TIPS MENGHILANGKAN BAU DI DALAM RUMAH

Bau di dalam rumah membuat ketidaknyamanan baik bagi penghuni ataupun siapa saja yang memasukinya,  sumber bau biasanya terdapat pada: pakaian kotor, asap kompor, keset dan kain lap yang lembab, seprei dan selimut yang jarang dicuci, bantal guling dan kasur yang jarang dijemur dll.

Hampir semua orang pernah mengalami ruangan di dalam rumahnya terc1um bau yang tidak sedap, baik itu bau yang sekejap atau  bau yang yang melekat di ruangan dan menetap cukup lama, tentu saja kondisi ini cukup menggangu baik untuk penghuni rumah atau tamu yang bertandang ke rumah kita, sebagian dari kiita menginginkan udara di dalam rumahnya terasa segar, cukup udara dan cahaya, malah kalau bisa selalu ada aroma yang menyejukkan.

Untuk menjaga agar udara di dalam rumah selalu dalam keadaan segar, wangi, dan tidak terc1um bau yang tidak sedap maka sebagai pemilik rumah kita harus rajin  merawat rumah yaitu dengan menghilangkan bau dari sumbernya atau dengan tidak menyimpan benda-benda yang dapat menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam rumah kita.


Beberapa hal yang sering menjadi sumber bau di dalam rumah adalah:

1. Bau masakan atau bahan makanan, Apabila di dapur sedang ada kegiatan masak memasak dan kondisi dapur kurang ventilasi maka asap atau uap dari dapur akan menyebar ke seluruh ruangan, mungkin bau seperti ini akan hilang dengan sendirinya bila asap atau uap tersebut telah pergi ke luar rumah, tetapi akan menjadi bau yang abadi bila menempel pada kain gording, tirai jendela dan dinding. Bau yang menempel tersebut tidak akan susah hilang bila tidak dicuci dengan bersih. Untuk mengantisipasinya maka rajin-rajinlah mencuci kain tersebut secara berkala minimal satu bulan sekali, Untuk di areal dapur pasanglah alat penghisap sap dapur agar sisa pembakaran dari kompor dapat terbuang langsung ke luar rumah.

2. Pakaian kotor, Pakaian bekas pakai yang dibiarkan di tempat terbuka di dalam rumah akan memunculkan bau yang tidak sedap, maka hindarilah menggantung atau menyimpan pakaian abis pakai di rumah, simpanlah pakaian tersebut di dalam wadah tertutup agar baunya tidak tersebar ke mana-mana.

3. Peralatan tidur, perlengkapan tidur seperti bantal guling, kasur beserta sprei dan sarungnya akan menimbulkan bau apak yang sangat menggangu, maka rawatlah peralatan tersebut secara berkala agar tidak menimbulkan bau, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara merawat peralatan tidur silahkan baca juga artikel saya yang berjudul "Tips merawat kamar/ruang tidur"

4. Sisa-sisa makanan, sisa makanan yang telah basi dan sisa makanan yang banyak tercecer di di lantai atau di dalam rumah adalah salah satu penyebab munculnya bau di dalam rumah, maka buanglah sisa-sisa makanan tersebut agar baunya tidak menyebar ke seluruh ruangan.

5. Jamur, ruangan yang lembab adalah salah satu tempat yang nyaman untuk tumbuh suburnya jamur pada dinding tembok rumah atau peralatan forniture atau mebel yang terbuat dari kayu atau particle board, untuk mencegah jamur hidup di dinding tembok gunakanlah cat tembok yang mengandung bahan anti jamur. sedangkan untuk mencegah dan menghilangkan jamur pada peralatan yang terbuat dari kayu atau particle board silahkan baca juga artikel Saya yang berjudul "tips menghilangkan jamur dan bau di lemari pakaian"

6. Lantai, Lantai yang kotor dan jarang dipel atau disapu akan mengeluarkan bau yang khas, oleh sebab itu bersihkanlah lantai dengan menyapu den mengepelnya setiap hari menggunakan air yang telah dicampur dengan cairan pembersih lantai yang mengandung bahan anti septik dan memiliki wangi yang harum.

7. Apabila anda sudah melakukan perawatan di rumah dengan baik tetapi bau masih ada juga maka untuk menghilangkan bau tersebut pasanglah pewangi ruangan, atau anda dapat mencoba membuat bahan penghilang bau di rumah sendiri yaitu dengan cara: meletakkan baking soda yang ditempatkan di wadah terbuka lalu diletakkan di ruangan yang bau, lalu biarkan baking soda bekerja beberapa waktu untuk menyerap bau di ruangan tersebut.

Post a Comment for "TIPS MENGHILANGKAN BAU DI DALAM RUMAH"