Antisipasi Sebelum Datangnya Banjir

Kali ini Saya akan berbagi dengan pembaca sekalian tentang persiapan menghadapi banjir sedangkan untuk cara menghadapi dan menanggulanginya akan dibahas pada kesempatan selanjutnya.

Berhubung di bulan november ini sudah masuk musim penghujan maka daerah-daerah langganan banjir seperti daerah bantaran kali, perkampungan yang berada di daerah cekungan haruslah bersiap-siap untuk menghadapi bencana banjir yang mungkin akan melanda.

Paparan di bawah ini hanya menjelaskan tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum datangnya bencana banjir, untuk lebih jelasnya mari kita baca bersama:

Pekerjaan yang dilakukan bersama:

1. Membersihkan saluran-saluran pembuangan air seperti selokan, got, dan sungai dari sampah agar aliran airnya menjadi lancar.

2. Membuat jadwal ronda/siskamling, agar dapat mengetahui banjir secara dini sehingga dapat memberi waktu warga masyarakat untuk mengungsi atau mempersiapkan segala sesuatu yang dianggap perlu.

3. Menyiapkan/menyediakan tempat penampungan/pengungsian yang aman.


Pekerjaan yang dilakukan masing-masing warga di rumah:

1. Membuat tanggul penahan arus air yang diletakkan di depan gerbang rumah atau depan pintu luar misalnya dengan tumpukan karung yang diisi pasir atau tanah.

2. Memindahkan seluruh kelistrikan ke tempat yang lebih aman, seperti stopkontak dan kabel-kabel.

4. Menempatkan peralatan/perabotan rumah yang rentan terhadap air ke tempat yang lebih tinggi, misalnya alat elektronik.

5. Menyiapkan peralatan kebersihan lengkap seperti sikat, lap kering, sekop, antiseptik (karbol) dan lain-lain yang ditempatkan di tempat yang aman, jadi setelah banjir surut kita tidak kebingungan mencari peralatan tersebut.

6. Mengamankan surat-surat berharga/penting ke dalam tempat yang aman, kedap air, dan ditempatkan di tempat yang kemungkinan tidak terjangkau oleh banjir.

Demikianlah penjelasan sederhana tentang bagaimana caranya mempersiapkan diri dan lingkungan kita sebelum datangnya bahaya banjir. semoga dapat mengurangi segala resiko saat datangnya banjir. bila ada tambahan dari pembaca silahkan isi di kolom komentar.

0 Response to "Antisipasi Sebelum Datangnya Banjir"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.