Tips Merawat Sepeda

Sepeda gunung
Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau lebih yang digerakkan oleh tenaga manusia, seiring dengan gencarnya kampanye bumi hijau, yang bermanfaat menyelamatkan bumi dari kotornya udara oleh asap kendaraan bermotor, maka keberadaan sepeda ini semakin populer.

Seperti ditulis Ensiklopedia Columbia, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda.

Yang pasti, konstruksinya belum mengenal besi. Modelnya pun masih sangat "primitif". Ada yang bilang tanpa pedal tongkat itu (tatocipede) bisa bergerak tapi bagaimana? Rick Boneshaker akan menjawabnya. Katanya "Oh,ini jawabannya. Dua orang harus memutar engkol di sisi kanan dan kiri sepeda "primitif" tersebut dengan pedoman kecepatan mendekati 109 km/jam. Setelah itu, tatocipede akan bergerak sesuai kecepatan engkol berputar dengan urutan sebagai berikut: kiri,kanan, berputar, atas, depan, bawah, belakang, barat laut. Tidak sulit kan?"

Berikut tips merawat sepeda secara sederhana:

1. Jaga agar sepeda anda selalu dalam keadaan bersih dengan cara mencuci sepeda dengan air dan sabun agar bagian-bagian yang berpelumas menjadi bersih. Bagian yang wajib dibersihkan adalah: sprocket, chain ring pada crank, kabel, kanvas rem serta rotornya dan pulley RD dengan sikat gigi.

2. Sehabis dicuci keringkan dengan kain lap yang halus (kanebo)
kemudian jemur sebentar agar sepeda benar-benar kering.

3. Untuk menjaga pergerakan komponen lumasi bagian-bagian tertentu dengan pelumas sepeda. Bagian yang perlu dilumasi :
rantai, baut-baut shifter (tuas pemindah gigi), tuas rem, pemindah gigi ban depan dan ban belakang, cleatless pedal, serta kabel rem dan gigi.

4. Karena pemakaian yang sering maka bagian-bagian ini sering kendor, maka periksa kembali baut-baut yang kendor, brake, bearing, kencangkan baut-baut agar aman saat digenjot.

5. Untuk menjaga keamanan dan keawetan sepeda maka usahakan jangan memarkir sepeda di lantai untuk jangka waktu yang lama, karena ban sepeda akan mengeras dan menyebabkan korosi pada velk alloy Anda. Menggantung sepeda akan lebih aman jika disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Demikianlah Tips untuk cara merawat sepeda kesayangan anda, jenis apapun sepeda yang anda miliki mungkin perawatannya sama saja.

Post a Comment for "Tips Merawat Sepeda"