Home » , » ARTI & FUNGSI WARNA KABEL INSTALASI LISTRIK DI RUMAH

ARTI & FUNGSI WARNA KABEL INSTALASI LISTRIK DI RUMAH

Gambar Kabel Listrik
Pengetahuan tentang warna kabel akan mempermudah klita dalam memasang peralatan listrik, selain itu dapat mencegah terjadinya konsleting.

Terdapat berbagai macam warna kabel yang dibuat oleh setiap produsen kabel di seluruh dunia, tak terkecuali pewarnaan pada kabel yang digunakan untuk instalasi di rumah. Apapun jenis dan merek kabelnya maka warna kabelnya tetaplah sama yaitu merah, kuning, hitam, biru, dan kuning strip hijau.

Dibuatnya beberapa warna kabel yang berbeda bertujuan untuk memudahkan dalam pemasangan dan perawatan sehingga tidak akan tertukar antara satu kabel dengan yang lainnya, karena pemasangannya sesuai dengan arti dan fungsi dari masing-masing kabel tersebut, untuk lebih jelasnya mengenai warna kabel tersebut silahkan baca penjelasannya di bawah ini:
  • Warna isolasi kabel: merah, kuning, hitam. Fungsi: dipakai untuk muatan listrik positiip/fasa/api. Ciri: kabel akan nyetrum bila tersentuh kulit dan bila diuji dengan tespen maka tespen itu akan menyala.Sumber: Muatan listrik positip bersumber dari kabel PLN yang terpasang di tiang listrik
  • Warna isolasi kabel: Biru, Fungsi: kabel ini khusus untuk muatan listrik negatip. Ciri: kabel tidak nyetrum bila disentuh kulit.Bila diuji dengan tespen maka tespen tidak akan menyala, Sumber: Muatan listrik negatip bersumber dari kabel PLN yang terpasang di tiang listrik
  • Warna isolasi kabel: Kuning strip hijau, Fungsi: kabel ini khusus dialiri oleh muatan listrik arde yang diambil dari tanah(grounding). sumber: grounding didapat dengan cara menanam pipa logam ke dalam tanah yang nantinya akan dipasang pada setiap terminal stopkontak. Pada umumnya jalur kabel grounding yang dipasang oleh petugas instalatir akan disatukan dengan kabel negatip yang bersumber daeri PLN. Untuk mendapatkan kualitas grounding yang baik maka kita harus membuat jalur grounding sendiri yang tersipah dari jalur instalasi yang dipasang oleh instalatir.
Pada umumnya beberapa jenis kabel Seperti NYA, NYM, dan NYY memiliki tiga warna kabel yang berbeda di dalamnya, warna ketiga kabel itu adalah; biru, kuning, dan hitam, maka untuk pemasangan ketiga warna kabel tersebut adalah:
  • kabel warna biru: dipakai untuk muatan listrik negatip/netral
  • Kabel warna kuning: dipakai untuk grounding /pentanahan
  • Kabel warna hitam:dipakai untuk muatan listrikpositip/fasa/api. 

Dengan pemasangan yang benar diharapkan tidak akan terjadi hubungan pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran

Selain warna kabel yang harus benar pemasangannya ternyata ukuran diameter kabelpun harus sesuai dengan SNI dan PUIL. Menurut PUIL besarnya kapasitas hantaran kabel dinamakan dengan kuat hantar arus atau yang disingkat dengan nama KHA. Bagi anda yang akan memasang kabel listrik di rumah sebaiknya memperhatikan juga ukuran diameter kabel yang akan dipasang dengan memperhatikan beberapa pedoman di bawah ini:
  • Pilihlah ukuran kabel; yang sesuai dengan daya listrik yang ada, arus listrik yang melebihi KHA dari kabel akan menyebabkan kabel tersebut menjadi panas, bila panasnya melebihi batas ketahanan isolasinya maka kabelpun akan terbakar yang beresiko menjadi penyebab kebakaran rumah. Untuk jalur kabel dari meteran ke MCB gunakanlah kabel dengan diameter 4mm, sedangkan untuk jalur utama instalasi listrik  dapat menggunakan kabel yang berukuran 2,5mm, sedangkan untuk percabangan ke saklar dan lampu  menggunakan kabel dengan diameter 1,5mm.
  • Perhatikan juga bila kemungkinan ada rencana penambahan daya ke depannya, maka sebaiknya memakai ukuran kabel yang lebih besar, agar saat penambahan daya tidak perlu lagi mengganti ukuran kabel kecuali kabel yang sudah rusak dan lapuk.


