Kaki Anda Bau? Inilah Cara Mengatasinya

kaus kaki bau
Mungkin diantara pembaca ada yang merasa kesal dengan aroma yang dikeluarkan oleh kaki, bagaimana tidak, aroma yang tidak sedap tersebut bukan saja mengganggu pemilik kaki tapi juga orang lain yang berada di dekatnya. Bau berupa aroma tidak sedap yang ditimbulkan kaki biasa disebut dengan bromodosis.

Salah satu penyebab bau adalah kelenjar apokrin (kelenjar yang bisa menghasilkan bau), Selain itu sepatu dan kaus kaki pun bisa menyebabkan aroma tidak sedap pada kaki. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kondisi kaki dan alas kaki untuk menghindari aroma tidak sedap pada kaki, seperti dikutip dari Medical News Today, Jumat (22/11/2013):

Cara menghilangkan bau pada kaki:

1. Cucilah kaki dengan air hangat secara teratur
Ternyata air hangat bisa membunuh bakteri lebih baik dibanding air dingin. Saat mencuci kaki, ada baiknya tambahkan minyak teh. Setelah itu keringkan kaki terutama di sela-sela jari.

2. Memilih kaus kaki yang tepat
Pilihlah kaus kaki yang dapat menyerap keringat dengan baik, misalnya kaus kaki yang terbuat dari serat alami seperti katun atau setidaknya kombinasi serat buatan dan wol. Selain itu gantilah kaus kaki Anda setiap hari.

3. Pilih sepatu yang tepat
Hindarilah sepatu yang berbahan plastik. BIla anda memakai sepatu dalam jangka waktu lama, berilah kaki anda kesempatan untuk bernafas dengan cara melepasnya sesekali. Jika kaki Anda mudah berkeringat, sebaiknya jangan gunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut dan biarkan sepatu benar-benar dalam keadaan kering.

4. Bersihkan kulit mati pada kaki
Biasanya bakteri sangat senang hidup pada kulit mati, jadi Jika di telapak kaki terdapat kulit mati, sebaiknya hilangkan kulit mati itu menggunakan batu apung dengan cara digosok.

5. Berjalan tanpa alas kaki
Selain membuka sepatu, cara lain untuk memberi kesempatan pada kaki untuk bernapas adalah dengan cara berjalan tanpa alas kaki, selain itu berjalan tanpa alas kaki di atas hamparan yang tidak rata akan membuat sehat sel-sel syaraf.

6. Gunakan deodoran
Kunjungi Dokter anda bila ternyata bau kaki sulit dihilangkan, penggunaan deodoran dapat membantu bau kaki selain itu juga dapat menghilangkan bibit penyakit. (Sumber: detikhealth)

0 Response to "Kaki Anda Bau? Inilah Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.