Cara Menjaga Kualitas dan Rasa Susu Cair Saat Dipanaskan

Susu dapat dinikmati dalam keadaan dingin ataupun hangat, susu yang diminum dalam keadaan hangat akan memberi sensasi tersendiri dalam menikmati minuman sehat ini. Tetapi perlu diketahui pula bahwa kesegaran susu murni bisa rusak jika Anda salah memasaknya. Susu cair rentan terpisah antara lemak dan air sehingga kesegarannya bisa berkurang.

Oban Subur, pemilik Sumur (Susu Murni) Kartini Pak Oban Sobar, yang dilansir Okezone di Cirebon, baru-baru ini mengatakan. “Jika digodok langsung ke dalam panci maka susu akan  menyusut,”

Sebaiknya jangan langsung menuangkan susu murni ke dalam panci, sebab susu jadi terkena langsung dengan logam. Ini bisa mempengaruhi kualitas dan rasa susu cair.

Untuk menghangatkannya adalah dengan cara merebus, yaitu dengan memasukkan susu yang masih dalam kemasan plastik ke dalam air hangat. Usahakan panas susu stabil, berkisar antara suhu 60-70 derajat Celsius. Cara tersebut adalah cara teraman dalam menjaga kualitas susu.

“Jika terlalu panas, busanya akan keluar dan lemak dan air pada susu akan terpisah,” lanjutnya.

Susu mengandung protein yang bersifat tidak tahan panas (termolabil). Jika pemanasannya tetap berlanjut maka protein dalam susu akan rusak (denaturasi). (sumber Okezone)

Demikianlah cara Cara Menjaga Kualitas dan Rasa Susu Cair Saat Dipanaskan, baca juga artikel lainnya tentang susu cair di: "Cara Menyimpan Susu Dalam kulkas Agar Tetap Segar"

0 Response to "Cara Menjaga Kualitas dan Rasa Susu Cair Saat Dipanaskan "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.