Artikel Terkait:

12 komentar:

  1. klo warna kabelnya coklat fungsinya buat apa ? you

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pemakaian listrik di rumah, kabel Coklat jarang atau bahkan tidak digunakan. kabel coklat Kebanyakan dipakai pada jalur kelistrikan sepeda motor, misalnya saja untuk Arus out put yang keluar dari positif aki menuju kontak, lampu atau klakson.

      Delete
  2. Pak, mau tanya:

    1) Kalau untuk lampu indoor menggunakan kabel NYY tidak apa-apa kan ya pak? malah bagus?
    2) Kalau 3 kabel yang digunakan hanya kabel arus + dan - sedangkan ground tidak digunakan tidak akan meyebabkan konselting kan pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak apa-apa pake NYY untuk indoor, malah lebih kuat. pake kabel cuma arus + dan - tanpa groung tidak menimbulkan konsleting.

      Delete
  3. Minta tolong nih: saya mau hubungkan kabel ke booster pump (pompa dorong) saya, dan ada 3 warna kabel yang perlu disambungkan: biru, cokelat, dan belang2 kuning/hijau. Yang manakah ini yang positif, negatif, atau ground (arde)? Adakah yang sudi menolong? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya warna Biru untuk negatif, warna cokelat untuk positif, dan belang2 kuning/hijau untuk ground atau arde.

      Delete
  4. mohon pencerahan, dirumah saya terdapat stop kontak yang apabila digunakan tespen maka tespen akan menyala (aliran listriknya ada), tetapi jika saya gunakan untuk peralatan listrik (kipas angin, lampu belajar, strika listrik) peralatan tersebut tidak hidup/menyala, ada masalah apa?

    ReplyDelete
  5. dalam sebuah stopkontak terdapat dua kabel yang satu nyala bila ditespen dan yang satulagi tidak menyala. meski salah satu kabel menyala bila ditespen bisa saja stopkontak tidak bisa digunakan karena mungkin saja kabel yang tidak menyala tersebut putus.

    Saran saya sebaiknya buka saja stopkontak tersebut, atau susuri jalur perkabelannya, mungkin saja ada yang putus.

    ReplyDelete
  6. om mau tanya...
    katanya kalo arus PLN itu slalu bolak balik ya,,,?
    yg bolak balik itu positif negatif nya atau apanya om.. makasih hehe

    ReplyDelete
  7. Arus bolak-balik (AC/alternating current) adalah arus listrik di mana besarnya dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik. Berbeda dengan arus searah di mana arah arus yang mengalir tidak berubah-ubah dengan waktu. Bentuk gelombang dari listrik arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoida, karena ini yang memungkinkan pengaliran energi yang paling efisien. Namun dalam aplikasi-aplikasi spesifik yang lain, bentuk gelombang lain pun dapat digunakan, misalnya bentuk gelombang segitiga (triangular wave) atau bentuk gelombang segi empat (square wave).

    Secara umum, listrik bolak-balik berarti penyaluran listrik dari sumbernya (misalnya PLN) ke kantor-kantor atau rumah-rumah penduduk. Namun ada pula contoh lain seperti sinyal-sinyal radio atau audio yang disalurkan melalui kabel, yang juga merupakan listrik arus bolak-balik. Di dalam aplikasi-aplikasi ini, tujuan utama yang paling penting adalah pengambilan informasi yang termodulasi atau terkode di dalam sinyal arus bolak-balik tersebut.

    ReplyDelete
  8. Mau tanya Om..saya beli motor dinamo kipas angin Maspion..tapi tidak tau cara pasang kabel ke listriknya,sedangkan di dinamo ada kabel warna hitam,merah,biru dan putih..warna kabel apa yang buat ke listrik dan warna kabel lainnya..terima kasih

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.