawatan yang benar, salah satu perawatannya adalah dengan menggosokknya setiap setelah makan dan sebelum tidur. Agar sikat gigi kita selalu dalam keadaan higienis dan dapat berfungsi dengan benar maka harus dijaga agar selalu dalam keadaan siap pakai.

Apabila kita kita kurang peduli pada sikat gigi maka akan memungkinkan giginkita tidak sehat lagi, berikut ini Saya rangkum beberapa tips merawat sikat gigi:
  • Setelah kita menggunakan sikat gigi maka segeralah bersihkanlah sikat gigi dari sisa -sisa pasta gigi dan makanan yang menempel, caranya adalah dengan mencucinya dengan air bersih lalu tiriskan, setelah kering tutup ujung sikat dengan penutup khusus sikat gigi untuk mencegah masuknya kecoa atau binatang kecil lainnya. 
  • Jangan biarkan sikat gigi dalam keadaan basah selama tidak dipakai karena sikat gigi yang basah adalah tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri, oleh karena itu pastikan sikat gigi anda dikeringkan setelah dipakai dan terjaga dari cipratan air, kalau memungkinkan simpanlah sikat gigi di dalam wadah yang tertutup rapat.
  • Untuk menjaga agar tidak ada kuman atau bibit penyankit pada bulu sikat gigi maka seetiap anda akan memakainya rendamlah sikatnya dalam air panas untuk menghilangkan kuman yang menempel.
  • Pakailah selalu sikat gigi anda sendiri dan jangan meminjamkannya kepada orang lain, oleh karena itu janganlah saling meminjam sikat gigi ksrena kemungkinan akan tertularnya beberapa jenis penyakit dari orang lain(pakailah sikat gigi masing-masing). 
  • Gantilah sikat gigi yang bulunya mulai mekar dengan yang baru.
  • Pilihlah sikat gigi yang nyaman dipakai yaitu yang dapat menjangkau seluruh posisi gigi dan pilihlah yang berbulu halus yang tidak melukai gusi anda, selain itu pilih juga sikat gigi yang pegangannya lentur tapi kuat saat digenggam jadi tidak akan patah dan terlepas saat digunakan untuk menyikat gigi.

0 Response to "TIPS MERAWAT SIKAT GIGI"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.