TIPS MERAWAT PENSIL

Pensil adalah salah satu alat tulis yang sangat penting keradaannya untuk menyelesaikan pekerjaan kita, hampir seluruh kalangan memerlukan pensil untuk urusan pekerjaan mereka dari mulai kuli bangunan sampai dosen memerlukannya. oleh sebab itu maka ketangguhannya haruslah menjadi prioritaas utama, sebab bila kualitas pensil berkurang maka akan mengganggu proses pekerjaan kita.

Terdapat beraneka ragam jenis dan bentuk yang dimiliki pensil ini sesuai kegunannya masing-masng. sebagai contoh adalah: pensil tulis, pensil warna, pensil halis, pensil pipih, dan lain-lain. satu jenis pensil saja terdapat bermacam-macam jenis misalnya untuk pensil tulis: HB, 2B, dan lain-lain.

Agar pensil kita terjaga kualitasnya maka diperlukan suatu perawatan yang benar, hal-lal yang dapat mengurangi kualitas sebuah pensil salah satu contohnya adalah patahnya bagian yang berada di bagian tengah pensil. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara merawat pensil silahkan untuk membaca uraiannya di bawah ini.

Tips merawat pensil :
  • Untuk menjaga agar pensil selalu dalam keadaan siap dipakai  adalah dengan cara merautnya setiap selesai menggunakan, dengan demikian pada saat kita akan memakainya lagi untuk menulis di lain waktu maka ujung pensil sudah siap dengan runcingnya.
  • Pada saat meraut pensil usahakan memakai pisau raut atau peruncing yang tajam mata pisaunya agar hasil rautan menjadi lebih bagus, bila kita menggunakan pisau raut/peruncing dengan mata pisau yang tumpul maka kita akan kesulitan dalam meruncing pensil, bila dipaksakan maka ujung pensil yang berada di bagian tengah akan patah dan kayu pelindungnya tersebut akan berbulu sehingga pensil kurang terlihat indah.
  • Setelah selesai meraut pensil tutuplah ujung pensil dengan sesuatu yang berbentuk kerucut, misalnya menutupnya dengan menggunakan tutup ballpoint yang sudah tidak terpakai, hal ini berguna untuk melindungi ujung pensil yang berada di bagian tengah tetap runcing tidak patah karena terbentur benda keras.
  • Bila anda sering membawa pensil ke mana-mana maka simpanlah pensil di dalam wadah khusus pensil yang tertutup yang diberi bantalan di dalamnya agar saat wadah pensil tersebut goyang atau bergeser maka pensil tidak terbentur ke sesuatu yang keras yang dapat mambuat patah batang yang ada di bagian tengah pensil, bagian tersebut sangat mudah sekali patah sehingga perlu perlindungan yang berlebih untuk menjaga agar tidak mudah patah, patahan pensil yang ada di dalam pensil tidak akan langsung terlihat patah karena patahannya terletak di dalam pensi yang terlindung oleh lapisan kayu di luarnya.
  • Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa batang yang berada di bagian tengah pensil sangat mudah sekali patah di dalam tanpa terlihat langsung, oleh sebab itu jagalah dengan baik agar pensil kita tidak sering terjatuh ke permukaan yang keras.
Demikianlah beberapa tips untuk merawat pensil, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua,. 

Post a Comment for "TIPS MERAWAT PENSIL "